Keluarga

Doa Malam Pertama Pengantin Baru, Maknanya Sangat Dalam

Doa Malam Pertama Pengantin Baru, Maknanya Sangat Dalam

Bagi pasangan yang akan menikah, mungkin sedikit bingung bagaimana adab malam pertama dan doa malam pertama pengantin baru. Ternyata ada adab malam pertama yang kerap terlupakan oleh umat muslim seperti membaca doa malam pertama pengantin baru. Padahal, doa malam pertama dan artinya mengandung makna yang sangat dalam dan terkandung banyak keberkahan di dalamnya. Bagaimanakah doa malam pertama pengantin baru?

Adab Malam Pertama

doa-malam-pertama-pengantin-baru-maknanya-sangat-dalam-1

Ternyata ada beberapa adab malam pertama yang kerap terlewatkan oleh umat Islam selain doa malam pertama pengantin baru. Apa sajakah itu?

1. Salat dua rakaat berjamaah

Dianjurkan bagi pengantin baru untuk memulai malam pertamanya dengan salat dua rakaat berjamaah sebelum mengucapkan doa malam pertama pengantin baru dan berhubungan intim. Hal ini seperti yang tertuang dalam hadis:

“Jika isterimu nanti datang menemuimu, hendaklah kalian berdua salat dua rakaat. Lalu mintalah kepada Allah kebaikan isterimu itu dan mintalah perlindungan kepada-Nya dari keburukannya. Selanjutnya terserah kalian berdua.” (HR. Ibnu Abi Syaibah Al-Mushannaf no. 29733 dan dishahihkan Al-Albani)

Tata cara salat sebelum doa malam pertama pengantin baru sebagai berikut:

  1. Tata cara salat dua rakaat seperti tata cara salat biasa;
  2. Suami menjadi imam bagi istrinya;
  3. Bacaan salat boleh dikeraskan;
  4. Tidak ada anjuran untuk membaca surat atau ayat tertentu; dan
  5. Tidak ada doa khusus selain doa yang dibaca setelah salat dan doa malam pertama pengantin baru.

Doa terkait malam pertama yang diucapkan saat telah selesai menunaikan salat dua rakaat berjamaah adalah:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لِي فِي أَهْلِي وَبَارِكْ لَهُمْ فِيَّ اَللَّهُمَّ اجْمَعْ بَيْنَنَا مَا جَمَعْتَ بِخَيْرٍ وَفَرِّقْ بَيْنَنَا إِذَا فَرَّقْتَ إِلَى خَيْرٍ

“Ya Allah, berikanlah keberkahan kepadaku dan isteriku, serta berkahilah mereka dengan sebab aku. Ya Allah, berikanlah rezeki kepadaku lantaran mereka, dan berikanlah rezeki kepada mereka lantaran aku. Ya Allah, satukanlah antara kami (berdua) dalam kebaikan dan pisahkanlah antara kami (berdua) dalam kebaikan.”(Diriwayatkan oleh Ibn Abi Syaibah dalam Al-Mushannaf no. 17156 dan dishahihkan Al-Albani)

2. Membaca doa malam pertama pengantin baru sebelum berhubungan

doa-malam-pertama-pengantin-baru-maknanya-sangat-dalam-2

Sebenarnya, doa ini tidak hanya diucapkan saat pertama kali berhubungan intim setelah ijab qabul. Disarankan untuk terus membacanya tiap hendak berhubungan intim karena terkandung banyak berkah di dalamnya. Berikut doa malam pertama dan artinya:

BISMILLAH ALLAHUMMA JANNIBNAASY SYAITHOONA WA JANNIBISY SYAITHOONA MAA ROZAQTANAA.

Artinya: ‘Dengan (menyebut) nama Allah, ya Allah jauhkanlah kami dari (gangguan) setan dan jauhkanlah setan dari rezki yang Engkau anugerahkan kepada kami”, kemudian jika Allah menakdirkan (lahirnya) anak dari hubungan intim tersebut, maka setan tidak akan bisa mencelakakan anak tersebut selamanya.’ ” (HR. Bukhari, no. 6388; Muslim, no. 1434)

Doa ini diawali dengan bismillah sebagai bentuk meminta pertolongan dan berzikir kepada Allah agar suami istri dijauhkan dari setan saat berhubungan intim dan keturunannya dijauhkan pula dari setan.

Lima berkah doa malam pertama pengantin baru

1. Mengikuti ajaran Rasulullah

Membaca doa malam pernikahan merupakan ajaran Rasulullah. Dengan mengikuti sunnah Rasulullah sudah merupakan berkah tersendiri. Abu Bakar pernah berkata:

Aku tidaklah biarkan satu pun yang Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam amalkan kecuali aku mengamalkannya karena aku takut jika meninggalkannya sedikit saja, aku akan menyimpang.” (HR. Bukhari, no. 3093; Muslim, no. 1759)

2. Setan tidak turut serta

Dengan membaca doa malam pernikahan, setan tidak akan turut serta dalam hubungan intim tersebut karena di dalam doa ini diawali dengan penyebutan bismillah. Ini sesuai dengan pendapat sebagian ulama. Mujahid berkata,

“Siapa yang berhubungan intim dengan istrinya lantas tidak mengawalinya dengan ‘bismillah’, maka setan akan menoleh pada pasangannya lalu akan turut dalam berhubungan intim dengannya.” (Fath Al-Bari, 9: 229)

3. Berpengaruh baik pada keturunan

doa-malam-pertama-pengantin-baru-maknanya-sangat-dalam-3

Kebaikan dengan membaca doa malam pertama pengantin baru akan berpengaruh pada keturunan yang dihasilkan dari hubungan intim tersebut. Ini dibenarkan dalam riwayat yang terpercaya dari Abdurrazaq dimana disebutkan:

“Jika seseorang mendatangi istrinya (berhubungan intim), maka ucapkanlah ‘Ya Allah, berkahilah kami dan keturunan yang dihasilkan dari hubungan intim ini, janganlah jadikan setan menjadi bagian pada keturunan kami’. Dari do’a ini, jika istrinya hamil, maka anak yang dilahirkan diharapkan adalah anak yang shalih” (Fath Al-Bari, 9: 229)

4. Keturunan akan selamat dari berbagai gangguan setan

Doa malam pertama pengantin baru juga artinya pasangan berharap keturunan yang dihasilkan dari hubungan intim ini akan selamat dari berbagai gangguan setan. Ibu pasti sudah mengetahuinya saat membaca doa malam pertama dan artinya yang telah disebutkan di atas. Pernyataan ini jika dipahami berdasarkan tekstual hadis artinya adalah anak tersebut akan selamat dari berbagai bahaya adalah umum, yaitu mencakup bahaya dunia maupun agama. Namun, beberapa ulama  memiliki berbagai pendapat soal berkah dari doa malam pernikahan ini.

Ibnu Daqiq Al Ied berpendapat bahwa doa malam pernikahan ini bisa dipahami bahwa setan juga tidak akan membahayakan agama anak dari hasil hubungan intim tersebut. Namun bukan berarti anak tersebut ma’sum atau selamat dari dosa.

Sementara Syaikh Ibnu Baz memahami bahwa doa malam pertama pengantin baru ini dapat membuat anak tetap berada di atas fitrah Islam. Setan bisa saja menggoda sang anak tetapi ia akan segera kembali ke jalan yang lurus. Seperti firman Alla:

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa bila mereka ditimpa was-was dari syaitan, mereka ingat kepada Allah, maka ketika itu juga mereka melihat kesalahan-kesalahannya”

5. Keberkahan meskipun tidak hamil

doa-malam-pertama-pengantin-baru-maknanya-sangat-dalam-4

Keberkahan doa malam pertama pengantin baru tidak sebatas hanya untuk wanita yang hamil hasil dari hubungan intim tersebut. Keberkahan tetap akan menyertai meskipun wanita tersebut tidak hamil. Ini sesuai pendapat Al Qadhi Iyadh

Itulah adab malam pertama beserta berkah yang terkandung dari doa malam pertama pengantin baru.

Editor: Dwi Ratih