Keluarga

Bikin Pekerjaan Terhambat, Ini Cara Membuka Tutup Botol Yang Susah

Bikin Pekerjaan Terhambat, Ini Cara Membuka Tutup Botol Yang Susah

“Ah, masa buka tutup botol begini aja nggak bisa” ujar Paksu saat Ibumin minta tolong membuka tutup botol sirup. Hm, sebenarnya bukannya nggak bisa ya Bu, tapi ada beberapa jenis botol yang memang perlu trik untuk membukanya.

Jadi, meskipun kita sudah berupaya keras untuk membukanya, tetap akan sulit terbuka. Walaupun sudah dilapisi kain lap sekalipun, agar tangan tidak licin.

Permasalahan cara membuka tutup botol ini memang rumit ya Bu. Makanya, Ibumin nggak mau hal ini terjadi lagi tiap kali hendak membuka tutup botol apapun, termasuk tutup botol obat demam anak.

Yuk, disimak cara membuka tutup botol yang susah, agar tak lagi bikin pekerjaan rumah jadi terhambat!

Alasan kenapa tutup botol susah dibuka


Cara membuka tutup botol, meski sudah benar dilakukan namun nggak seindah kenyataan ya Bu. Walau sudah mengeluarkan tenaga dalam, tapi tetap saja Ibumin kesusahan.

Terkadang yang ada, lengan Ibumin malah jadi sakit dan berujung mengganggu pergerakan. Lalu kenapa sih tutup botol sulit dibuka?

Dikutip dari New Scientist sebenarnya terdapat alasan mengapa tutup botol sulit dibuka. Salah satu alasannya adalah, sebelum ditutup, botol maupun wadah selai ini di vacuum terlebih dahulu agar kedap udara.

Tujuannya untuk menghindari kemungkinan adanya bakteri yang masuk ataupun berkembang, setelah proses pengemasan. Hal ini juga berlaku pada tutup botol kaca maupun kemasan galon air mineral.

Terutama pada kemasan botol kaca, seperti kemasan selai atau bumbu sambal biasanya memang memerlukan sentuhan akhir pengemasan, yaitu dengan proses vacuum. Apalagi menurut Packaging Digest justru kalau tutup botol (terutama botol kaca) mudah dibuka, menunjukkan bahwa pabrik tidak menutup kemasan ini dengan benar. Sehingga kemungkinan isi dalam botol tersebut lebih rentan bocor ataupun terbuka.

Cara membuka tutup botol aneka jenis


1. Cara membuka tutup botol air mineral

Salah satu cara yang kerap Ibumin lakukan untuk membuka tutup botol air mineral adalah, dengan menekan badan botol terlebih dahulu. Kemudian Ibu bisa memutarnya seperti biasa, yang membedakan adalah cara ini lebih memudahkan untuk membukanya, jadi nggak perlu effort lagi.

2. Cara membuka tutup botol kaca yang susah dibuka

Biasanya tutup botol kaca seperti tutup botol obat batuk anak, ataupun sirup buah jadi salah satu yang sulit dibuka. Nah, Ibumin punya trik khusus buat membuka jenis botol yang satu ini.

Ibu cukup menyiapkan karet gelang, kemudian lilitkan karet pada tutup kaca. Lalu, putar tutup botol seperti biasa, dan voila! Tutup botol yang tadinya sulit dibuka, jadi bisa terbuka dengan mudah, nih!

3. Cara membuka tutup toples kaca

Salah satu hacks yang kerap Ibumin lakukan adalah, dengan merendam bagian tutup ke dalam air panas terlebih dahulu. Tujuannya untuk membantu mengeluarkan udara di dalam toples, akibat panas yang dihantarkan.

Kemudian, Ibu bisa langsung memutar tutup botol seperti biasa. Nah, sekarang jadi lebih mudah, kan?

4. Cara membuka tutup botol Aqua galon

Pada tutup botol Aqua galon, biasanya terdapat lapisan tutup biru yang menjuntai. Terkadang, dengan menggunakan tangan kosong, Ibumin masih kesulitan untuk membukanya, karena sedikit licin.

Akibatnya, Ibumin butuh pisau dapur ataupun gunting untuk bantu membuka lapisan tersebut. Tapi, nggak jarang hal ini juga membutuhkan effort, dan berisiko membuat tangan jadi terluka.

Padahal, cara membuka tutup botol Aqua galon nggak memerlukan benda tajam untuk membukanya, lho! Cukup gunakan ujung sendok, selipkan ke dalam lubang, kemudian tinggal tarik tutup botol sesuai alurnya.

5. Cara membuka botol teh dalam kemasan kaca

Saat ini, sudah terdapat alat untuk membuka botol minuman teh kemasan kaca. Namun, ketika darurat kita juga butuh suatu benda lain yang dapat menolong, bukan?

Mengutip dari Delish salah satu benda yang bisa kita gunakan adalah, ujung sendok atau garpu yang berbentuk kotak. Kemudian, genggam leher botol, di mana jempol dan jari telunjuk berada di bawah garis tutup botol.

Lalu, tinggal congkel sela-sela tutup botol tersebut dan voila, tutup botolpun dapat dengan mudah dibuka. Ibumin sarankan jangan menggunakan ujung sendok/garpu yang runcing ya Bu. Sebaliknya manfaatkan ujung yang tumpul.

Nah, selain itu cara membuka tutup botol teh kemasan kaca ini juga bisa dilakukan menggunakan gunting. Di mana gunting tersebut dijepitkan di garis tutup botol bawah dan tinggal ditarik saja.

6. Cara membuka tutup botol obat demam anak

Obat demam anak biasanya memiliki sistem buka-tutup yang unik, yaitu dilakukan dengan cara ditekan terlebih dahulu, kemudian baru di putar ke arah sebaliknya. Buat Buibu yang kadang buru-buru hendak memberikan obat untuk anaknya, hal ini seringkali luput dari perhatian.

Padahal, sesuai petunjuk, cara membuka tutup botol obat demam anak ini cukup ditekan dan di putar saja. Sebenarnya, kalau sabar dan nggak panik, cara membuka tutup botol obat demam ini sangat mudah dilakukan kok, Bu. Jadi, cobalah untuk tetap tenang ya Bu.