Keluarga

Biaya Masuk SD di Jakarta Selatan Tahun 2022. Sudah Siapkah?

Biaya Masuk SD di Jakarta Selatan Tahun 2022. Sudah Siapkah?

Meski masih belum sampai di penghujung tahun 2021, banyak sekolah yang sudah merilis daftar biaya masuk SD.

Daerah Jakarta Selatan terkenal dengan area dimana banyak terdapat sekolah swasta unggulan termasuk SD. Beragam sekolah menawarkan program dan visi misi yang berbeda sehingga para orangtua dapat memilih sekolah dengan menyesuaikan terhadap visi misi keluarga.

Setiap orangtua menginginkan tempat belajar terbaik untuk anak-anaknya. Mulai dari fasilitas lengkap hingga tenaga pendidik yang kompeten. Diharapkan, anak dapat mengembangkan potensinya dengan maksimal.

Biaya masuk SD di Jakarta Selatan adalah salah satu parameter utama yang menjadi pertimbangan para orangtua dalam memilih sekolah untuk si kecil. Ini dikarenakan tiap keluarga memiliki kemampuan keuangan yang   berbeda dalam mengalokasikan dana pendidikan anak sehingga perlu disesuaikan.

Simak daftar biaya masuk SD di Jakarta Selatan untuk tahun ajaran 2022/2023 di bawah ini!

1. Sekolah Cikal

biaya-masuk-sd-di-jakarta-selatan-sudah-siapkah-1

Alamat: Jl. Letjen TB. Simatupang Kav. 18 Cilandak, Jakarta Selatan

Website: https://admission.cikal.co.id/

Telp: (021) 7590 2580

Sekolah swasta ini merupakan salah satu sekolah swasta favorit para orangtua. Didirikan oleh Najeela Shihab yang merupakan putri Quraish Shihab.

Cikal dikenal juga dengan sekolah inklusi, yang artinya juga menerima dan mendampingi murid berkebutuhan khusus. Program dan visi misinya menarik. Menawarkan pengalaman bermain dan belajar yang dekat pada alam. Sekolah ini menitikberatkan pada konsep “5 Stars Competencies” dan tidak memiliki mata pelajaran khusus. 

“5 Stars Competencies” terdiri dari pengetahuan, keterampilan, sikap, dan tindakan khusus. Intinya, konsep ini menitikberatkan pada pengembangan pribadi anak seutuhnya.

Ibu dapat langsung mengakses ke situs cikal jika tertarik untuk menyekolahkan si kecil disini. Biaya masuk SD di Jakarta Selatan ini berkisar Rp 104,3 juta (non-sibling) dan Rp 93,9 juta (sibling). Orangtua dapat memilih opsi dalam membayar uang SPP; per bulan, per-tiga bulan, atau per-tahun. Biaya SPP adalah Rp 6 juta/bulan, Rp 17,4 juta/3 bulan, dan Rp 65,8 juta/bulan. 

2. SD Yasporbi I

biaya-masuk-sd-di-jakarta-selatan-sudah-siapkah-2

Alamat: Jl. Deposito I, No. 22, Kompleks Perumahan Bank Indonesia Pancoran, Jakarta Selatan

Website: https://ppdb.yasporbi.sch.id/sd1/

Telp: 0859 2076 5248

SD Jakarta Selatan ini memberikan program pendidikan sesuai kurikulum nasional yang dikembangkan dengan mengintegrasikan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) serta peningkatan keimanan dan ketaqwaan (Imtaq).

Dengan kurikulum tersebut, diharapkan peserta didik memiliki karakter yang cerdas, mulia, kreatif, dan terpelajar.

SD Yasporbi I sudah menyelenggarakan kegiatan pembelajaran sejak tahun 1962. Tak heran jika sekolah ini meraih akreditasi A dari Kemendikbud.

Biaya yang harus dibayarkan sebesar Rp 750 ribu untuk uang formulir serta Rp 23 juta untuk total uang pangkal, biaya tahunan, dan SPP bulan pertama.

3. Al-Wildan 4 Lebak Bulus

V-3biaya-masuk-sd-di-jakarta-selatan-sudah-siapkah-3

Alamat: Jl. H. Nudin No. 71 Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan

Website: https://alwildan4jakarta.sch.id/index.php/en/

Telp: 0823 3903 2020

Al-Wildan adalah institusi pendidikan berkualitas yang berdasarkan pada tahfiz, ilmu agama dan pendidikan umum. Sekolah ini mengkombinasikan kurikulum nasional dan kurikulum internal yang terdapat kurikulum internasional. 

Murid diharapkan untuk dapat cerdas di Ilmu agama dan ilmu umum serta mencintai Al Quran. Kegiatan belajar mengajar umumnya menggunakan Bahasa Inggris.

Jika Ibu berminat menyekolahkan si kecil disini, Ibu dapat membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 1 juta, uang pangkal Rp 35 juta, serta SPP sebesar Rp 1,85 juta per bulan.

4. SD Bakti Mulya 400

biaya-masuk-sd-di-jakarta-selatan-sudah-siapkah-4

Alamat: Jl. Gedung Pinang No.2 Pondok Pinang, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan

Website: https://psb.baktimulya400.sch.id/registrasi_sd.php

Telp: (021) 7653629

SD Bakti Mulya 400 menerapkan 3 kurikulum, yaitu Islam, Nasional, dan Internasional.

Kurikulum Islam bertujuan untuk menanamkan aqidah keislaman dan ketakwaan pada anak-anak. Sementara kurikulum nasional diterapkan untuk mengembangkan potensi anak didik secara holistik. Untuk kurikulum internasional, SD Bakti Mulya 400 bekerja sama dengan Cambridge Assessment International Education. Kurikulum ini bertujuan menghasilkan pribadi yang kreatif, inovatif, kolaboratif, dan berwawasan global.

Biaya yang harus disiapkan untuk masuk SD Bakti Mulya 400 adalah uang pendaftaran sebesar Rp 500.000 serta membayar program kelas pilihan. Ada 2 program pilihan:

  • Program bilingual: Uang pangkal Rp 35,2 juta, uang tahunan Rp 5 juta, dan uang SPP Rp 2 juta/bulan
  • Program Cambridge: Uang pangkal Rp 40 juta, uang tahunan Rp 7,5 juta, dan Uang SPP Rp 2,5 juta/bulan

5. HighScope Indonesia

biaya-masuk-sd-di-jakarta-selatan-sudah-siapkah-5

Alamat: Jl. TB. Simatupang No. 8 Cilandak, Jakarta Selatan

Website: www.highscope.or.id 

Telp. : 0818 0853 8530

Jika Ibu berminat menyekolahkan si kecil ke sekolah Internasional, HighScope adalah jawaban yang tepat. Highscope adalah lembaga pendidikan bertaraf Internasional, lebih tepatnya berasal dari Amerika Serikat dan telah menyebar ke berbagai negara di dunia.

Program ajar di Highscope menitikberatkan pada keunikan setiap anak. Dengan menciptakan lingkungan yang kondusif untuk perkembangan potensi akademiknya, diharapkan pendidikan anak tidak berfokus pada perkembangan otaknya saja, tetapi juga pembangunan karakter anak.

Jika Ibu berminat menyekolahkan si kecil di sekolah ini, Ibu dapat membayar biaya pendaftaran sebesar Rp 2 juta, uang pangkal sebesar Rp 70 juta, dan SPP sebesar Rp 6,6 juta per-bulan.

Itulah 5 rekomendasi serta biaya masuk SD di Jakarta Selatan. Mana yang menjadi incaran Ibu?

Editor: Dwi Ratih