Keluarga

Jadi Ide Hadiah, 8 Jenis Bunga Untuk Hari Ibu Beserta Maknanya

Jadi Ide Hadiah, 8 Jenis Bunga Untuk Hari Ibu Beserta Maknanya

Bagi beberapa orang, hari Ibu merupakan hari yang sangat istimewa yang perlu dirayakan atau minimal diapresiasikan setiap tahunnya. Nah, di Indonesia sendiri hari Ibu Nasional diperingati setiap tanggal 22 Desember.

Menjelang tanggal tersebut, banyak orang yang justru bingung hendak memberikan hadiah apa bagi Ibu, istri dan orang tuanya. Meskipun sejatinya seorang Ibu mungkin tak butuh hadiah sebagai sebuah apresiasi, namun setidaknya hadiah tersebut bisa mewakilkan perasaan kita atas segala yang sudah Ibu berikan.

Salah satu hadiah yang bisa kamu berikan adalah bunga untuk hari Ibu. Yup, keindahan sebuah bunga memang tidak ada yang bisa mengalahkan.

Tiap jenis bunga memiliki makna dan arti sendiri yang bisa disesuaikan dengan karakter seorang Ibu. Terutama bagi Ibu yang memang menggemari tamanan.

Otomatis bungan untuk hari Ibu bisa menjadi hadiah istimewa yang tak terlupakan. Kamu bahkan bisa memberikan bunga dalam bentuk pot ataupun buket bunga untuk mewakili perasaanmu pada Ibu. 

7 jenis bunga untuk hari Ibu beserta maknanya

Berikut adalah rekomendasi bunga untuk hari Ibu beserta maknanya yang bisa jadi pilihan untukmu di hari spesial nanti.

1. Bunga krisan


Photo source: Kompas.com

Bunga ini biasanya digunakan sebagai hiasan di berbagai acara, mulai dari acara pernikahan hingga upacara kematian. Namun bagi beberapa negara seperti Amerika dan Jepang, bunga krisan memiliki makna yang cukup mendalam yang bisa diberikan pada seseorang sebagai simbol cinta:

Melansir Eastern Floral bunga krisan secara keseluruhan dipercaya mewakili kebahagiaan, cinta, umur panjang dan kegembiraan. Jadi tidak ada salahnya memberikan beberapa pot bunga krisan merah ataupun putih sebagai hadiah bunga untuk hari Ibu tahun ini ya Bu.

2. Bunga tulip


Photo source: Freepik

Bunga untuk hari Ibu selanjutnya adalah jenis bunga tulip. Bunga yang menjadi ciri khas negara Belanda ini sangat cocok untuk hadiah hari Ibu karena memiliki makna yang cukup mendalam lho!

Bunga tulip berwarna merah diketahui sebagai simbol untuk menunjukkan cinta kasih. Sedangkan bunga tulip berwarna putih bisa mengungkapkan sucinya kasih ibu dan permohonan maaf sebagai seorang anak.

Meskipun sama-sama bermakna kasih sayang, namun ada baiknya pilih bunga tulip merah sebagai hadiah bunga untuk hari Ibu agar lebih dapat menunjukan perasaan kamu terhadap orang yang hendak kamu berikan hadiah bunga ya Bu. Sebab warna merah diketahui juga merupakan simbol cinta sejati.

3. Bunga aster


Photo source: Freepik

Bunga aster atau yang lebih dikenal dengan bunga daisy ini memiliki bentuk yang mirip dengan bunga krisan. Namun jika dilihat secara lebih detail, bunga ini punya perbedaan yang cukup mencolok dari bunga krisan.

Melansir Gidas Flower bunga aster identik dengan seseorang yang lahir di bulan September. Melambangkan sebuah kebijaksanaan, keyakinan dan keberanian.

Sementara pada mitologi Yunani, aster berarti bintang karena bentuknya ketika mekar menyerupai bintang yang sedang bersinar. Orang Yunani percaya bahwa bunga aster melambangkan cinta, kebijaksanaan dan kepercayaan.

Bunga aster bisa diberikan dalam bentuk buket bunga atau pot yang estetik. Sehingga nggak heran bunga ini juga cocok menjadi salah satu bunga untuk hari Ibu yang bisa kamu berikan pada orang tersayang.

4. Bunga anyelir


Photo source: Dekoruma

Bunga anyelir atau carnation flower sudah sejak lama ditetapkan sebagai simbol Hari Ibu di Philadelphia, Amerika Serikat. Jika melansir Flower Meaning bunga anyelir terutama yang berwarna merah jambu memiliki arti cinta, pesona dan simbol kasih sayang yang abadi layaknya cinta kasih seorang Ibu.

Meski menjadi simbol bunga untuk hari Ibu, namun bunga yang identik dengan seseorang yang lahir di bulan Januari ini memiliki makna berbeda di tiap warna. Di mana biasanya bunga anyelir merah melambangkan cinta dan kekaguman yang mendalam, putih sebagai cinta murni dan keberuntungan. 

Merah muda sebagai simbol cinta seorang Ibu, kuning sebagai simbol penolakan dan ungu sebagai simbol keberanian.

5. Bunga anggrek


Photo source: IDN Times

Bunga anggrek merupakan bunga endemik Indonesia yang bisa menjadi salah satu bunga untuk hari Ibu. Bunga ini melambangkan cinta dan keanggunan, meskipun bunga ini membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mekar namun ketika mekar memiliki bentuk dan warna yang cantik nan indah.

Hal tersebut bisa memberikan arti bahwa menjadi seorang ibu perlu proses yang panjang dan tidak luput dari perjuangan dan kesabaran. Bunga anggrek biasa disimpan di dalam pot biasa atau pot gantung yang membuat rumah terlihat lebih cantik.

6. Bunga mawar


Photo source: Greeners

Siapapun pasti setuju bahwa mawar merupakan bunga simbol cinta sejati dan kasih sayang. Bunga yang bernama latin Rosa ini merupakan simbol dewi Cinta dalam mitologi Romawi.

Nggak heran bunga mawar memang sangat populer dan menjadi primadona di antara jenis bunga-bunga yang lain. Meskipun biasa diberikan kepada pasangan, namun tidak ada salahnya ketika jika bunga ini pada orang terkasih di hari Ibu.

Apalagi bunga ini memiliki arti kecantikan yang sempurna dan istimewa. Sama seperti cinta dan kasih sayang serta pengorbanan seorang Ibu pada anaknya yang tidak ada batasnya.

Namun ada baiknya pilih bunga mawar berwarna merah, putih atau pink ya Bu. Karena ketiga warna tersebut sangat cocok memaknai cinta dan kasih sayang seorang Ibu.

7. Bunga lily


Photo source: Outerbloom

Bunga lily adalah bunga yang biasa ditemukan atau hidup di negara dengan suhu lembab seperti Amerika Utara, Asia dan Eropa. Bunga dengan nama latin Calla Lily ini melambangkan kehormatan yang agung dan dapat diberikan kepada seorang Ibu untuk mewakili ungkapan bahwa betapa kita sangat menghormatinya.

Melansir Bloom and Wild bunga lily warna pink biasanya menjadi pilihan yang tepat sebagai bunga untuk hari Ibu. Sementara bunga lily merah lebih cocok diberikan pada pasangan sebagai simbol romantis dan cinta sejati.

Bunga lily sendiri memiliki ciri-ciri kelopak bunga yang lebar seperti terompet dan putik kuning yang tumbuh di tengahnya. Bunga lily juga memiliki berbagai macam warna dengan makna yang berbeda diantaranya adalah putih, kuning, merah, dan orange.

8. Bunga gerbera

Photo source: Fauna dan Flora.com

Bunga untuk hari Ibu yang terakhir adalah bunga gerbera. Meski jarang sekali orang yang memilih bunga gerbera sebagai hadiah bunga untuk hari Ibu, namun sebenarnya bunga ini tak kalah cantik dengan bunga lainnya lho!

Bunga gerbera pun ternyata memiliki banyak manfaat seperti membuat tidur lebih nyaman dan juga dapat dijadikan bunga hias yang bisa mempercantik ruangan di rumah. 

Tiap warna bunga gerbera memiliki arti yang berbeda, bunga gerbera oranye dan kuning melambangkan keceriaan sehingga cocok untuk menggambarkan sosok ibu yang selalu ceria dan gembira.

Sementara bunga gerbera putih melambangkan kemurnian dan ketulusan cinta seperti rasa cinta dan kasih sayang tulus seorang ibu kepada keluarganya. Secara keseluruhan bunga ini memang mirip dengan bunga daisy karena masih satu keluarga. 

Keunikan bunga gerbera terletak pada tangkainya yang lunak dan tahan hingga tiga minggu di dalam pot berisi air.

Nah, itu tadi adalah beberapa hadiah bunga hari Ibu yang bisa menjadi pilihan untuk kamu. Tidak ada salahnya memberikan hadiah bunga sesekali bagi orang yang kamu sayang di hari yang spesial ini ya Bu.

Editor: Dwi Ratih