Keluarga

Cara Mencerahkan Ketiak Hitam Yang Tak Banyak Orang Tahu

Cara Mencerahkan Ketiak Hitam Yang Tak Banyak Orang Tahu

Ketika cuaca terik dan panas, memang paling enak menggunakan baju berbahan katun yang nyaman. Apalagi kalau jenis baju yang kita pilih adalah tanktop yang terbuka.

Sepertinya ini merupakan pakaian ternyaman para wanita setelah daster ya Bu. 

Tapi terkadang meski pakaian ini hanya dipakai di rumah saja, terkadang saat kita bercermin ada saja hal yang bisa membuat kita merasa tidak percaya diri karena menemukan ketiak yang tampak hitam saat memakai baju tanktop.

Yup, ketikak yang nampak hitam merupakan kondisi yang sedikit banyak bisa membuat kepercayaan diri seorang wanita jadi berkurang. Apalagi jika hendak menggunakan pakaian yang sedikit terbuka layaknya tanktop.

Namun ternyata, seiring dengan berkembangnya zaman ada banyak cara mencerahkan ketiak hitam mulai dari yang alami hingga menggunakan perawatan khusus lho! Nah, biar nggak penasaran yuk simak cara mencerahkan ketiak hitam dalam ulasan berikut ini.

Mengapa ketiak bisa menghitam? 


Ibu, pernahkah kamu merasa bahwa sepertinya dahulu ketiakmu tidak sehitam sekarang? 

Yup, bagi sebagian orang terutama wanita memiliki ketiak hitam tentu menjadi hal yang sangat memalukan dan bisa mengurangi tingkat kepercayaan diri. 

Kalau kamu pernah merasa ketiakmu tak sehitam dahulu, jika melansir Healthline bisa jadi hal-hal berikut adalah penyebabnya:

  • Penggunaan deodoran dengan bahan antiperspiran berlebihan
  • Terlalu sering mencukur ketiak yang dapat menyebabkan iritasi dan abrasi pada kulit sekitarnya
  • Kurangnya kemungkinan ketiak mengalami pengelupasan kulit akibat terlalu sering menggunakan pakaian ketat
  • Ketiak mengalami hiperpigmentasi akibat merokok
  • Tubuh mengalami acanthosis nigricans yang merupakan tanda diabetes, obesitas dan kadar hormon abnormal
  • Adanya infeksi bakteri di kulit sekitar ketiak
  • Terdapat melasma atau bercak hitam pada kulit sekitar ketiak
  • Tanpa sadar mengalami penyakit addison yang menyebabkan kelenjar adrenal kulit menjadi rusak dan menghitam.

Perawatan ketiak hitam 

Meskipun saat ini ketiakmu tampak hitam, namun jangan khawatir ya Bu. Sebab ada banyak cara mencerahkan ketiak hitam yang bisa kamu lakukan, melansir Byrdie berikut adalah perawatan ketiak hitam yang penting untuk diperhatikan:

1. Atasi ruam ketiak terlebih dahulu

Ruam adalah tanda bahwa sedang adanya peradangan kulit pada satu bagian di tubuhmu, dalam hal ini adalah ketiak. Ruam dapat muncul dengan warna kemerahan dan keluhan gatal, mengelupas atau kulit luar yang terasa kasar bila disentuh.

Jika salah satu dari tanda atau gejala ini ada dan sangat mengganggu, ada baiknya konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter. Tujuannya agar dokter bisa membantu mengatasi masalah ini terlebih dahulu dan memberikan obat antiinflamasi yang diresepkan.

Kalau hal ini tidak dilakukan terlebih dahulu maka segala macam obat pencerah ketiak tentu tidak akan efektif sampai peradangan diatasi. Kemungkinan penyebab peradangan biasanya meliputi:

  • Eksim
  • Psoriasis
  • Infeksi jamur superfisial
  • Dermatitis kontak alergi dari bahan nik atau wewangian (seringkali dari deodoran)

2. Gunakan scrub yang lebih lembut

Mulai sekarang, cobalah untuk berhenti menggunakan scrub tubuh yang kasar dan hanya semakin mengiritasi kulit ketiak. 

Sebagai gantinya, tambahkan kombinasi lembut scrub exfoliasi yang lebih lembut setiap dua minggu sekali. Usahakan gunakan produk scrub berbahan dasar asam laktat, glikolat, dan salisilat ya Bu.

3. Biasakan mencukur ketiak menggunakan krim cukur

Perawatan ketiak hitam yang satu ini mungkin seringkali diabaikan oleh para wanita. Apalagi saat sedang buru-buru mencukur bulu ketiak. Mulai sekarang, pastikan kamu selalu mencukur ketiak menggunakan krim cukur untuk meminimalisir iritasi ya Bu.

Usapkan krim cukur di sekitar ketiak secara merata lalu biarkan krim cukur menempel di kulit selama 15–30 detik sebelum bercukur. Ganti pisau cukur sesering mungkin untuk mencegah pisau tumpul bergesekan dengan kulit. Ketika pisau cukur tumpul dapat membuat silet berkarat. 

Kandungan nikel di dalam silet yang berkarat tersebut bisa menyebabkan ketiak menjadi lebih gelap dan menghitam.

4. Ganti deodoran berbahan dasar hypoallergenic

Karena iritasi dapat menyebabkan hiperpigmentasi hal pertama yang perlu kamu lakukan sebagai salah satu cara mencerahkan ketiak hitam adalah dengan mengganti deodoran berbahan dasar hypoallergenic. 

Beberapa deodoran mungkin tidak membatasi keringat, mereka cenderung sangat wangi namun deodoran wangi sangat berpotensi menyebabkan alergi pada kulit.

Alergi kulit ini biasanya bisa menyebabkan kemerahan dan gatal-gatal bahkan bisa membuat kulit sekitar ketiak menjadi iritasi. Karenanya penting memilih deodoran berbahan dasar hypoallergenic ya Bu.

Namun jika kamu justru melihat ketiak makin menghitam setelah mengganti deodoran baru, cobalah untuk mempertimbangkan beralih ke antiperspiran hypoallergenic lain atau deodoran alami tanpa natrium bikarbonat.

5. Melakukan perawatan laser dan microneedling

Perawatan ini bisa menjadi salah satu cara mencerahkan ketiak hitam yang bisa kamu coba jika memiliki budget lebih. Terutama jika sudah melakukan segala cara namun ketiak masih tampak menghitam.

Microneedling bermanfaat untuk membantu pengelupasan kulit sekitar ketiak agar lebih cerah sama halnya dengan terapi laser. Tentu saja perawatan yang satu ini tidak bisa dilakukan sekali dua kali ya Bu agar mendapatkan hasil yang maksimal.

6. Menjaga berat badan tetap ideal

Sebab semakin gemuk tubuh kamu, maka semakin besar kemungkinan mengalami ketiak hitam akibat adanya tumpukan lemak di sekitar ketiak. Biasanya ketiak hitam sangat dekat kaitannya dengan penyakit diabetes. Karenanya cara mengatasi ketiak hitam yang disebabkan oleh obesitas adalah dengan menurunkan berat badan dan menjaga berat badan tetap ideal.

Cara mencegah ketiak hitam 

Secara keseluruhan, cara mencegah ketiak hitam sebenarnya cukup mudah lho Bu. Sayangnya hal ini tidak banyak disadari oleh para wanita, berikut adalah beberapa cara mencegah ketiak hitam yang perlu kamu ketahui:

  • Rutin membersihkan ketiak, menggunakan krim exfoliasi, krim pencerah dan lain sebagainya
  • Mengganti merk deodoran atau antiperspiran dengan yang lebih alami seperti mengoleskan apple cider vinegar atau baking soda
  • Stop mencukur bulu ketiak dan ganti dengan perawatan waxing atau hair removal treatment
  • Jangan menggunakan pakaian yang terlalu ketat setiap hari, agar kulit sekitar ketiak bisa lebih bernapas
  • Stop merokok, sebab zat aktif berbahaya yang ada pada satu batang rokok berpotensi membuat ketiak jadi lebih menghitam
  • Menjaga berat badan ideal agar terhindar dari diabetes
  • Koreksi nutrisi harian, usahakan untuk selalu makan makanan yang bergizi dan lebih banyak minum air putih agar kulit tampak lebih sehat.

Cara mencerahkan ketiak hitam lain yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan beberapa bahan alami yang bisa dioleskan di kulit sekitar ketiak. 

Misalnya saja dengan rutin menempelkan irisan timun, menggunakan irisan lemon dan kunyit, menggunakan parutan kentang atau bisa juga menggunakan olesan minyak zaitun sebagai pengganti krim exfoliasi ya Bu. Selamat mencoba di rumah!

Editor: Dwi Ratih