Keluarga

Jangan Dibuang! Air Rebusan Mie Instan Ada Manfaatnya Lho!

Jangan Dibuang! Air Rebusan Mie Instan Ada Manfaatnya Lho!

Siapa yang setuju kalau mie instan buatan Indonesia merupakan yang paling enak di dunia? Yup! Mie instan adalah salah satu makanan cepat saji yang banyak digemari oleh masyarakat dunia.

Namun produk mie instan Indonesia di klaim menjadi yang terbaik dan terenak sepanjang masa. Sayangnya, beberapa tahun lalu beredar isu bahwa air rebusan mie instan sebaiknya harus dibuang dan tidak dijadikan kuah mie.

Sebab, air rebusan mie instan tersebut konon mengandung bahan berbahaya seperti pengawet yang tidak baik untuk kesehatan. Nah, seiring dengan banyaknya penelitian yang dilakukan nyatanya air rebusan mie instan punya banyak manfaat buat kesehatan lho!

Bahkan air rebusan mie instan juga diklaim baik untuk penyubur tanaman di rumah. Lalu apa saja sih manfaat air rebusan mie instan lainnya yang perlu kita ketahui? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut yuk!

Air rebusan mie instan apakah berbahaya? 

Proses pembuatan mie instan yang mengandung bahan pengawet membuat banyak orang mencari cara alternatif makan mie lebih sehat. Salah satunya dengan mengganti air rebusan mie instan jadi air yang baru.

Lalu apakah air rebusan mie instan berbahaya? Faktanya jika melansir Huff Post air rebusan mie instan termasuk ‘liquid gold’ yang punya banyak manfaat mulai untuk kesehatan, pembersih peralatan rumah tangga hingga dapat membantu merawat rambut lebih berkilau.

Karena mie instan terbuat dari tepung, maka setelah melalui proses perebusan, tepung tersebut akan melepaskan pati ke dalam air rebusan. Sehingga menghasilkan cairan putih keruh yang sering kita anggap kotor dan kemudian dibuang ke bak cuci.

Padahal air putih keruh tersebut mengandung banyak mineral dan vitamin. Bahkan air rebusan mie instan bisa di stock di dalam kulkas dan dimanfaatkan sewaktu-waktu untuk kebutuhan memasak seperti; mengentalkan saus, menguatkan rasa masakan dan lain sebagainya.

Manfaat air rebusan mie instan

Air rebusan mie instan sekilas mungkin tampak keruh dan terlihat kotor. Nyatanya air rebusan mie instan punya segudang manfaat bagi kesehatan yang sayang jika tidak dimanfaatkan.

Melansir Times of India mie instan maupun pasta terbuat dari bahan dasar tepung terigu yang kaya akan asam folat serta berbagai macam vitamin yang baik untuk kesehatan. Semakin keruh warnanya menandakan kandungan asam folatnya semakin tinggi di dalam tepung. Sementara untuk manfaat air rebusan mie instan sendiri di antaranya adalah sebagai berikut:

1. Rasa masakan jadi lebih kaya

Air rebusan mie instan sangat kaya akan mineral dan vitamin yang penting untuk tubuh. Nah, agar lebih lezat dan menambah rasa pada masakan air rebusan mie instan bisa dicampurkan ke dalam saus pasta.

Tujuannya untuk mengentalkan saus dan menambah rasa jadi lebih gurih. Bahkan jika air rebusan mie instan dicampur ke dalam adonan untuk membuat pizza atau roti akan menambah tekstur yang lebih unik.

2. Membantu menutrisi dan menyuburkan tanaman


Melansir Flourishing Plants air rendaman mie instan mengandung aneka nutrisi yang baik untuk menyuburkan tanaman. Bahkan mengurangi penggunaan pupuk pada tanaman sayuran maupun buah-buahan.

Kandungan mineral yang terdapat dalam air rebusan mie instan juga dapat merangsang pertumbuhan bakteri baik yang penting untuk menangkal pertumbuhan hama yang dapat mengganggu proses pertumbuhan tanaman. Biasanya air rebusan mie instan juga seringkali dimanfaatkan bagi tanaman buah agar menghasilkan bentuk buah yang proporsional dan batang daun jadi lebih kuat.

3. Membuat kacang jadi cepat empuk

Aneka kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang hijau dan kacang mede memiliki tekstur yang cukup keras ketika belum dimasak. Dibutuhkan proses pemasakan yang cukup lama untuk menghasilkan tekstur kacang yang empuk dan mudah di gigit.

Nah, untuk itu Ibu bisa mencoba merendam dengan air rebusan mie instan agar kacang jadi lebih cepat empuk dan tidak membutuhkan waktu lama saat di masak. Ibu pun jadi lebih hemat gas atau listrik saat pemasakan.

4. Membantu meringankan kaki yang pegal


Aktivitas sehari-hari yang padat membuat Ibu lebih cepat lelah, terutama di area kaki. Nah, untuk mengurangi rasa pegal tersebut cobalah merendam kaki menggunakan air rebusan mie instan.

Melansir Blaze Trends kandungan mineral di dalam air rebusan mie instan ini dapat membuat otot sekitar kaki menjadi lebih rileks. Sehingga otomatis dapat mengurangi pegal yang dirasakan.

Agar lebih nyaman, Ibu bisa mencampurkan air rebusan mie instan dengan air hangat. Ibu juga bisa meneteskan minyak aromaterapi dengan sensasi wangi yang menenangkan.

5. Membuat rambut jadi lebih berkilau

Belum punya banyak waktu ke salon untuk merawat rambut yang kusam? Ibu mungkin bisa mencoba merendam sebagian rambut dengan air rendaman mie instan. Kandungan asam folat dan mineral di dalamnya dalam membantu meremajakan sel rambut yang kusam.

Cukup rendam rambut di dalam baskom berisi air rebusan mie instan selama 10 menit. Kemudian bilas dan cuci menggunakan shampoo.

6. Menghilangkan lemak membandel pada piring kotor


Siapa bilang noda membandel hanya bisa menempel pada baju-baju saja? Ternyata noda membandel ini juga sering kita temukan pada piring kotor di rumah lho! Terutama pada masakan bersantan yang berminyak.

Kalau tidak pintar-pintar memilih sabun pencuci piring yang tepat, terkadang noda di piring jadi susah hilang. Nah, Ibu mungkin bisa mencoba merendam piring dengan air rebusan mie instan selama 5 menit.

Kemudian bilas menggunakan sabun pencuci piring. Voila! Piringpun jadi lebih bersih dan kesat dan siap digunakan kembali.


Editor: Atalya