Keluarga

Ingin Melahirkan dengan Nyaman? Ini Daftar RSIA Bandung

Ingin Melahirkan dengan Nyaman? Ini Daftar RSIA Bandung

Bagi Ibu yang berdomisili di kota kembang, jangan khawatir karena banyak daftar RSIA Bandung yang memiliki fasilitas lengkap didukung dengan para dokter yang terkualifikasi tinggi. 

Dengan adanya daftar RSIA Bandung ini, Ibu bisa memilih RSIA pilihan Ibu yang berlokasi tidak terlalu jauh dari tempat tinggal.

Banyak Ibu yang lebih memilih melahirkan dan berkonsultasi di RSIA ketimbang rumah sakit umum karena RSIA biasanya lebih fokus terhadap Ibu dan Anak serta dalam perawatannya tidak dipisahkan antara Ibu dan anak.

Seperti yang dilansir dari Pregnancy Birth Baby, melahirkan di RSIA bisa membuat Ibu lebih nyaman karena akan terasa lebih dekat dengan bidan atau sosok lainnya yang akan membantu proses melahirkan sehingga Ibu pun akan lebih tenang.

Preferensi Ibu saat memilih RSIA biasanya berdasarkan dokter favorit yang praktek. 

Selain itu, Ibu juga harus mempertimbangkan RSIA tersebut memiliki fasilitas lengkap bersalin dan untuk kebutuhan si kecil seperti USD 3D, USD 4D, konselor laktasi, Neonatal intensive Care Unit (NICU), dan Pediatric Intensive Care Unit (PICU).

Simak daftar RSIA Bandung yang dapat menjadi referensi Ibu dalam memilih RSIA.

1. RS Hermina Pasteur

Alamat: Jalan Dr. Djunjunan No. 107, Pasteur, Kota Bandung

Telp: (022) 607 2525, 1500 488

Daftar RSIA Bandung favorit pertama adalah RS Hermina Pasteur yang mulai berdiri dan beroperasi sejak tahun 2004. Rumah sakit ini mengkhususkan diri dalam bidang pelayanan kebidanan, kandungan, kesehatan anak, dan unit-unit spesialis lain yang mendukung kesehatan Ibu dan anak.

Fasilitas yang disediakan oleh RS Hermina Pasteur juga cukup lengkap, mulai dari klinik fetomaternal, klinik perina, ICU/NICU, dan PICU.

Selain itu, RS Hermina Pasteur juga menawarkan terapi bobath yang merupakan penanganan pasien dengan disfungsi motorik, sensorik, persepsi, dan kognitif akibat kelainan saraf.

2. RSKIA Harapan Bunda

Alamat: Jalan Pluto Raya Blok C, Margahayu Raya, Bandung

Telp: (022) 750 6490

RSKIA Harapan Bunda menjadi daftar RSIA Bandung yang bisa menjadi pilihan Ibu yang tinggal di sekitar area Margahayu. 

Rumah sakit ini mengklaim dirinya sebagai rumah sakit pro kelahiran normal dan menyediakan fasilitas ILA atau Intrathecal Labor Analgesia. ILA merupakan salah satu metode induksi persalinan dengan cara menyuntikkan obat bius ke pasien saat persalinan dengan pembukaan 4 atau lebih.

Beberapa dokter kandungan terkenal praktik di Rumah Sakit ini seperti dr. Mulyanusa A.R, SpOG(K)MKes, dr. Arief Tribawono, SpOG, dan dr. Rima Yulia, SpOG(K)MKes.

Pelayanan dan fasilitasnya juga cukup lengkap seperti USD 3D, USG 4D, hamil, prenatal yoga, dan pijat bayi.

3. RSIA Limijati

Alamat: Jalan L.L.R.E Martadinata (Riau) nomor 39, Bandung

Telp: 022 420 7770 atau 022 8428 1333

RSIA Limijati adalah salah satu daftar RSIA Bandung yang menjadi favorit para Ibu di kota kembang. Rumah sakit ini menyediakan program fertilitas bernama Bandung Fertility Center yang bisa dikunjungi oleh Ibu dan pasangan jika berniat melakukan program kehamilan.

Sebelum menjadi salah satu daftar RSIA Bandung yang favorit, tahukah kamu kalau dulunya RSIA Limijati merupakan klinik bersalin? Sekarang rumah sakit ini merupakan rumah sakit Ibu dan anak tipe B milik swasta yang berada di Kota Bandung.

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, antara lain PICU, ICU, dan NICU. Ruang perawatan pun juga bervariasi mulai dari kelas III hingga Super VIP.

4. RS Hermina Arcamanik

Alamat: Jalan A.H Nasution No. 50, Antapani, Bandung

Telp: (022) 8724 2525

RS Hermina memiliki banyak cabang di seluruh Indonesia. Selain cabang Pasteur, ada juga RS Hermina Arcamanik sebagai salah satu daftar RSIA Bandung yang favorit. Rumah sakit ini sudah mulai beroperasi sejak tahun 2010 dengan banyak lima lantai.

Fasilitas yang disediakan cukup lengkap, mulai dari PICU, ICU/NICU, dan fasilitas penunjang lain seperti CT Scan, hemodialisis, EKG, serta klinik tumbuh kembang.

5. Bumi Sehat Bahagia Bidan Farida

Alamat: l Sukamulya III RT 6 RW 9, Suka Asih, Kopo, Kota Bandung 40231

Telp: 085794732979

Meskipun bukan RSIA, namun Bumi Sehat Bahagia Bidan Farida juga masuk ke dalam daftar RSIA Bandung karena kinik ini menjadi favorit banyak ibu di Bandung.

Bidan Fahira beserta bidan lainnya mendukung proses kelahiran normal dengan metode gentle birth. Tidak hanya itu, klinik ini juga bisa memfasilitasi jika Ibu berminat lahiran dengan menggunakan metode water birth.

Fasilitas yang ditawarkan juga cukup mumpuni seperti foto bayi, luluran setelah melahirkan, USG 4D, baby spa, hingga aromaterapi agar Ibu lebih rileks. Untuk pilihan kamar juga tersedia mulai dari kelas 2 hingga VIP.

6. Klinik Bersalin Bumi Ambu

Alamat: Permata Inten I No 30, Cisaranten Kulon, Kecamatan Arcamanik, Kota Bandung 40293

Telp: 082126122500

Klinik bersalin berikutnya yang masuk ke daftar RSIA Bandung adalah Klinik Bersalin Bumi Ambu. Kabarnya, tidak semua pasien yang bisa melahirkan di klinik bersalin ini karena pasien juga harus bisa menyelesaikan “pekerjaan rumah” dari para bidan. 

Pekerjaan rumah tersebut berupa ikhtiar untuk melahirkan secara gentle birth. Jika Ibu berminat melakukan proses delayed crop clamping (penundaan pemotongan tali pusat), klinik bersalin ini dapat memfasilitasi.

Klinik Bersalin Bumi Ambu menyediakan lingkungan melahirkan yang homey.

Itulah berapa rekomendasi daftar RSIA Bandung favorit para ibu.

Editor: Dwi Ratih