Keluarga

Ide-ide Seru Kegiatan Malam Tahun Baru Bersama Keluarga

Ide-ide Seru Kegiatan Malam Tahun Baru Bersama Keluarga

Di tengah kondisi pandemi Covid-19, kegiatan malam tahun baru terbilang cukup terbatas. 

Terlebih pemerintah Indonesia menganjurkan agar masyarakat menghindari kegiatan yang melibatkan kerumunan massa. Mau tidak mau, momen pergantian tahun baru pun dilakukan di rumah masing-masing.

Ibu masih bingung seperti apa kegiatan malam tahun baru yang bisa dilakukan di rumah bersama keluarga? Inilah serangkaian ide seru yang bisa Ibu lakukan bersama Ayah dan si kecil untuk merayakan tahun baru. 

Penasaran apa saja? Cari tahu, yuk!

1. Buat scrapbook bersama

Menutup tahun dengan berbagi kenangan momen berkesan sepanjang tahun 2021. Kumpulkan foto-foto momen favorit Ibu, Ayah, dan si kecil. Siapkan juga kertas, gunting, lem, spidol warna-warni, majalah bekas, dan perlengkapan lain yang bisa dipakai untuk menghias scrapbook. 

Kemudian, masing-masing anggota keluarga bertanggung jawab atas sebuah halaman dan menghiasnya agar lebih unik. Setiap orang juga akan diberi kesempatan memilih kenangan terindah mereka mulai bulan Januari sampai Desember.

Jangan lupa, tentukan tema scrapbook terlebih dulu agar terlihat padu di setiap halamannya. Tema retro, vintage, atau monokrom mungkin akan jadi pilihan menarik. 

Ide kegiatan malam tahun baru yang satu ini terbilang unik. Pasalnya, tidak banyak keluarga yang melakukan aktivitas ini di malam tahun baru.

2. Maraton board game, siapa takut!

Sambut malam pergantian tahun baru dengan kompetisi board game. Mulai pukul 19:00 atau setelah makan malam, kumpulkan semua orang di rumah untuk memulai maraton board game. 

Beberapa pilihan permainan seperti Monopoli, Uno, dan Scrabble sangat direkomendasikan. Biar lebih seru, siapkan hadiah untuk pemenang di masing-masing babak.

Selain menyenangkan, memainkan board game juga punya banyak manfaat untuk keluarga. Dilansir dari situs Mayo Clinic, bermain board game berperan penting dalam mempererat hubungan keluarga agar lebih harmonis. 

Selain itu, kegiatan ini juga akan membantu membangun kepercayaan diri dan dapat mengajari si kecil cara memecahkan masalah. Di sisi lain, si kecil pun belajar bagaimana bekerja sama dalam kelompok melalui bermain. Bermain board game juga menawarkan kesempatan untuk belajar berkomunikasi secara efektif.

3. Bermain 'treats or activities?'

Kegiatan malam tahun baru yang tidak kalah seru dari maraton board game adalah permainan 'treats or activities?'. Untuk memainkan permainan ini, Ibu bisa menyiapkan toples bekas berisi tulisan treats dan activities yang digulung seperti kertas undian. 

Kemudian, mintalah masing-masing anggota keluarga untuk mengambil satu kertas. Hitung mulai 1 sampai 3 lalu buka kertas undian tersebut secara serentak. Lihat, siapa saja yang mendapat treats dan siapa saja yang mendapat activities.

Bagi peserta yang mendapat kertas treats, maka ia berhak memperoleh camilan khusus yang telah disiapkan untuk dimakan. Sebaliknya, bagi mereka yang mendapatkan kertas activities maka ada kegiatan yang perlu dilakukan. 

Misalnya, membuat topi tahun baru atau memberikan pertunjukkan berupa tarian, nyanyian, atau bahkan sulap sederhana. Ibu tertarik melakukan kegiatan malam tahun baru ini bersama keluarga?

4. Keliling dunia secara virtual

Yuk, ajak seluruh anggota keluarga di rumah untuk berkeliling dunia di malam tahun baru. Tenang saja, perjalanan akan dilakukan secara virtual sehingga jauh lebih murah dan hemat waktu daripada berkunjung secara langsung. 

Siapkan koneksi internet, pilih urutan destinasi negara yang akan dikunjungi. Mulai dari negara-negara di benua Eropa, Amerika, Australia, Afrika, hingga Asia semua bisa didatangi secara virtual.

Lebih dari itu, Ibu dan seluruh peserta virtual tour juga bisa ikut serta dalam kegiatan malam tahun baru di pusat lokasi perayaan masing-masing negara. Di Amerika Serikat, misalnya, Ibu dan Ayah bisa memberi kesempatan untuk si kecil menyaksikan countdown hingga pesta kembang api di Times Square. 

Meski hanya dilakukan secara virtual, kegiatan malam tahun baru yang satu ini bisa mengobati kerinduan untuk bepergian ke luar negeri.

5. Tulis daftar keinginan untuk tahun 2022

Bagaimana jika Ibu, Ayah, dan si kecil bersama-sama menuliskan daftar keinginan untuk tahun 2022? Misalnya, menuliskan tempat-tempat apa saja yang ingin dikunjungi bersama, aktivitas yang akan dilakukan saat ulang tahun, atau hal-hal lain yang bisa direncanakan sejak jauh hari. 

Dengan membuat daftar keinginan bersama tentang petualangan dan pengalaman baru yang ingin dilakukan di tahun 2022, maka seluruh anggota keluarga pun akan berusaha mewujudkannya.

Dilansir dari situs Very Well Mind, menulis daftar keinginan baik untuk kesehatan mental seseorang. Pasalnya, ketika seseorang mulai merasa stres atau mengalami burnout dan melihat lagi daftar keinginan yang telah dibuat, maka ia menjadi lebih termotivasi untuk mencapainya. 

Selain itu, daftar keinginan bisa menjadikan hidup seseorang lebih terarah sebab ia tahu apa yang akan dituju. Terlihat sepele, tapi ternyata kegiatan malam tahun baru yang satu ini bisa memberikan dampak signifikan pada seseorang.

Wah, menarik juga ya ide-ide kegiatan malam tahun baru yang sudah disebutkan tadi. Kira-kira mana yang akan jadi pilihan Ibu dan keluarga? Jangan lupa, siapkan amunisi berupa makanan dan minuman favorit keluarga agar kegiatan malam tahun baru makin seru.

Editor: Dwi Ratih