Keluarga

Cerdas Kelola Keuangan dan Gesit Raih Peluang, Yuk Jadi Financially-Savvy Mothers!

Cerdas Kelola Keuangan dan Gesit Raih Peluang, Yuk Jadi Financially-Savvy Mothers!

Menjalankan peran sebagai istri sekaligus Ibu tentu bukan hal mudah. Ada berbagai tantangan yang tak jarang bikin pusing kepala. Mulai dari mikirin sekolah anak, beberes rumah, hingga mengelola budget bulanan. Apalagi jika Ibu memilih untuk bekerja, wah harus pintar-pintar nih menemukan work-life balance.

Tentu pekerjaan rumah serta urusan anak bukan sepenuhnya tugas Ibu, pasangan juga perlu ikut andil. Namun, tak bisa dipungkiri, peran Ibu dalam keluarga amatlah besar dan layak diapresiasi! Nah, salah satu cara merayakannya adalah dengan terus menggali potensi diri Ibu dengan ilmu bermanfaat agar makin jago urus ini-itu!

Di momen Hari Ibu (22/12/2022) lalu, Ibumin bersama komunitas Ibupedia diundang oleh SeaBank Indonesia untuk menghadiri hybrid webinar berjudul “Becoming Financially-Savvy Mothers through Digital Empowerment” dengan pembicara Aliyah Natasya selaku Financial Educator & CFP.

Melalui acara ini, para Ibu diajarkan kiat-kiat mengatur keuangan dalam keluarga, terutama cara cerdas menabung. Paparan dari Aliyah Natasya yang jelas dan ringkas tak hanya sekedar teori namun mudah diaplikasikan. Ibumin pun banyak mendapatkan insight menarik soal cara menabung biar makin untung hihi..

Acara berlangsung santai dan hangat, para Ibu  antusias bertanya tentang tips atur keuangan. Menurut Aliyah Natasya, hal terpenting dalam mengatur keuangan adalah mengobrol dengan pasangan terkait apa yang perlu disiapkan, bagaimana berbagi peran, dan apa ekspektasi masing-masing terhadap keuangan keluarga. 

Memiliki pasangan yang kooperatif juga tak kalah penting nih, terutama soal komunikasi dan keinginan menabung bersama untuk masa depan. Punya goal jangka pendek maupun jangka panjang juga amat membantu dalam mengatur keuangan keluarga tak terkecuali soal investasi.

Nah, sebelum memilih instrumen investasi atau platform untuk menabung, Ibu juga perlu mempertimbangkan dengan seksama keuntungan yang bisa didapatkan nantinya. Sebab, memilih platform yang tepat adalah hal esensial agar bisa menabung lebih banyak. 

Di acara SeaBank ini, para Ibu diperkenalkan juga dengan beragam fasilitas dan layanan  perbankan SeaBank yang memudahkan para Ibu mengatur keuangan. Ibu bisa menabung dan mendapatkan bunga hingga 7% (bunga tabungan 5% yang cair setiap hari dan bunga deposito 7% yang cair setiap bulan). Menariknya lagi, ada fasilitas gratis transfer 100 kali dalam sebulan ke mana saja. Fitur ini mendapatkan apresiasi tinggi dari para Ibu yang hadir di acara kemarin. 

Melalui acara tersebut, para Ibu juga diajarkan bahwa tidak ada salahnya memberikan self-reward dalam bentuk barang, perawatan tubuh, atau yang lainnya karena Ibu yang bahagia akan melahirkan keluarga dan lingkungan yang bahagia pula. Narasumber menjelaskan bahwa self-reward juga sama pentingnya seperti menabung, asalkan sudah menentukan alokasi pemasukan.

“Pokoknya Ibu-Ibu semangat ya, ingat ya untuk yang pertama be confident and be clear dengan tujuannya dalam mengatur keuangan dan apa saja yang dibutuhkan. Dengan kedua hal ini, yuk kita sama-sama menuju cuan bersama”, tutup Aliyah Natasya.

Selamat Hari Ibu untuk para Ibu-Ibu hebat di Indonesia, yuk atur keuangan dan menabung lebih giat agar bisa menjadi financially-savvy mothers

PT Bank Seabank Indonesia berizin dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) serta merupakan bank peserta penjaminan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).


(Yusrina Pradipta)