Keluarga

Cara Menghidrasi Kulit Wajah Agar Terjaga Kelembapannya

Cara Menghidrasi Kulit Wajah Agar Terjaga Kelembapannya

Siapa sih yang nggak mau punya kulit mulus dan glowing? Tentunya ini merupakan dambaan setiap wanita ya Bu. Sayangnya nggak semua wanita dianugerahi kulit yang mulus ketika dewasa.

Ada saja kendala yang mungkin mereka harus hadapi misalnya saja kulit berjerawat atau kulit kering. Apalagi jika kamu seringkali bepergian ke luar rumah dengan menggunakan motor, bisa jadi mengakibatkan pori-pori kulit tersumbat sehingga kulit menjadi lebih kering dan kusam.

Salah satu cara untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan cara menghidrasi kulit wajah agar tetap terjaga kelembapannya. Apalagi kulit wajah yang kering dapat mengakibatkan berbagai macam masalah.

Misalnya saja, kulit bisa mengelupas, gatal, rentan mengalami keriput lebih cepat, eksim dan psoriasis. Tentu kita nggak mau mengalami kondisi seperti itu kan? Untuk itu, menghidrasi kulit penting dilakukan setiap hari.

Lalu bagaimana sih cara menghidrasi kulit wajah yang benar? Yuk simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini.

Pentingnya menjaga hidrasi kulit wajah


Wajah merupakan bagian tubuh yang paling  penting dijaga kelembapannya. Apalagi kulit wajah sangat tipis tidak seperti bagian tubuh lainnya, sehingga rentan mengalami berbagai masalah.

Karenanya penting untuk menghidrasi kulit wajah setiap hari ya Bu. Tujuannya agar kulit lebih sehat, segar dan agar produksi minyak di wajah bisa terkontrol dengan baik sehingga tak menimbulkan jerawat.

Melansir Healthline seorang dokter kulit dari NYC dermatologist Dr. Judith Hellman  mengatakan bahwa sayangnya banyak orang sering mengabaikan masalah ini. Padahal di usia 30 tahun ke atas, menghidrasi kulit wajah merupakan hal penting yang harus dilakukan agar kulit tetap lembab dan menghindari tanda penuaan dini seperti keriput.

Untuk itu Dr. Judith menyarankan agar para wanita paham mengenai hal ini. Karena sebenarnya cara menghidrasi kulit wajah juga cukup mudah, kamu cukup menggunakan pelembab wajah yang tepat setiap hari sesuai dengan jenis kulitmu.

Selain itu, kamu juga bisa perbaiki nutrisi dengan mengonsumsi makanan sehat; sayur dan buah setiap hari. Serta mencukupi kebutuhan air tubuh kurang lebih sebanyak 8 gelas sehari.

Cara menghidrasi kulit wajah agar tetap lembap


Selain menggunakan pelembab wajah dan mengoreksi nutrisi, ternyata ada beberapa cara lain yang mungkin bisa kamu lakukan agar kulit wajah tetap terhidrasi dengan baik ya Bu. Melansir Mind Body Green berikut adalah beberapa cara menghidrasi kulit wajah yang bisa kamu lakukan di rumah:

  • Menggunakan humidifier di rumah

Humidifier merupakan alat yang berguna untuk menjaga kelembapan udara di dalam ruangan dengan cara menyebarkan partikel air kembali ke udara sebanyak 40-50%. Humidifier yang di pakai di dalam rumah atau ruangan dapat membuat kulit tubuh dan wajah menjadi lebih lembab. 

Tapi pastikan menggunakan merek humidifier yang tepat agar tetap bisa berguna bagi kesehatan kulitmu ya Bu.

  • Cukupi kebutuhan air di dalam tubuh

Sebanyak 70% komponen dalam tubuh kita keseluruhannya berisi air. Untuk itu, mencukupi kebutuhan air tubuh merupakan hal penting dilakukan setiap hari ya Bu.

Hal ini pun menjadi salah satu cara menghidrasi kulit wajah yang bisa dilakukan dengan mudah di rumah. Cukupi kebutuhan cairan dengan konsumsi air putih sebanyak 8 gelas sehari ya.

  • Diet seimbang

Diet seimbang adalah salah satu cara menghidrasi kulit yang cukup mudah dilakukan. Jaga pola makan dan perbanyak konsumsi sayur dan buah yang mengandung antioksidan tinggi.

Lalu seimbangkan dengan berolahraga teratur setiap hari. Olahraga juga bisa membantu kulit tetap kencang dan terjaga kelembapannya.

  • Gunakan serum humektan

Serum dengan jenis humektan mungkin lebih dikenal dengan istilah water based moisturizer. Humektan adalah zat yang fungsinya menarik air supaya kulit tidak dehidrasi.

Dengan kata lain serum jenis ini menjaga kelambapan kulit wajah agar tidak mudah kering akibat polusi udara dan aktivitas sehari-hari. Humektan juga merupakan zat yang dapat membuat kulit lebih kenyal dan tampak lebih segar.

  • Gunakan serum hydrating yang ringan secara berlapis

Serum hydrating mungkin lebih akrab dengan sebutan essence toner. Fungsinya bisa membersihkan wajah dan membantu memutihkan kulit yang kasar serta kusam.

Sebaiknya gunakan toner dengan komposisi ringan secara berlapis guna memberikan kelembapan dan menutrisi kulit lebih terserap dengan baik. Setelahnya aplikasikan pelembab wajah yang cocok dengan jenis kulitmu.

  • Selalu gunakan sunscreen atau tabir surya

Nah, salah satu cara menghidrasi kulit wajah agar kelembapannya tetap terjaga adalah dengan selalu menggunakan sunscreen setelah menggunakan pelembab. Sunscreen punya fungsi melindungi kulit dari sengatan sinar matahari langsung.

Sehingga dampak penuaan dini pun bisa dicegah dengan baik. Tapi kan seharian hanya berada di dalam ruangan saja, apakah masih perlu menggunakan sunscreen? Yup, sunscreen penting digunakan setiap hati meskipun kamu berada di dalam ruangan seharian ya Bu!

  • Hindari serum eksfoliasi secara berlebihan

Alih-alih ingin bekas jerawat kembali mulus, namun kita tetap perlu berhati-hati karena ada beberapa bahan aktif yang tidak boleh digunakan secara berlebihan. Salah satu serum eksfoliasi yang sering digunakan berlebihan biasanya mengandung retinol dan serum dengan asam yang justru akan mengikis kelembapan kulit.

Penggunaan terlalu banyak juga dapat mengeksfoliasi kulit sehingga kulit jadi makin kering dan rentan iritasi. Sebaiknya gunakan serum eksfoliasi secukupnya dan setipis mungkin ya Bu.

  • Gunakan krim malam

Tahukah kamu, ternyata proses regenerasi kulit baru bekerja di malam hari? Untuk membantu proses tersebut, maka penting untuk menggunakan krim malam setiap hari agar kulit dapat terhidrasi dengan baik. Selain itu, penggunaan krim malam secara rutin juga dapat membuat wajah lebih cerah dan bercahaya lho!

Nah, itu tadi adalah cara menghidrasi kulit wajah yang bisa kamu lakukan di rumah. Kalau kamu sudah pernah coba yang mana nih Bu?

Editor: Dwi Ratih