Keluarga

Cara Memilih Cat Tembok yang Aman untuk Kamar Anak

Cara Memilih Cat Tembok yang Aman untuk Kamar Anak

Mengecat kamar anak atau bayi serta menghiasnya pasti menjadi hal yang paling menyenangkan bagi orang tua. Bermain dengan beberapa warna saat mengecat dinding kamar si kecil bisa membuat atmosfer kamar menjadi berbeda lho.

Apapun ide padu padan cat tembok untuk kamar anak yang sedang Parents rencanakan, ada satu hal yang tidak boleh terlewat, yaitu memilih cat tembok yang aman untuk anak. Ya, tidak semua cat tembok dibuat sama. 

Setiap jenis cat memiliki kandungan yang berbeda. Ada cat yang baunya sangat menyengat dan bertahan lama sehingga dapat mengganggu kesehatan si kecil, khususnya untuk anak yang sensitif. 

Kabar baiknya, ada cat tembok yang khusus didedikasikan buat anak yang pastinya lebih aman sehingga ini dapat mengurangi kekhawatiran orang tua saat menggunakannya.


Bau Cat Tembok Bisa Menjadi Iritan untuk Anak

Parents pasti sudah familiar dengan bau cat dinding yang menyengat. Dikutip dari Healthline, bau ini berasal dari Volatile Organic Compounds (VOC) yang merupakan komponen kimia pada cat yang dilepaskan ke udara. Setiap merk cat memiliki tingkat kandungan VOC yang berbeda. Ada yang tinggi, rendah, bahkan ada yang bebas VOC.

Pada sebagian orang, paparan VOC dalam waktu yang panjang bisa menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Partikel kimia dari cat tembok yang menyebar ke udara dapat menjadi iritan untuk mata, hidung, atau tenggorokan kita.

Dampak jangka pendek yang kerap dirasakan saat kita menghirup VOC, antara lain sesak bernapas, pusing, mual, atau terjadi iritasi pada mata. Sedangkan dampak jangka panjangnya bisa mempengaruhi kesehatan hati, ginjal, dan sistem syaraf kita lho.

Bahkan menurut Dokter Spesialis Anak dr. Kurniawan Satria Denta, M Sc, Sp. A, dalam peluncuran koleksi warna eksklusif Jotun Kids Collection 2023 pada tanggal 3 Mei 2023 lalu, bau cat tembok juga bisa menjadi pemicu masalah kesehatan seperti asma, khususnya pada anak yang sensitif.

Wah, ternyata pengaruhnya cukup besar yaa untuk kesehatan anak, itulah kenapa sebaiknya orang tua memilih cat tembok yang tidak berbau dan mengandung kadar VCO sangat rendah.

 

Pilihan Warna Cat Tembok Mempengaruhi Psikologis Anak

Tahukah Parents, warna dinding kamar anak dapat berpengaruh pada kondisi psikologis anak secara signifikan? Sejumlah studi menjelaskan kalau pilihan warna dapat memberi efek pada perilaku dan mood seseorang. 

Dr. Denta juga menjelaskan, “Warna memainkan peran yang sangat penting dalam tumbuh kembang anak. Warna dapat memberikan stimulus visual yang kuat pada otak dan membantu perkembangan penglihatan, hingga kesehatan mental anak. Stimulus visual melalui warna dapat diberikan sesuai tahap perkembangan anak dengan memperhatikan preferensi warna anak yang berbeda-beda. Sehingga penting bagi orang tua untuk memberikan rangsangan warna yang beragam untuk memperkaya pengalaman anak-anak mereka.”

Paparan pada warna-warna tertentu dapat menstimulasi otak anak, mempengaruhi kebiasaan tidur, meningkatkan konsentrasi, bahkan meningkatkan kemampuan akademik seorang anak. Apalagi tembok merupakan objek yang paling besar dalam kamar, itulah kenapa kita harus berhati-hati saat menentukan warna cat tembok anak.

Pada kesempatan yang sama, dr. Denta menyarankan orang tua untuk memilih cat dengan warna yang kalem dan lembut. 

Mengapa bukan warna cerah yang ceria khas anak-anak? Hal ini karena dapat membuat anak overstimulasi. “Prinsipnya, ketika berada di ruangan semuanya bisa tertangkap oleh otak, tapi otak memilih apa yang mau difokuskan. Pada anak, mereka masih belajar sehingga belum bisa memilah dengan baik, Kalau dikasih terlalu banyak warna terang, anak jadi sulit membedakan benda-benda. Jadi overstimulasi, malah jadi tidak fokus,” papar dr. Denta.

Dikutip dari RaisingChildren, ketika anak overstimulasi, ia akan lebih rentan mengalami rewel, mood buruk, atau menangis lebih kencang dari biasanya. Nah, cat dinding dengan warna yang kalem dapat menjadi penyeimbang di tengah warna-warna cerah yang biasanya ditemukan di mainan, buku, pakaian, atau furniture pada kamar anak.

 

Warna Bisa Jadi Alat Stimulasi Anak yang Menyenangkan

Anak-anak belajar banyak hal melalui warna. Beragamnya warna membuat anak jadi penasaran dan tertarik mengetahui banyak hal. Fakta ini juga disadari oleh Tya Ariestya, ibu dari dua orang anak laki-laki.

Dalam acara yang sama, Tya berbagi pengalamannya dalam menggunakan warna untuk membantu anak-anaknya belajar. “Stimulasi di awal anak-anak mengenali warna, aku pake flash card gitu jadi ngenalin warnanya di awal. Karena dari awal itu kita bisa belajar ke mana-mana tuh, bisa belajar untuk huruf, misalnya gambar apel, A untuk apel, terus pisang gitu, terus kita juga bisa ngajarin bahasa Inggris,” tutur Tya Ariestya.

Tak hanya itu, Tya juga melibatkan anaknya untuk memilih sendiri tema dan cat kamarnya. Hal ini dilakukan untuk mendorong imajinasi si kecil yang bisa menjadi stimulasi luar biasa dalam 1000 hari pertama kehidupan anak.

Mengecat dinding kamar anak juga bisa menstimulasi imajinasi anak. Hal ini dijelaskan oleh Brand Marketing PT Jotun Indonesia Zenitha Fitriati yang mendorong orang tua untuk membebaskan anak melukis gambar di dindingnya sesuai imajinasi anak. Misalnya mengecat gambar pelangi, awan, dan lain sebagainya. 

Mengecat dinding kamar bersama bisa menjadi sarana bonding juga untuk anak dan orang tua lho. Ini juga bisa menjadi sarana untuk menstimulasi motorik halus si kecil.

Namun, perlu diingat bahwa orang tua harus memilih cat yang aman untuk digunakan anak. Sehingga saat anak ikut terlibat saat mengecat dinding, tidak ada risiko yang menghantui anak, seperti iritasi karena cat terkena kulit atau sesak napas karena bau menyengat dari cat.

 

Memilih Cat yang Aman untuk Anak

Dari penjelasan di atas tadi, cat yang aman harus menjadi prioritas nomor satu saat Parents berencana untuk mengecat dinding kamar anak. Nah, pertanyaannya, bagaimana kita bisa mengetahui apakah cat tembok yang kita pilih aman atau tidak?

Tidak perlu bingung, Parents dapat memilih cat tembok Jotun Kids Collection 2023 yang memang digagas demi menciptakan area ramah anak yang indah. Ibumin sangat takjub dengan koleksi warna terbaru dari Jotun ini karena merupakan dari produk ultra-premium Majestic Sense.

Majestic Sense sendiri adalah rangkaian cat interior premium yang diformulasikan secara khusus dengan Clean Air Technology. Teknologi ini diciptakan untuk membersihkan dan meningkatkan kualitas udara dalam ruang lho.

Selain itu, ada formulasi Odour-less comfort dengan ultra-low VOC yang membuat cat dinding Jotun Kids Collection 2023 tidak mengeluarkan zat berbahaya dan tidak memiliki bau menyengat, sehingga udara di dalam ruangan terasa nyaman dihuni. Parents juga tak perlu takut lagi deh untuk mengajak anak buat mengecat dinding kamar bersama.

Kerennya lagi, Majestic Sense telah terbukti dan disetujui mendapat sertifikasi Sensitive Choice dari lembaga National Asthma Council of Australia lho. Produk ini dinilai aman untuk penderita asma dan alergi. 

Di acara ini, dr. Denta juga mengingatkan agar orang tua jangan tunggu anak menderita alergi atau asma dulu untuk beralih ke cat yang lebih aman buat si kecil. Justru pencegahan adalah langkah terbaik yang bisa kita lakukan. Pilih cat dinding yang memang sudah terbukti aman agar anak tetap sehat dan tidak terpapar oleh iritan yang dapat sebabkan asma atau alergi.

 

Koleksi Warna Eksklusif Jotun Kids Collection 2023

Dalam rangkaian koleksi warna Jotun Kids Collection 2023, ada total 21 pilihan warna dari tiga palet warna yang bisa Parents dan si kecil pilih. Tiga palet warna ini bertemakan alam, yaitu:

  • Pastel Forest, yang menangkap esensi dari hutan yang rimbun
  • Eternal Ocean, yang tercipta dari kekaguman keindahan laut yang memesona
  • Pinkish Pastures, yang didedikasikan untuk para pemimpi buat terus berkreasi di balutan warna merah muda. 

“Jotun memahami bahwa setiap anak memiliki keunikan dan kepribadian yang berbeda-beda, sehingga membutuhkan pengalaman yang berbeda pula dalam mengeksplorasi dunia warna. Kenyataan yang mengesankan ini memberikan inspirasi bagi Jotun untuk menciptakan rangkaian koleksi warna cat eksklusif yang memberikan keindahan sekaligus keajaiban dalam kehidupan mereka.” ungkap Regional Colour Marketing Manager South East Asia & Pacific Jotun Natrah Omar Rahim.

President Director PT Jotun Indonesia Ram Ramnath juga menyampaikan bahwa setiap warna dirancang untuk melahirkan imajinasi yang tak terbatas bagi anak. “Ini merupakan wujud komitmen Jotun untuk memenuhi impian setiap anak untuk memiliki ruang yang ajaib dan juga nyaman,” ujarnya.

Wah, jadi makin tidak sabar yaa untuk menghias kamar si kecil dengan cat tembok yang aman dari Jotun Kids Collection 2023?