Keluarga

Jarang Diketahui, Ini 4 Cara Mencuci Handuk yang Benar

Jarang Diketahui, Ini 4 Cara Mencuci Handuk yang Benar

Cara mencuci handuk yang benar adalah dengan menggunakan campuran air dan detergen. Benarkah demikian? 

Faktanya, masih sering terjadi handuk tetap dekil meski sudah dicuci dengan campuran air dan detergen. 

Bahkan cara mencuci handuk dengan tangan pun tidak bisa mengatasi masalah ini. Lantas, seperti apa cara mencuci handuk yang benar? 

Berikut panduan lengkap cara mencuci handuk biar bersih maksimal. Yuk, simak sampai akhir dan jangan ada yang terlewatkan, ya!

Cara mencuci handuk dengan tangan

Tidak ada mesin cuci di rumah? Tenang saja, kamu tetap bisa mencuci handuk secara manual dengan tangan. Berikut cara mencuci handuk yang benar tanpa mesin cuci:

1. Rendam handuk dalam air hangat

Cara mencuci handuk dengan tangan bisa dimulai dengan merendam handuk dalam air hangat selama kurang lebih 30 menit. Tujuannya agar kotoran, kuman, dan bakteri yang menempel pada permukaan handuk bisa tersingkirkan.

2. Gunakan detergen yang mengandung pemutih

Selanjutnya, gunakan detergen yang mengandung pemutih untuk mencuci handuk. Pasalnya, kandungan klorin yang terdapat pada pemutih efektif membunuh bakteri.

3. Jemur di bawah sinar matahari

Selain memperhatikan cara mencuci handuk dengan tangan yang optimal, kamu juga perlu mengetahui teknik menjemur handuk. 

Jemur handuk di bawah sinar matahari langsung agar benar-benar kering sempurna. Ingat, handuk yang masih lembab rentan menjadi sarang pertumbuhan kuman dan bakteri.

Cara mencuci handuk yang benar menggunakan mesin cuci

Pekerjaan mencuci handuk mungkin terdengar lebih mudah dilakukan dengan bantuan mesin cuci. Akan tetapi, masih banyak orang yang belum mengetahui cara mencuci handuk yang benar dengan bantuan mesin cuci. 

Kamu salah satunya? Jika iya, coba pelajari cara mencuci handuk yang benar berikut ini.

1. Pisahkan handuk dari jenis pakaian lain

Cara mencuci handuk yang benar dengan mesin cuci dilakukan secara terpisah dari jenis pakaian lain. Perlu diketahui, handuk memiliki serat kain yang mudah rontok.

Artinya, jika kamu mencuci handuk bersama dengan pakaian lainnya, maka serat-serat kain tersebut justru akan menempel pada pakaian yang lain.

2. Gunakan detergen cair secukupnya

Berbeda dengan cara mencuci handuk dengan tangan, saat memakai mesin tidak dianjurkan pemakaian pemutih. Sebaliknya, gunakan detergen cair dengan takaran secukupnya. 

Lebih lanjut, gunakan air dengan suhu di atas 60 derajat Celcius selama proses mencuci untuk memastikan handuk bersih maksimal.

3. Keringkan dengan suhu rendah

Setelah mencuci handuk, keringkan pada bagian mesin pengering yang ada di mesin cuci. Namun, gunakan suhu rendah untuk mengeringkan handuk. Dengan begitu, serat handuk akan lebih terjaga dan tidak mudah rontok.

4. Segera jemur

Mempelajari cara mencuci handuk biar bersih akan sia-sia kalau kamu lalai dalam proses selanjutnya. Pastikan segera menjemur handuk setelah proses pengeringan. 

Hal ini penting diperhatikan, sebab semakin lama handuk berada dalam mesin pengering maka kondisinya kembali lembab dan membuka peluang kuman dan bakteri menempel lagi.

Cara mencuci handuk dengan baking soda

Cara mencuci handuk dengan baking soda pada dasarnya sama saja. Kamu hanya perlu menambahkan setengah cup baking soda pada campuran air dan detergen. 

Dikutip dari The Spruce, penggunaan baking soda ini dilakukan untuk menjaga keseimbangan pH air selama proses mencuci. Dengan begitu, handuk kembali bersih bebas kuman dan bakteri serta tetap terjaga kelembutan serat-serat kainnya. 

Oh iya, cara mencuci handuk dengan baking soda juga ramah lingkungan sehingga aman digunakan untuk jangka panjang.

Cara mencuci handuk yang dekil dengan larutan cuka

Cara mencuci handuk dengan baking soda terbilang ampuh bersihkan kuman dan bakteri. Tapi, bagaimana cara mencuci handuk yang dekil? Sepertinya baking soda tidak cukup ampuh digunakan untuk membuat handuk nampak seperti baru lagi. 

Nah, sebenarnya cara mencuci handuk yang dekil ini bisa dilakukan dengan menambahkan larutan cuka. Berikut panduan cara mencuci handuk yang dekil dengan larutan cuka selengkapnya.

  1. Rendam handuk dalam air panas, jangan tambahkan detergen jenis apapun.
  2. Tuangkan 1 cangkir larutan cuka putih ke dalam rendaman tersebut. Lalu, diamkan selama kurang lebih 20 menit.
  3. Kemudian, campurkan detergen dan cuci serta keringkan handuk seperti biasanya.
  4. Jemur di bawah terik matahari hingga kering sempurna.

Kapan handuk harus dicuci?

Selain mempelajari cara mencuci handuk yang benar, kamu juga harus tahu seberapa sering handuk harus dicuci. Dikutip dari Cleveland Clinic, satu buah handuk hanya boleh digunakan selama satu minggu. 

Artinya, kamu harus mencuci handuk setidaknya satu minggu sekali. Terlepas dari cara mencuci handuk biar bersih yang mana jadi pilihanmu, handuk harus diganti setelah satu minggu pemakaian.

Namun demikian, hal tersebut tidak berlaku untuk jenis handuk olahraga. Cara mencuci handuk yang benar adalah dilakukan setiap kali setelah digunakan. Jadi, kamu tidak boleh menyimpan handuk yang habis dipakai berolahraga untuk digunakan lagi keesokan harinya.

Hal ini juga berlaku untuk handuk yang habis dipakai tamu atau orang yang sakit. Segera cuci handuk hingga bersih agar kuman dan bakteri tidak tersebar.

Nah, cara mencuci handuk yang benar ternyata seperti itu. Bagaimana dengan yang biasa kamu lakukan? Semoga sudah sesuai dengan yang disarankan agar handuk kembali bersih sempurna, ya.

Editor: Dwi Ratih