Keluarga

Bikin Rileks! 7 Tempat Wisata Healing Di Indonesia

Bikin Rileks! 7 Tempat Wisata Healing Di Indonesia

Istilah healing sedang marak digunakan oleh orang-orang yang membutuhkan waktu jeda sejenak dari rutinitas. Ada yang dengan cuti bekerja dan bersantai di rumah, ada pula yang mengunjungi tempat wisata healing.

Sayangnya pergi ke tempat wisata healing di masa pandemi seperti sekarang ini mungkin tidak mudah dan butuh dipikir panjang. Perlu lebih selektif dalam memilih tempat wisata healing yang nyaman dan tetap aman.

7 tempat wisata healing di Indonesia

Nah, lalu apa saja sih tempat wisata healing yang bisa kita kunjungi di Indonesia meski dalam masa pandemi seperti sekarang? Simak rekomendasinya berikut ini yuk!

1. Hutan Mangrove PIK, Jakarta


Photo source: Travel Kompas

Pantai Indah Kapuk atau PIK merupakan sebuah kawasan di Jakarta Utara yang kini sudah berkembang cukup pesat. Meski dahulu dikenal sebagai tempat perumahan mewah, namun kini PIK mulai membangun beragam tempat wisata healing yang cocok dikunjungi oleh keluarga.

Salah satu tempat yang cukup terkenal di PIK adalah Hutan Mangrove. Hutan bakau ini terletak di kawasan Taman Wisata Alam Angke, Kapuk yang dikelola oleh Pemprov DKI Jakarta.

Hutan Mangrove PIK menyajikan lahan konservasi yang lengkap dengan fasilitas rekreasi. Di sini, kamu bisa berkeliling hutan sambil berfoto dengan latar belakang pohon rindang atau lahan bakau yang cantik-cantik lho!

Ingin mengitari hutan dengan perahu? Tentu bisa dong! Perahu seperti sampan ini juga disewakan di tempat ini dan bisa digunakan untuk mengitari hutan. Nggak hanya itu, hutan mangrove PIK ini juga memilik fasilitas penginapan yang berada di atas air.

Tempat ini cocok banget buat kamu yang nggak punya banyak waktu untuk healing dan hanya bisa dilakukan di dalam kota saja. Yuk segera kunjungi di akhir pekan nanti!

2. Hutan kota Tanah Tingal, Tangsel


Photo source: Tempat Wisata Indonesia

Belakangan ini Tanah Tingal makin dikenal setelah salah satu grup motor para artis bernama berekreasi di tempat ini. Yup! Tanah Tingal dulunya memang merupakan kebun pribadi miliki penduduk setempat.

Sang pemilik tanah (Almarhum Bapak Boardiardjo) membebaskan fungsi lahan seluas sembilan hektar ini untuk dijadikan hutan kota yang kini bisa menjadi pilihan tempat wisata healing. Hutan Kota Tanah Tingal bisa kamu temukan di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan yang kini menjadi tujuan wisata edukasi yang menyediakan beragam jenis rekreasi.

Di tempat ini, kamu bisa piknik di bawah pohon, berkemah, outbound, bahkan bermain sampan dan berenang. Pastinya tempat ini cocok banget sebagai tempat wisata healing yang tak jauh dari pusat kota Jakarta ya Bu!

3. Wisata Yoga La Joya di Bali


Photo source: LiburanYuk!

Pulau Dewata, Bali terkenal dengan beragam tempat wisata healing yang wajib dikunjungi. Salah satunya adalah Yoga La Joya yang dikenal dengan pemandangan pantai dan laut.

Sesuai namanya, tempat ini memang cocok bagi kamu yang gemar olahraga Yoga untuk merelaksasi tubuh dengan suasana yang berbeda. Hawa yang sejuk dan pemandangan alam yang asri bikin kita betah berlama-lama berada di tempat ini.  

4. Wisata Bahari Likupang di Sulawesi Utara


Photo source: Okezone Travel

Tak banyak yang tahu, Likupang bukan bagian dari Kupang Nusa Tenggara Timur lho! Likupang merupakan sebuah daerah di Sulawesi Utara yang kaya akan keindahan alam, terutama pantainya.

Di sana ada banyak pantai yang bisa didatangi untuk tempat wisata healing dengan pemandangan pantai dan laut yang sangat indah. Selain itu, beberapa pantai di Likupang ini tidak banyak pengunjungnya sehingga terbilang sepi, sehingga tempat ini cocok bagi kamu yang ingin berwisata yang jauh dari keramaian.

5. De' Loano Glamping di Purworejo


Photo source: KRJogja

Tempat wisata healing selanjutnya berada di Purworejo, Jawa Tengah bernama De' Loano Glamping atau glamour camping yang membuat kita lebih nyaman berkemang, terutama jika membawa anak-anak.

De’Loano Glamping menawarkan berkemah di tengah hutan Purworejo dengan suasana yang pastinya sangat asri dan udara yang sejuk.

Fasilitas yang diberikan sangatlah lengkap, di tempat ini kita juga bisa BBQ-an bersama dengan keluarga lho. Pastinya bakalan seru banget deh!

6. Maribaya Natural Hot Spring di Lembang


Photo source: Kata Data

Bandung kaya akan destinasi tempat wisata healing yang cukup terkenal. Terutama di daerah Lembang, salah satunya bernama Maribaya Natural Hot Spring.

Tempat wisata healing ini terdiri dari wisata pemandian air panas di mana kita bisa melepas penat, lelah, serta stres dengan cara berendam di air panas. Pemandian air panas ini memiliki kandungan belerang yang dipercaya mampu membantu mengobati beragam penyakit kulit dan membuat tubuh terasa lebih rileks.

7. Ledok Sambi


Photo source: Travel Kompas

Ledok Sambi merupakan tempat wisata healing selanjutnya yang berlokasi di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Di tempat ini kita dapat menikmati aliran sungai yang jernih dengan bebatuan cantik tak lebih dari satu jam perjalanan dari kota.

Ditambah dengan banyaknya tumbuhan dan pepohonan hijau yang asri dan makin menyegarkan mata. Ledok Sambi juga menyediakan fasilitas outbound seperti flying fox dan beragam permainan seru lainnya!

Tenang, kalau lelah kita pun bisa menggunakan gazebo untuk dijadikan tempat beristirahat sambil merasakan udara segar di tempat ini. Seru banget kan, Bu?

Editor: Dwi Ratih