Keluarga

Daur Ulang Botol Plastik Dijadikan Baju Anak, Amankah?

Daur Ulang Botol Plastik Dijadikan Baju Anak, Amankah?

Botol plastik merupakan bahan bekas pakai yang tergolong limbah bagi sebagian orang. Bahkan limbah botol plastik menjadi salah satu limbah yang sulit terurai dan menumpuk di belahan dunia manapun.

Namun kini, seiring dengan perkembangan zaman daur ulang botol plastik pun menjadi trend yang cukup populer. 

Daur ulang botol plastik bisa dijadikan berbagai macam barang yang lebih berguna, mulai dari pot bunga, pajangan bahkan menjadi salah satu bahan polyester daur ulang untuk baju anak.

Seperti yang dilakukan oleh brand H&M yang berkolaborasi dengan Danone Aqua dalam proyek #Bottle2Fashion. Yup, kali dua brand tersebut mengeluarkan koleksi pakaian anak-anak yang dibuat dari daur ulang botol plastik dengan desain print dan warna yang energik.

Lalu bagaimana sih bentuk projek daur ulang botol plastik tersebut? Amankah digunakan oleh anak-anak? Simak dalam ulasan berikut ini ya Bu.

Seberapa amankah koleksi #Bottle2Fashion ini bagi anak-anak?

Koleksi #Bottle2Fashion yang merupakan kolaborasi H&M dan Danone AQUA ini memang dikhususkan bagi anak-anak dengan desain yang print yang berkualitas dan menarik. 

Tapi, karena menggunakan teknologi daur ulang botol plastik lalu amankah jika digunakan bagi si kecil dengan kulit sensitif?

Menurut Anya Sapphira, selaku Regional Sustainability Manager H&M Group Production Office, H&M Indonesia produk ini jelas aman bagi anak-anak ya Bu. Karena menggunakan bahan recycle polyster dan sudah melewati quality check sehingga aman bagi kulit si kecil.

“Kita 2030 punya goal only recycle and sustainable material untuk digunakan, artinya goal  itu akan kita capai tanpa mengurangi kualitas dan juga keamanan customer  kita. Jadi Recycle Polyester ataupun polyester apapun bentuk materialnya sudah dipastikan melewati quality check  kita yang artinya tidak bermasalah pada kulit,” jelasnya.

Tak hanya telah melewati quality check, meski terbuat dari bahan daur ulang botol plastik pembuatan baju untuk anak ini sudah sesuai dengan standar-standar yang relevan. Berawal dari plastic flakes, pallets, recycled  menjadi polyster fiber, lalu final recycled menjadi polyster fabric.

Jika dipegang bahan bajunya pun sangat lembut ya Bu. Tidak seperti baju yang dibuat dari bahan recycle, jadi kamu tak perlu khawatir soal keamanannya apabila digunakan si kecil.

Apa itu recycle polyster? 

Jika melansir Hadtex recycle polyster merupakan bahan polyster yang bisa di daur ulang dari bahan-bahan plastik. 

Recycle polyster juga sudah mulai banyak digunakan oleh para produsen pakaian di Indonesia dengan tujuan untuk mengurangi limbah sampah plastik dan meminimalisir pencemaran lingkungan.

Bahan polyester daur ulang terbuat dari botol plastik bekas yang dibuat menjadi RPET fiber dan kemudian dipintal menjadi benang. Kain yang terbuat dari polyster daur ulang merupakan bahan yang lembut dan kuat. 

Sebab biasanya pabrik melakukan daur ulang botol plastik dalam jumlah yang cukup besar setiap tahunnya. Kehadiran recycle polyster juga dianggap sebagai bahan yang sustainable dan cukup membantu dalam mengurangi sampah plastik.

Dan kini, recycle polyster resmi digunakan oleh brand terkenal H&M yang berkolaborsi dengan Danone Aqua. Jadi, dengan menggunakan produk dari kolaborasi dua brand ini Ibu juga sekaligus dapat membantu menjaga lingkungan sekitar lho!

“Kami menghadirkan koleksi busana anak-anak menggunakan materi daur ulang bahan plastik tersebut,” jelas Anya Saphirra.

Koleksi pakaian apa saja yang terdapat dalam Bottle2Fashion? 

Sebagai salah satu brand air minum terpercaya di Indonesia, Danone Aqua berkomitmen menjadi bagian dari solusi seputar sampah plastik. Dengan meluncurkan gerakan #BijakBerplastik sejak tahun 2018 lalu.

Tujuannya tak lain untuk membantu menyukseskan pemerintah Indonesia dalam mengurangi 70% sampah ke laut pada tahun 2025 mendatang. Menurut Jeffri Ricardo selaku Packaging Circularity Senior Manager Danone Aqua, H&M ternyata punya visi yang sama sehingga mereka sepakat melakukan berkolaborasi.

Koleksi pakaian yang ditawarkan oleh kedua brand ini sendiri di antaranya adalah t-shirt, hoodie, celana panjang, kaus kaki, atasan lengan panjang dan lain sebagainya. Koleksi ini juga bisa digunakan oleh anak-anak mulai dari usia 9-14 tahun dengan detail yang terinspirasi dari olahraga.

Sebut saja dengan motif seperti ombre, color block, marmer dan juga tie die. Dengan palet warna lavender, kuning, hijau limau, hitam dan abu-abu bernuansa energik dan harmonis.

Kapan produk ini di rilis? 

Kolaborasi antara H&M dan Danone Aqua ini memang terbilang cukup unik ya Bu. Melalui campaign #BijakBerplastik dua brand ini memiliki tujuan untuk mengurangi jumlah sampah plastik yang dihasilkan dan mengubah kembali dengan bahan yang ada agar lebih bermanfaat bagi sekitar.

Terlebih limbah botol plastik memang sulit terurai, sehingga dua brand ini punya ide brilian agar bisa terus berkontribusi dalam melindungi lingkungan. 

Melalui rilis yang dijelaskan secara virtual zoom pada Selasa, 18 Januari 2022 kemarin, koleksi yang dikeluarkan kali ini memang khusus bagi anak-anak dengan tujuan agar lebih stylish.

Di Indonesia sendiri produk ini sudah rilis sejak tanggal 13 Januari 2022 dan bisa di dapatkan di store-store H&M secara online maupun offline seperti berikut:

  • Seluruh store H&M Jabodetabek
  • Bandung: 23 Paskal Shopping Center
  • Surabaya: Galaxy Mall Surabaya, Tunjungan Plaza
  • Semarang: Pollux Mall Paragon Semarang
  • Yogyakarta: Hartono Mall
  • Medan: Centre Point Mall

Buat kamu yang tertarik dengan koleksi terbaru dari dua brand ini, yuk kunjungi store H&M terdekat dari tempat tinggalmu dan jangan lewatkan koleksi Bottle2Fashion agar bisa #BijakBerplastik dan membantu Indonesia mengurangi sampah di lingkungan sekitar.

Editor: Dwi Ratih