Keluarga

Cara Buat Slime Dengan Mudah, Pakai Bahan Di Rumah

Cara Buat Slime Dengan Mudah, Pakai Bahan Di Rumah

Libur sekolah nanti kira-kira mau ajak si kecil main apa ya? Daripada bingung, Ibu bisa coba mengajak mereka bikin slime lho. Keseruan cara membuat slime dengan mudah bisa menjadi kegiatan yang menyenangkan sekaligus menantang buat si kecil.

Mainan berbentuk kenyal ini termasuk mainan yang populer sejak tahun 2005 dan kerap dimainkan oleh anak-anak dan remaja. Slime memiliki tekstur lembek seperti lendir dan sering dijadikan sebagai bahan lem ataupun bahan kimia aktif.

Dilansir dari BBC ternyata slime memiliki beragam manfaat yakni untuk meredakan emosi karena bentuknya yang kenyal dan mudah di remas-remas di klaim dapat menjadi alat untuk stress healing bagi semua kalangan termasuk orang dewasa. Slime juga bisa mengatasi kejenuhan atau kebosanan lho, Bu.

Lalu apa saja sih manfaat slime lainnya? Serta bagaimana cara bikin slime dengan bahan-bahan sederhana yang ada di rumah? Yuk simak ulasannya berikut ini ya.

Manfaat bermain slime menurut para ahli


Menurut Claire Hopkins, Psikolog anak dari Association of Child Psychotherapy, slime merupakan permainan yang termasuk dalam kategori sensory play yang dapat melatih fokus anak serta membuat anak menjadi lebih mudah mengontrol emosi terutama pada saat berada di lingkungan baru. Bermain slime juga bisa membuat mereka mudah meredakan kesedihan dan kecemasan.

Tekstur slime yang kenyal dapat mengirim sinyal ke otak agar lebih rileks sehingga otomatis emosi mereka menjadi reda. Mereka jadi bisa lebih fokus pada satu hal tertentu dan tidak mudah meledak-ledak saat marah atau kesal.

Tetap perhatikan bahan yang dibuat


Demi keamanan dan kenyamanan si kecil dalam bermain slime, Ibu harus mengenalkan bahan-bahan yang aman dan tidak membuat alergi pada kulitnya. Hal ini juga berlaku saat mengikuti cara buat slime yang aman untuk anak. Sebaiknya hindari menggunakan bahan kimia seperti borax atau lem sebagai bahan dasar dalam cara membikin slime, ya Bu.

Apalagi beberapa anak mungkin belum paham bahwa slime bukanlah mainan yang aman jika tertelan. Untuk itu, memilih bahan yang aman sangat penting dilakukan dalam bikin slime. Kalau bisa hindari bahan borax atau lem yang berbahaya bagi si kecil.

Usahakan gunakan pewarna makanan yang ramah bagi anak. Selain itu, penting untuk selalu membimbing dan mengawasi si kecil ketika bermain slime. Terutama untuk anak di bawah usia 3 tahun.

Mengapa sebaiknya cara buat slime tidak menggunakan borax? 


Sebab borax merupakan mineral atau bahan kimia yang biasa dijual sebagai produk pembersih. Meskipun tidak banyak anak yang mudah teriritasi bahan borax, namun bahan kimia ini tetap bisa berisiko menyebabkan iritasi ringan pada kulit. Seperti gatal-gatal, kulit kering, kemerahan dan keluhan lainnya.

Selain itu borax juga akan menjadi lebih bahaya apabila kita menyentuhnya dalam jangka waktu yang lama, maka pada kulit yang sensitif iritasinya akan menjadi lebih parah. Terutama jika penggunaan borax tidak sesuai takaran yang seharusnya aman bagi kulit anak-anak.

Bahan borax pada slime yang tidak sengaja tertelan juga sangat berbahaya bagi pencernaan si kecil. Sehingga penting rasanya agar Ibu tetap perhatikan bahan-bahan apa saja yang terkadung dalam pembuatan slime yang di jual di pasaran.

Nah, supaya lebih aman Ibu juga bisa mengikuti cara buat slime sendiri di rumah dengan menggunakan bahan-bahan sederhana lho. Ini sekaligus menjadi kegiatan yang menyenangkan buat si kecil, termasuk juga meningkatkan bonding antara orang tua dan juga anak.

Cara membikin slime yang mudah tanpa borax


Biar liburan kali ini terasa lebih menyenangkan walau di rumah aja, yuk aja si kecil membuat cara buat slime yang mudah. Dilansir dari kanal Youtube Boogie DIY Craft ternyata untuk membikin slime bisa menggunakan bahan-bahan yang ada di rumah kok, Bu.

Cara ini tentu lebih praktis dan menjadi cara buat slime yang mudah apalagi tidak memerlukan tambahan bahan kimia yang berbahaya buat si kecil. Penasaran gimana membikin slime yang aman dan praktis? Yuk siapkan bahan dan alatnya.

Resep 1

Bahan:

  • 1 cup tepung terigu;
  • 2 tetes pewarna makanan;
  • 2 sdm minyak; dan
  • 20ml air.

Cara buat:

  1. Campurkan tepung dan pewarna makanan, aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit.
  2. Uleni hingga kalis, sesuai tekstur yang diinginkan.
  3. Siapkan wadah, masukkan slime ke dalam wadah. Tambahkan minyak, aduk rata dan tutup slime dengan wadah tertutup.
  4. Diamkan kurang lebih 15 menit, slime siap dimainkan.

Resep 2

Bahan:

  • 20ml air;
  • 3 tetes pewarna makanan;
  • 1 cup tepung terigu;
  • 1 sdm masker wajah bertekstur gel; dan
  • 2 sdm saline solution (larutan air garam).

Cara buat:

  1. Campur air, pewarna makanan dan masker wajah aduk rata.
  2. Tambahkan tepung terigu dan larutan air garam. Kemudian aduk rata kembali hingga kalis atau mencapai tekstur yang diinginkan.
  3. Slime siap dimainkan.

Resep 3

Bahan:

  • 3 sdm masker wajah bertekstur gel;
  •  1 semprot pengharum ruangan; dan
  • 2 tetes pewarna makanan.

Cara buat:

Campur semua bahan, aduk rata hingga slime berubah warna dari bening menuju warna yang lebih solid. Simpan di wadah tertutup selama beberapa menit. Slime siap dimainkan.

Penulis: Aprilia Ramdhani
Editor: Dwi Ratih