Keluarga

Cara Mengecilkan Lengan Atas Dengan 5 Gerakan Latihan Ini!

Cara Mengecilkan Lengan Atas Dengan 5 Gerakan Latihan Ini!

Memiliki lengan besar mungkin banyak membuat sebagian Ibu tidak pede, bagaimanakah cara mengecilkan lengan atas wanita?

Semua wanita pasti berharap memiliki penampilan menarik dengan berat badan ideal dan bentuk badan yang pas. Namun, tak jarang lemak membandel menumpuk di badan seperti di bagian lengan atas.

Lengan atas yang besar dan berlemak sejatinya adalah lemak yang menumpuk ditambah dengan otot lengan atas yang kurang baik. Ada banyak cara mengecilkan lengan bergelambir yang dapat Ibu lakukan.

Lengan atas adalah bagian tubuh yang paling banyak dikeluhkan karena lengan atas yang bergelambir kerap membuat Ibu kurang merasa percaya diri sehingga banyak Ibu yang mencari tahu bagaimana cara mengecilkan lengan secara alami.

Cara mengecilkan lengan atas wanita paling tepat adalah dengan cara menjaga pola makan, hidup sehat dan olahraga otot. Tidak ada satu gerakan tunggal yang menjadi cara mengecilkan lengan bergelambir. Kombinasi latihan kekuatan dan kardio akan membentuk lengan atas menjadi lebih kencang beserta menghilangkan lemak berlebih.

Jangan tergiur dengan tawaran cara mengecilkan lengan atas wanita secara instan, karena tidak ada cara instan untuk mendapatkan lengan atas yang ideal. Olahraga yang konsisten, pola makan yang tepat, serta gaya hidup yang baik adalah kunci cara mengecilkan lengan secara alami. 

Ada beberapa gerakan yang merupakan cara mengecilkan lengan atas dengan baik. Apa sajakah?

1. Triceps kickback

Salah satu gerakan latihan yang termasuk cara mengecilkan lengan secara alami adalah melatih otot trisep dengan gerakan mendayung. Ibu dapat berpegangan pada lemari atau permukaan lainnya sebagai penyangga saat membungkuk. 

Untuk melatih lengan kanan Ibu, sangga lutut kiri di bangku sembari dilipat 90 derajat dari pinggul. Jika sedang melatih tangan kiri, maka sangga lutut kanan.

Dukung kekuatan tangan Ibu dengan menggunakan bangku sehingga tubuh Ibu memiliki posisi menghadap horizontal ke lantai.

Pegang beban di tangan kiri dan siku tetap terselip atau menempel pada tubuh Ibu. Luruskan lengan hingga sejajar dengan tubuh Ibu. Jangan lupa untuk tetap mempertahankan siku Ibu dan turunkan tangan Ibu kembali ke posisi awal untuk melakukan repetisi.

2. Triceps dips

Sumber: youtube.com

Posisi latihan ini merupakan salah satu cara mengecilkan lengan bergelambir. Latihan ini akan membantu Ibu dalam membakar lemak dan membentuk otot di bagian trisep atau lengan belakang. Bagian trisep rawan sebagai area penumpukan lemak. 

Ibu dapat melakukan triceps dips tanpa menggunakan peralatan apapun. Perhatikan cara mengecilkan lengan atas dengan melakukan triceps dips pada langkah-langkah di bawah ini:

  • Posisi duduk di lantai, letakkan kedua telapak tangan berada di posisi belakang tubuh untuk bersiap melakukan gerakan naik dan turun
  • Kondisikan kaki dalam posisi lurus atau tertekuk sesuai dengan kenyamanan
  • Dorong kedua telapak tangan hingga mengangkat tubuh ke atas, lemaskan untuk kembali ke posisi semula.
  • Lakukan gerakan naik turun ini dalam beberapa set dan repetisi.

3. Lateral plank walk

Sumber: youtube.com

Cara mengecilkan lengan atas berikutnya adalah dengan melakukan gerakan lateral plank wall. Gerakan ini akan mengencangkan otot-otot dan meluruhkan lemak yang menumpuk pada lengan. Gerakan ini merupakan variasi gerakan plank. Gerakan cara mengecilkan lengan atas ini cukup menantang karena akan memberikan banyak tekanan pada lengan sekaligus melatih otot core.

Ibu dapat melakukan lateral plank walk dengan langkah sebagai berikut:

  • Melakukan posisi plank dengan bertumpu pada telapak tangan dan ujung jari kaki
  • Menyilangkan tangan sambil membuka kaki untuk bergerak ke samping. Sebagai contoh, jika tangan kiri bergerak menyilang, maka kaki kanan akan membuka
  • Rapatkan kaki kembali dengan menggerakkan kaki kanan dan gerakan tangan kiri keluar dari posisi menyilang untuk mengembalikannya ke posisi semula
  • Ulangi gerakan pada sisi lainnya sesuai repetisi dan set yang diinginkan

4. Biceps curls

Cara mengecilkan lengan atas salah satunya dengan melakukan biceps curl. Dengan gerakan ini, Ibu melatih pembentukan otot lengan atas bagian depan. Pastikan Ibu memiliki sepasang barbel.

Pegang beban atau bar dengan pegangan di bawah, telapak tangan menghadap ke depan dan biarkan beban bertumpu pada bagian atas paha.

Fokuslah untuk menjaga otot inti Ibu agar tetap kencang dan core tetap tegak. Pastikan saat mengangkat barbel, batang tubuh tidak bergerak dan bergoyang ke belakang.

5. Push up

Push up adalah latihan yang dapat membentuk otot perut dan dada. Selain itu, gerakan push up juga merupakan cara mengecilkan lengan atas karena juga melibatkan otot trisep. 

Push up dapat dilakukan tanpa menggunakan peralatan tambahan. Tidak semua orang dapat melakukan push up. Jika ingin melatihnya, Ibu dapat melakukan push up dengan cara bertolak di dinding. Perlahan, sudut posisi badan saat push up diperbesar. Sebagai contoh, jika sebelumnya Ibu mampu push up di dinding, tahap berikutnya adalah Ibu melakukan push up dengan tumpuan di atas sofa. Setelah itu bisa melalui push up lutut hingga push up dengan kaki menegang dengan tumpuan ujung jari kaki.

Lakukan 3 set setiap hari dengan 10 repetisi atau pengulangan setiap set untuk mendapatkan hasil terbaik. Pastikan gerakan push up yang dilakukan benar, bukan hanya mengejar repetisi tapi gerakannya tidak sempurna.

Ibu memiliki lengan atas yang berlemak? Jangan khawatir. Dengan memiliki pola makan yang baik, gaya hidup baik, tidur yang cukup, Ibu juga dapat melatih otot lengan atas Ibu dengan 5 gerakan cara mengecilkan lengan atas yang sudah disebutkan. Selamat tinggal lengan atas berlemak!

Editor: Dwi Ratih