Keluarga

Bagaimana Cara Menggunakan Microwave Yang Benar? Cek Di sini!

Bagaimana Cara Menggunakan Microwave Yang Benar? Cek Di sini!

Bagi kamu para pemula, panduan cara menggunakan microwave ini akan sangat membantu dalam memudahkan beberapa kegiatan di dapur. Memanaskan makanan, membuat mug-cake, atau melumerkan keju pada makanan, jadi lebih mudah dan hemat waktu jika menggunakan microwave. Tetapi, tahukah kamu bahwa memanaskan makanan dengan microwave itu konsepnya berbeda lho dengan memanaskan dengan oven.

Microwave dan Oven Biasa


Microwaves sendiri sebenarnya adalah gelombang mikro yang ada dalam oven. Lazimnya disebut microwaves oven. Sedangkan di Indonesia, microwaves digunakan untuk merujuk pada alat itu sendiri. Padahal sebenarnya, microwaves itu adalah gelombang mikro yang dihasilkan di dalam oven microwaves oleh tabung magnetron. Dijelaskan lebih lanjut oleh FDA, Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika, bahwa gelombang mikro dipantulkan oleh setiap sisi di dalam oven kemudian diserap oleh makanan. 

Gelombang ini mengaktifkan molekul air di dalam makanan untuk menghasilkan panas. Sehingga makanan pun akan menjadi panas. Berbeda dengan oven biasa yang memasak makanan dengan memerangkap udara panas untuk mematangkan makanan.

Nah, setelah tahu perbedaannya, yuk sekarang cari tahu cara menggunakan microwave untuk memanaskan makanan berikut ini:

Menyiapkan Microwaves, Langkah awal cara menggunakan microwave


  1. Tentukan tempat dimana kamu akan meletakkan microwaves-mu. Sebisa mungkin letakkan di tempat yang datar dan kering. Tetapi, jauhkan dari tabung gas dan kompor, ya. Kemudian pastikan ventilasi udara yang ada di salah satu sisi mucrowaves tidak terblokir.
  2. Cek kembali wadah kaca atau ring pemutar yang ada di dalam microwaves. Pastikan semua bagiannya terpasang baik dan tidak terlepas saat microwaves digunakan.
  3. Gunakan stop kontak yang terpasang di dinding, untuk menjamin keamanan penggunaan micriwaves. Hindari menggunakan stop kontak yang diparalelkan.
  4. Pelajari setiap tombol dan fitur yang ada di microwaves-mu. Semuanya jelas tertulis di buku panduan produk. Setiap microwaves memiliki aturan pemakaian yang berbeda. Sehingga kamu perlu memeriksanya di microwaves yang kamu beli.

Cara Menggunakan Microwave untuk Memanaskan Makanan


  1. Jika ingin memanaskan makanan sisa, pastikan makanan masih berada dalam waktu 1-4 hari, ya. Jika makanan sudah berumur 5 hari atau lebih, sebaiknya tidak lagi dikonsumsi.
  2. Cara menggunakan microwave yang kedua adalah memanaskan makanan menggunakan alas keramik atau wadah kaca tahan panas. Tetapi jangan yang ada lapisan logamnya ya. Jika akan menggunakan wadah plastik, pastikan wadah plastiknya yang memang ditujukan untuk pemakaian microwaves.
  3. Sebisa mungkin tutup bagian atas makanan menggunakan plastic cling-wrap untuk menghindari makanan tercecer ke seluruh permukaan microwaves.
  4. Cara menggunakan microwave berikutnya, panaskan dengan waktu yang singkat, kemudian keluarkan, aduk manual, lalu panaskan kembali jika tidak semua bagian makanan panas.
  5. Pisahkan makanan yang memerlukan waktu berbeda dalam memanaskan. Seperti memanaskan daging dan roti. Sebaiknya dipanaskan terpisah.
  6. Hindari memanaskan makanan yang cepat kering, seperti daging-dagingan. Jika ada sedikit kuah atau saus, daging masih memungkinkan untuk dipanaskan.
  7. Hindari menggunakan aluminium foil untuk menutup atau mengalasi makanan. Aluminium foil akan memicu percikan api.
  8. Jika ingin mencairkan makanan beku, ikuti langkah dan petunjuk pada buku panduan setiap produk microwave.
  9. Jangan lupa untuk selalu membersihkan bagian dalam microwaves secara teratur.
  10. Hindari memanaskan sup atau saus yang banyak dalam microwave. Karena saat panas akan meluap dan justru mengotori microwave.

Nah, jika sudah tahu cara menggunakan microwave yang benar, ketahui juga cara membersihkan microwave dan perawatannya.

Cara Merawat Microwave


Ini dia cara menggunakan microwave dalam langkah perawatan yang tepat:

  1. Bersihkan microwave seminggu sekali. Gunakan lap basah untuk melap permukaan dalam microwave. Jangan lupa untuk selalu mengambil sisa-sisa makanan yang mungkin berjatuhan untuk menjaga kebersihan microwave. Bila cara menggunakan microwave sudah tepat dilakukan, kecil kemungkinan akan ada sisa makanan yang tercecer. Gunakan campuran air dan baking soda atau air dan sabun cuci piring untuk melap bagian dalam microwave.
  2. Beberapa makanan akan meninggalkan bau tidak sedap yang bertahan di dalam microwave. Untuk menghilangkan baunya. Siapkan sekitar 240 ml air dan perasan lemon, sertakan juga kupasan kulit lemon, lalu aduk sedikit. Gunakan tempat kaca yang agak besar supaya tidak meluap keluar. Panaskan microwave selama 4-5 menit. Setelah selesai, keluarkan perlahan, lalu lap kembali sampai tidak ada embun lagi. Cara menggunakan microwave seperti ini akan membantu menghilangkan bau tidak sedap di bagian dalam microwave.
  3. Cek berkala kemampuan microwave. Jika diperlukan waktu lebih lama untuk memanaskan makanan atau tiba-tiba berhanti, maka perlu dilakukan perbaikan. Bawalah ke ahli yang biasa menangani dan jangan menanganninya sendiri jika tidak berpengalaman untuk itu.

Cara menggunakan microwave ini cukup mudah, bukan? Memang kamu harus lebih selektif dalam memilih makanan yang bisa dan tidak bisa dipanaskan di dalam microwave. Tetapi untuk masakan yang sederhana, seperti membuat moci, mug-cake, membuat popcorn atau memanaskan makanan sisa, microwave bisa sangat membantu.

Editor: Dwi Ratih