Keluarga

Ide Resolusi Tahun Baru 2022, Yuk Jalankan Yang Sempat Tertunda!

Ide Resolusi Tahun Baru 2022, Yuk Jalankan Yang Sempat Tertunda!

Memiliki resolusi tahun baru memang wajar dilakukan oleh setiap orang. 

Sebab, sebagai manusia pun wajar kiranya jika selalu berharap mendapatkan segala sesuatu yang terbaik di kehidupannya setiap kali berganti tahun.

Terlebih dua tahun belakangan merupakan tahun-tahun yang cukup berat bagi sebagian orang, akibat adanya pandemi Covid-19 yang jelas berdampak bagi sebagian orang. Sayangnya, nggak semua orang memiliki resolusi tahun baru ya Bu.

Ide resolusi tahun baru 2022

Meskipun sejatinya mereka memiliki berbagai macam harapan, namun mereka justru bingung bagaimana harus menjadikan harapan tersebut sebagai sebuah resolusi. 

Nah, untuk itu melansir Good House Keeping yuk simak beberapa ide resolusi tahun baru 2022 yang bisa menjadi inspirasi untuk kamu dalam ulasan berikut ini.

1. Belajar mengelola uang lebih baik


Resolusi tahun baru yang paling sering dilakukan oleh orang-orang tak lain memang menyangkut soal uang dan anggaran. 

Sebab, tak jarang resolusi ini terpaksa tidak dilakukan dengan baik akibat adanya beberapa hal yang muncul tak sesuai rencana, sehingga seringkali harus tertunda.

Nggak ingin hal ini terus terjadi setiap tahun? Yuk coba lebih tegas dalam belajar mengelola uang dengan baik sebagai resolusi tahun baru ini. Apalagi belajar mengelola uang dalam jangka panjang dapat bermanfaat bagi dirimu dan keluarga dalam jangka panjang ya Bu.

Mulailah dengan membuat garis besar anggaran yang sesuai untuk kamu dan pisahkan prioritas untuk keluarga dan anak-anak. 

Kamu juga bisa menggunakan beberapa aplikasi yang dapat membantu mengatur anggaranmu yang banyak tersedia di berbagai platform di smartphone ya Bu.

2. Hidup lebih sehat


Ibu, sudahkah kamu menyadari bahwa kesehatan merupakan investasi yang sangat mahal dan penting diperhatikan setiap hari? Kali ini, kamu juga bisa menjadikan hidup lebih sehat sebagai resolusi tahun baru 2022 ini ya Bu.

Mulailah dengan memperhatikan asupan makanan. Kurangi makan makanan yang kurang sehat seperti gorengan dan mulai rutin berolahraga. Dengan menjalani pola hidup sehat, tubuh menjadi lebih sehat dan produktif. 

Sehingga kamu pun jadi lebih bisa mencapai resolusi tahun baru lainnya yang kamu targetkan bisa tercapai di tahun-tahun selanjutnya.

3. Lebih banyak meluangkan waktu untuk keluarga


Meskipun pandemi dua tahun belakangan ini membuat kita lebih banyak bekerja dan melakukan segala kegiatan di dalam rumah, namun kita pun seringkali menjadi lebih sibuk lebih dari biasanya. 

Sehingga tak jarang mulai sering mengabaikan waktu berharga bersama keluarga.

Meski sekadar mengajak si kecil bermain dan memasak makanan kesukaannya, mulai tahun ini yuk mulai lebih banyak luangkan waktu bersama keluarga. Walaupun kamu seringkali disibukkan dengan berbagai macam pekerjaan.

Jangan sampai kesibukanmu malah mengalahkan pentingnya quality time bersama keluarga ya Bu. Apalagi masa golden age bersama si kecil tanpa terasa terjadi sangat singkat.

Tanpa disadari si kecil sudah tumbuh dewasa, sementara orang tua baru menyesal merasa kurang meluangkan waktu bersama mereka. Nah, jangan sampai hal ini terjadi pada kamu dan pasangan ya Bu.

Jadi, yuk lebih banyak luangkan waktu bersama keluarga sebagai resolusi tahun baru kali ini.

4. Banyak minum minuman yang lebih sehat

Siapa sih yang nggak suka minum kopi dan aneka minuman lainnya? Meskipun bagi beberapa orang kopi dan minuman bersoda dianggap sangat lezat, namun minuman seperti ini jelas memiliki risiko bagi kesehatan ya Bu.

Kalau hidup sehat menjadi salah satu resolusi tahun baru bagi kamu, ada baiknya sertakan pula untuk lebih sering mengonsumsi minuman yang menyehatkan sebagai salah satu resolusi tahun baru kali ini. Misalnya saja upayakan untuk lebih banyak mengonsumsi air putih ketimbang kopi.

Selain dapat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, mengonsumsi air putih juga bisa membantu tubuh lebih sehat, kulit menjadi lebih lembab dan terhindar dari berbagai risiko penyakit berbahaya yang mengintai.

5. Lebih sabar dan tidak gegabah


Sekolah daring terkadang membuat sebagian orang tua merasa lelah karena harus menjadi guru sekaligus orang tua di rumah. Belum lagi kalau di kecil tiba-tiba ‘ngambek’ nggak mau sekolah.

Wah, rasanya kesabaran orang tua makin diuji dalam hal ini ya Bu. Nah, supaya kesehatan mentalmu lebih terjaga yuk lebih tingkatkan lagi kesabaranmu sebagai salah satu ide resolusi tahun baru 2022 ini.

Selain bermanfaat bagi kesehatan mental kita, meningkatkan rasa sabar juga dapat membantu kita untuk lebih dekat dengan si kecil dan mengerti apa yang menjadi keinginannya. 

Sabar juga mengajarkan kita agar tidak gegabah dalam menghadapi sebuah masalah, termasuk dalam mengurus keluarga dan anak-anak di rumah.

6. Menghemat pengeluaran


Boros merupakan sifat alamiah seseorang yang mungkin tidak disadari. Kalau tahun lalu kamu terlalu boros dan cenderung tidak berpikir panjang dalam mengeluarkan uang, sebagai resolusi tahun baru kali ini yuk lebih disiplin dalam menghemat pengeluaran.

Ketika kita berhemat, maka kita pun jadi lebih bisa menabung dan menyisihkan uang untuk kebutuhan yang lebih mendesak suatu saat nanti. Apalagi setiap tahun, biaya sekolah dan anggaran belanja selalu naik. Jadi, yuk jadikan menghemat pengeluaran sebagai ide resolusi tahun baru 2022.

7. Rutin bersedekah agar rezeki semakin lancar

Selain berhemat dan bisa menabung lebih banyak di tahun ini, kalau bisa jadikan rutin bersedekah sebagai resolusi tahun baru 2022 ya Bu. Sebab, sedekah dapat membuat rezeki seseorang jadi semakin lancar dan berkah.

Selain bersedekah, kamu juga bisa menjadi lebih rutin beribadah baik sunnah maupun wajib sebagai resolusi tahun baru. Karena, jika keduanya dilakukan dengan baik maka kamu akan senantiasa selalu dijaga oleh Tuhan Yang Maha Esa.

8. Mencoba menjalankan bisnis baru


Punya rencana berbisnis tahun lalu yang sempat tertunda akibat pandemi? Yuk coba jalankan bisnis tersebut di tahun ini sebagai resolusi tahun baru ya Bu. 

Apalagi saat ini beberapa industri rumahan dan UMKM juga sudah banyak yang mulai bangkit dan mencoba menjalankan bisnis mereka kembali.

Nggak perlu memikirkan untung sebanyak-banyaknya. Kamu juga nggak perlu takut gagal, mengingat pandemi belum berakhir. Tapi yang terpenting tetap jalankan saja niatmu terlebih dahulu, soal hasil pasti akan mengikuti jika kamu mau berusaha.

Nah, itu tadi adalah beberapa ide resolusi tahun baru 2022 yang bisa kamu jalankan tahun ini. Bagi sebagian orang, resolusi sengaja dijadikan sebagai booster semangat agar bisa menjalankan hari-harinya. Yuk pelan-pelan jalankan resolusimu yang mungkin sempat tertunda ya Bu!

Editor: Dwi Ratih