Keluarga

15 Cara Menghilangkan Kantung Mata dari Operasi Hingga Alami

15 Cara Menghilangkan Kantung Mata dari Operasi Hingga Alami

Cara menghilangkan kantung mata secara alami dengan cepat dapat dilakukan sendiri di rumah lho. 

Bila tidak ada banyak waktu untuk mendatangi Salon atau perawatan kecantikan, masih ada banyak cara menghilangkan kantung mata bawah yang cukup mengganggu. 

Beberapa orang menyebutkan kantung mata bawah berwarna gelap ini seakan-akan kita memiliki mata panda. 

Melansir dari laman Mayo Clinic, adanya kantung di bawah mata atau semacam pembengkakan ringan ini sangat umum terjadi karena usia seseorang yang semakin bertambah. 

Ketika usia bertambah, salah satu hal yang paling banyak dicari oleh para wanita adalah bagaimana cara menghilangkan kantung mata yang cukup membandel ini. 

Adanya kantung mata pada kondisi wajah seseorang cukup beragam, ada yang terlihat samar dan berwarna gelap saja. 

Namun ada juga yang disertai dengan pembengkakan akibat jaringan atau otot yang menopang kelopak mata melemah atau bisa juga karena terdapat cairan yang menumpuk di kelopak mata bagian bawah sehingga terjadi pembengkakan ringan. 

Seringnya, mata panda atau kantung mata yang ada pada wajah seseorang hanya merupakan masalah kosmetik dan jarang menjadi masalah yang sangat serius. 

Gejala yang sering dialami adalah adanya pembengkakan ringan pada bawah mata, kulit yang mengendur, hingga muncul warna hitam pada area mata terutama di bagian bawah. 

Beberapa cara menghilangkan kantung mata pun telah banyak dibeberkan oleh para ahli kecantikan dari mulai mengompresnya hingga melakukan operasi pada kelopak mata.

Penyebab Munculnya Kantung Mata

Banyak tenaga medis atau dokter yang mengatakan bahwa ini bukanlah masalah serius, namun bila ternyata ditemukan ada masalah serius, dokter akan langsung merujuk pada dokter spesialis mata, bedah plastic, ataupun ahli bedah okuloplastik. 

Melansir dari laman Mayo Clinic, penyebab munculnya kantung mata sangat beragam seperti: adanya retensi cairan yang biasanya terlihat saat setelah bangun tidur atau setelah mengkonsumsi makanan asin, mengalami kualitas tidur yang buruk, memiliki sejumlah alergi, akibat merokok, hingga faktor keturunan. 

Beberapa orang bisa jadi sangat terganggu dengan hal ini sehingga berusaha untuk menemukan cara menghilangkan kantung mata bawah. 

Namun beberapa di antaranya merasa ini bukanlah hal yang mengganggu sehingga cara menghilangkan kantung mata secara alami dengan cepat adalah pilihan terbaiknya.

Cara Menghilangkan Kantung Mata Bawah


Mengutip dari laman Mayo Clinic, cara menghilangkan kantung mata secara alami dengan cepat tersedia, namun bagi mereka yang membutuhkan tindakan operasi atau bedah kosmetik pun tetap tersedia. 

Sebelum memutuskan cara menghilangkan kantung mata bawah yang tepat, ada baiknya kenali terlebih dahulu penyebab munculnya kantung mata tersebut. 

Bila disebabkan karena alergi, maka dokter akan memberi resep khusus berupa obat-obatan yang tepat. Namun selain itu, cara menghilangkan kantung mata bawah ini juga biasa diterapkan:

1. Melakukan Sejumlah Terapi atau Perawatan

Cara menghilangkan kantung mata bawah melalui terapi biasanya dilakukan oleh dokter kecantikan di sebuah klinik meskipun beberapa rumah sakit juga telah menyediakan layanan ini. 

Ibu bisa mengecek terlebih dahulu apakah rumah sakit pilihan Ibu menyediakan sejumlah terapi sebagai salah satu cara menghilangkan kantung mata bawah atau tidak.

Terapi yang dilakukan biasanya adalah terapi perawatan kerutan dengan menggunakan laser, peeling, filler, proses pengencangan kulit, hingga peremajaan kulit. 

Tentu saja serangkaian ini bukanlah cara menghilangkan kantung mata secara alami dengan cepat karena sejumlah perawatan ini menggunakan berbagai macam alat canggih hingga obat-obatan kimia yang akan diberikan pada wajah Ibu nantinya. 

Apakah aman? Tentu saja aman bila dilakukan di klinik resmi dan terdaftar ya.

2. Melakukan Operasi Kelopak Mata (Blepharoplasty)

Cara menghilangkan kantung mata dengan melakukan operasi kelopak mata atau proses blepharoplasty merupakan alternatif lain yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kondisi kantung mata Ibu. 

Proses blepharoplasty sendiri merupakan sebuah proses yang dilakukan oleh dokter ahli bedah dengan cara menghilangkan kelebihan lemak melalui sayatan di lipatan alami kelopak mata atas atau di dalam kelopan mata bawah yang kemudian digabungkan kembali dengan kulit melalui jahitan kecil. 

Blepharoplasty juga tak hanya digunakan sebagai cara menghilangkan kantung mata bawah saja namun juga sering kali dilakukan untuk memperbaiki kelopak mata atas yang bengkak, memperbaiki kelebihan kulit kelopak mata atas yang mengganggu penglihatan, kelopak mata bawah yang turun, hingga kelebihan kulit di kelopak mata bawah. 

Operasi kelopak mata ini memang aman bila dilakukan dengan ahli bedah yang tepat, namun bukan berarti tanpa sejumlah resiko. 

Beberapa resiko yang dapat muncul setelah operasi adalah mata kering, mata berair, mengalami nyeri, mata bengkak, memar, penglihatan kabur, hingga yang terparah seperti kehilangan penglihatan, terjadi pendarahan, infeksi, dan masih banyak lagi. 

Sebaiknya konsultasikan dulu kepada dokter apakah cara menghilangkan kantung mata bawah dengan operasi kelopak mata diperlukan?

3. Mengompres dengan Air Dingin


Bila kedua cara diatas dinggap esktrim dan sedikit membuat takut Ibu, maka cara menghilangkan kantung mata secara alami dengan cepat serta teratur masih dapat dilakukan kok. 

Salah satunya adalah mengompres mata dengan air dingin. Gunakan waslap atau kain bersih yang sudah direndam dengan air dingin, kemudia peras sedikit lalu taruh pada kantung bawah mata atau menutupi seluruh mata. 

Diamkan beberapa menit dan tekan-tekan perlahan. Selain menggunakan waslap, Ibu juga bisa menggunakan kapas bersih untuk mengompress mata ya.

4. Perhatikan Cairan dan Bahan Makanan yang Dikonsumsi

Melansir dari laman Mayo Clinic, ada baiknya Ibu mengurangi konsumsi cairan yang terlalu banyak sebelum tidur. Selain itu, Ibu juga disarankan untuk mengurangi penggunaan garam setiap harinya. 

Bila kedua hal ini dilakukan, maka retensi cairan penyebab kantung mata atau mata panda dapat berkurang. Cara menghilangkan kantung mata bawah ini ternyata cukup berguna dan bermanfaat lho.

5. Hindari Kebiasaan Merokok

Sudah saatnya untuk berhenti merokok dan beralih pada gaya hidup yang lebih sehat. Terlalu banyak merokok atau melakukan gaya hidup yang tidak sehat dapat memperparah masalah kantung mata bagian bawah Ibu nantinya. 

Cara menghilangkan kantung mata seperti berhenti merokok tak hanya efektif namun juga membuat kualitas hidup seseorang menjadi lebih baik.

6. Stop Konsumsi Alkohol dan Mulai Minum Air Putih

Mengkonsumsi alkohol sebenarnya tidak disarankan karena akan membuat kulitas diri menurun. Tak hanya secara psikologis, namun kesehatan fisik juga mudah terganggu bila terus menerus harus kecanduan mengkonsumsi alkohol. 

Selain stop merokok, cara menghilangkan kantung mata lainnya adalah dengan mulai berhenti atau membatasi konsumsi alkohol dan menggantinya dengan konsumsi air yang cukup supaya tubuh atau kulit terhidrasi dengan baik.

7. Memiliki Kualitas Tidur yang Baik


Cara menghilangkan kantung mata berikutnya adalah memperbaiki kualitas tidur Ibu. Tak dapat dipungkiri, semakin dewasa seseorang maka semakin susah memiliki kualitas tidur yang cukup baik. 

Ibu disarankan untuk tidur yang cukup yaitu tujuh hingga Sembilan jam supaya kondisi kantung mata Ibu dapat segera pulih kembali. Selain itu, membenarkan posisi tidur seperti tidur dengan kepala sedikit terangkat juga dapat menjadi cara menghilangkan kantung mata yang ampuh. 

Tidur dengan kepala sedikit terangkat dapat membantu mencegah cairan berkumpul di sekitar mata saat sedang tidur. Bila ini dilakukan, maka lingkaran hitam pada sekitar matapun juga tampak memudar keesokan harinya.

8. Berolahraga Rutin

Olahraga diketahui dapat membantu tubuh terasa fit dan segar, selain itu racun-racun yang ada pada tubuh juga turut keluar bersama dengan keringat. Kantung mata yang mulai muncul dapat disebabkan karena gaya hidup yang tidak sehat, salah satunya adalah melupakan olahraga sebagai bagian dari kehidupan kita. 

Rutin berolahraga apapun pilihan olahraganya dapat menjadi cara menghilangkan kantung mata bawah dengan cepat serta alami.

9. Hindari Pemicu Alergi

Beberapa kasus mengungkapkan bahwa kantung mata muncul karena adanya alergi pada tubuh seseorang. Bila sudah tahu Ibu mengalami alergi pada satu hal, maka cara menghilangkan kantung mata yang tepat adalah dengan menghindari pemicu alergi yang mungkin muncul. 

Bila terpaksa sudah terpapar pada pemicu alergi, Ibu bisa segera mengkonsumsi obat yang biasa diberikan dokter atau langsung berkunjung ke dokter untuk melakukan konsultasi. 

Alergi yang muncul bisa dari banyak hal seperti makanan, pewarna rambut, sabun, kosmetik, dan masih banyak lagi.

10. Gunakan Concealer atau Foundation

Cara menghilangkan kantung mata yang satu ini memang sudah sering dilakukan dan terbilang dapat menghilangkan kantung mata secara instan meskipun tak dipungkiri kantung mata akan tetap ada. 

Menggunakan concealer atau foundation dapat menjadi cara paling jitu bila harus buru-buru menutupi kantung mata yang ada. Ingat ya, ini tidak akan mengobati kantung mata, namun hanya menyamarkan sesaat. Pilihkan concealer atau foundation yang cocok untuk kulit Ibu supaya tidak menimbulkan masalah kulit lainnya ya.


11. Rutin Membersihkan Wajah

Bila Ibu senang menggunakan make up atau harus selalu menggunakan make up saat keluar rumah, maka ada baiknya tetap menjaga kebersihan wajah terutama bagian mata. 

Riasan pada mata harus terhapus dengan bersih sebelum kita mulai tidur supaya kulit pada area sekitar mata tetap terjaga dengan baik.

12. Mengkompres dengan Timun

Melansir dari laman Hello Sehat, ternyata mengkompres mata dengan timun cukup bermanfaat dan dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata. 

Timun mengandung vitamin C dan asam folat yang tinggi sehingga dapat membantu merangsang antioksidan pada kulit untuk menghalau racun yang sering kali menyebabkan mata bengkak, mata lelah, atau mata panda. 

Timun juga punya kandungan air yang cukup tinggi sehingga dapat menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata secara alami dengan cepat. Cara menggunakannya pun sangat mudah, cuci bersih dulu timun yang akan digunakan, potong bentuk bulat, kemudian taruh potongan timun hingga menutupi kedua mata selama 15 menit. 

Beberapa orang menggunakan timun yang dingin untuk membuat mata merasa lebih rileks dan tenang.

13. Mulai Menggunakan Eye Cream

Mencegah lebih baik daripada mengobati, bila belum muncul kantung mata maka ada baiknya Ibu mulai mempertimbangkan menggunakan eye cream supaya kesehatan kulit sekitar mata tetap terjaga. 

Eye cream juga berfungsi mengurangi tanda-tanda penuaan dini, selain itu penggunaan eye cream juga digadang-gadang menjadi salah satu cara menghilangkan kantung mata yang mulai muncul.

14. Mengkonsumsi Makanan Kaya Kolagen

Kolagen merupakan protein yang paling banyak terkandung dalam tubuh kita. Mengkonsumsi kolagen atau protein yang cukup ternyata cukup ampuh sebagai cara menghilangkan kantung mata karena kolagen dapat berperan sebagai pemberi kekuatan dan elastisitas pada kulit. 

Beberapa contoh buah-buahan yang mengandung kolagen dan lezat saat dikonsumsi adalah jambu biji, alpukat, keluarga jeruk, dan aneka buah berry.

15. Hindari Kelelahan dan Istirahat Cukup

Kelelahan merupakan salah satu factor pemicu munculnya kantung mata dari yang bengkak hingga hitam. Ibu disarankan untuk tidak terlalu lelah, mengenali batasan diri, dan mengenali kapan waktunya untuk melakukan istirahat yang cukup. 

Jangan anggap sepele karena ini merupakan cara menghilangkan kantung mata secara alami dengan cepat. Ubah pola hidup dan ucapkan selamat tinggal pada kantung mata hitam!

Editor: Dwi Ratih