Keluarga

Jaga Kesehatan Mental Si Kecil, Ini Rekomendasi Psikolog Anak Jakarta

Jaga Kesehatan Mental Si Kecil, Ini Rekomendasi Psikolog Anak Jakarta

Pernahkah Ibu menemukan si kecil yang mudah tantrum, mudah marah dan sering menangis tanpa sebab? Bisa jadi ia sedang mengalami gangguan perilaku atau perkembangan lainnya lho.

Yup, nggak hanya orang dewasa ternyata anak-anak juga bisa mengalami gangguan psikologis akibat kegiatan yang monoton setiap hari ya Bu. Meski begitu, sebenarnya menurut National Health Service UK pada usia 6 bulan hingga 3 tahun gangguan psikologis ini sangatlah normal dialami oleh anak-anak.

Gangguan psikologis ini merupakan bagian dari fase tumbuh kembang anak untuk lebih paham bagaimana cara mengontrol dirinya sendiri. Contohnya saat anak malu dan takut saat pertama kali bertemu orang yang baru dikenal, atau ia tampak tidak nyaman masuk ke ruang kelas sekolah untuk pertama kalinya.

Biasanya hal ini dapat menimbulkan stress, tantrum, keringat berlebih hingga mengindikasi adanya ciri-ciri anak ADHD (Attention Deficit Hyperactivity Disorder) hingga ASD (Autistic Spectrum Disorder). Agar gangguan perkembangan seperti ini dapat diatasi maka penting untuk mengajak anak ke psikolog ya Bu. 

Rekomendasi psikolog anak Jakarta

Nah, berikut adalah rekomendasi psikolog anak Jakarta yang bisa kamu kunjungi: 

1. Vera Itabiliana Hadiwidjojo S.Psi, M.Psi.


Photo source: Instagram @veraitabhadiwidjojo

Nama Vera Itabiliana Hadiwidjojo mungkin tidak asing lagi di telinga para Ibu, apalagi bagi mereka yang follow Instagram miliknya. Tak jarang Vera juga sering diundang menjadi pembicara di berbagai acara dengan tema yang menarik.

Lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia ini telah berkecimpung di dunia psikologi sejak awal 2000-an. Saat ini, Vera berpraktik di Lembaga Psikologi Terapan Universitas Indonesia (LPTUI), Tiga Generasi di Klinik Brawijaya Kemang, serta Klinik Anak Mandiri di Depok.

2. Roslina Verauli, M.Psi., Psi.


Photo source: Instagram @verauli.id

Roslina Verauli yang juga akrab disapa Mbak Vera di akun Instagram-nya @verauli.id ini merupakan psikolog klinis anak, remaja dan juga keluarga yang kini mendirikan klinik praktiknya sendiri di Office: 46-50th Wisma 46. Dahulu ia juga pernah menjadi panelis psikolog di salah satu acara TV Swasta Cerita Perempuan.

Hingga saat ini ia juga aktif sebagai staf pengajar di Program Sarjana dan Magister Fakultas Psikologi Universitas Tarumanagara. Selain itu, ia juga pernah menjadi konsultan naskah pada film Susah Sinyal. Mbak Vera dapat dihubungi di 082300099922 atau melalui e-mail management@verauli.id.

3. Anastasia Satriyo, M.Psi.,Psi.


Photo source: Instagram @anassatriyo

Anastasia Setyaning Anandiputri Satriyo merupakan seorang psikolog klinik anak yang sering membagikan ilmu seputar tumbuh kembang anak dan pola asuh orang tua melalui akun Instagram-nya @anassatriyo. Yup, sosial media Anas seolah nggak pernah sepi dalam membagikan tips mengenai tumbuh kembang anak dan parenting.

Anas juga merupakan salah satu Therapeutic Play Trainee di Tiga Generasi dan berpraktek di Brawijaya Clinic Kemang. 

Nggak hanya itu, Anas juga seringkali mengisi beberapa kelas online mengenai psikologi anak dan parenting dengan harapan kelak bisa bermanfaat. Terutama bagi anak dan orang tua agar bisa makin mengenal diri, emosi dan memahami sesama. 

4. Fathya Artha Utami, M.Sc., M.Psi.


Photo source: Instagram @fathyaartha

Fathya merupakan psikolog anak lulusan Universitas Indonesia dan Atma Jaya. Sejak dahulu Fathya punya mimpi untuk memberdayakan para Ibu agar bisa mewujudkan cita-citanya. Hingga akhirnya ia berhasil mewujudkan cita-cita tersebut dan menjadi co-founder dari Tiga Generasi serta Ibu Punya Mimpi.

Fathya juga aktif membagikan ilmu melalui Instagram pribadinya dengan akun @fathyartha lho. Ia juga seringkali membuka sesi Q&A yang bertujuan untuk menjawab segala macam pertanyaan dan keluh kesah para Ibu. Yuk, follow Instagramnya!

5. Saskhya Aulia Prima, M.Psi.

Photo source: @saskhya

Saskhya Aulia Prima merupakan seorang psikolog klinis anak lulusan Universitas Indonesia. Ia juga merupakan co-founder dari Tiga Generasi yang merupakan bagian dari Kejora Indonesia. 

Sejak berkecimpung dalam dunia psikologi, psikolog yang aktif di Instagram dengan username @saskhya ini memiliki ketertarikan seputar perkembangan anak, dunia parenting, pernikahan dan kesehatan mental keluarga. 

Nggak cukup sampai di situ, Saskhya juga menyebarkan ilmu psikologinya dengan menulis sebuah buku berjudul Anti Panik Mangasuh Bayi 0-3 Tahun.

6. Irma Gustiana Andriani, S.Psi, M.Psi.

Photo source: Instagram @ayankirma

Irma yang akrab disapa Ayank Irma ini sudah menjadi psikolog anak kurang lebih selama 17 tahun. Ia kini fokus menjadi psikolog anak, remaja, dan keluarga serta mendirikan sebuah klinik konsultasi psikologi di daerah Pondok Gede, Bekasi bernama Ruang Tumbuh.

Irma juga merupakan seorang praktisi play therapist bersertifikat yang menangani permasalahan stres pada anak. Klinik Ruang Tumbuh sendiri sengaja didirikan Irma dengan konsep Homey bersama rekannya agar kliennya yang datang bisa merasa aman menceritakan permasalahan mereka layaknya di rumah sendiri. 

Nah, jika tertarik berkunjung ke klinik tersebut kamu dapat hubungi nomor telepon 08164839910 atau mungkin bisa mengintip ilmu yang sering dibagikan Irma di akun Instagram @ayankirma ya, Parents!

7. Devi Sani Rezki, M.Psi.

Photo source: Instagram Devi Sani

Devi merupakan psikolog anak sekaligus pendiri klinik Rainbow Castle yang aktif menjadi pembicara dalam topik-topik parenting baik online maupun offline. Devi sendiri merupakan psikolog lulusan S1 Universitas Padjadjaran dan S2 Universitas Indonesia dan terlibat dengan banyak pengajaran mengenai tumbuh kembang anak.

Nggak hanya berprofesi sebagai psikolog, Devi juga aktif memegang konten-konten parenting untuk sosial media Rainbow Castle yang ia dirikan. Nah, kalau Ibu tertarik untuk konsultasi terkait tumbuh kembang anak, kamu juga bisa membuat janji melalui Rainbow Castle atau RS YPK Menteng. 

Selain aktif memegang sosial media Rainbow Castle, Devi juga sering membagikan ilmu parenting di Instagram pribadinya @devisani lho Bu. Yuk, di follow ya!

8. Samanta Elsener, M.Psi.


Photo source: Instagram @samanta.elsener

Samanta Elsener merupakan psikolog lulusan Universitas Tarumanegara. Samanta saat ini fokus dan aktif sebagai psikolog anak dan keluarga dan seringkali mengikut berbagai seminar baik online maupun offline.

Melalui akun Instagram miliknya @samanta.elsener ia juga sering membagikan beragam ilmu parenting dan psikologis anak. Samantha sendiri kini sudah mendirikan tempat praktik sendiri bernama Samanta Ananta Psychologist. Selain itu, Samanta juga sering membuat konten tulisan maupun video terkait kesehatan mental melalui kanal Youtube miliknya.

Editor: Dwi Ratih