Keluarga

4 Fakta Kalender Cina yang Digunakan Saat Kehamilan

4 Fakta Kalender Cina yang Digunakan Saat Kehamilan

Kalender cina kehamilan digunakan untuk memprediksi jenis kelamin bayi apakah Ibu akan memiliki bayi laki-laki yang tampan atau bayi perempuan yang cantik dan lucu. 

Beberapa orang menemukan fakta bahwa kalender cina kehamilan ini dapat memprediksi kebenaran jenis kelamin bayi Ibu hingga 90% namun beberapa yang lain mengatakan akurasinya sekitar 50% saja. 

Namun tentu saja menebak jenis kelamin bayi bisa menjadi satu kegiatan seru yang dilakukan oleh para Ibu dan keluarga di rumah. Bila ini menyenangkan, lakukanlah! Namun bila hasilnya tidak sesuai harapan jangan kecewa karena memang karena memang belum terbukti secara ilmiah dan diakui oleh para peneliti.

Sejarah dan Akurasi Kalender Cina Kehamilan


Kalender cina kehamilan bukan merupakan tes medis, jadi tak heran tidak ada tenaga kesehatan yang akan menyarankan Ibu menggunakan metode ini untuk mengetahui jenis kelamin buah hati tercinta di dalam kandungan. 

Sebelum mengenal lebih jauh tentang kalender cina kehamilan ini, ada baiknya Ibu tahu lebih dulu tentang fakta yang sebenarnya:

1. Kalender Cina Kehamilan Kuno

Melansir dari laman The Bump, kalender cina untuk menentukan jenis kelamin bayi konon kabarnya sudah ditemukan 300 tahun yang lalu oleh seorang Istri yang sedang hamil. 

Kalender cina kehamilan ini juga kabarnya berdasarkan I Ching atau suatu kitab perubahan yang bergantung pada lima elemen, Yin dan Yang, dan Delapan Trigram. 

2. Sering Digunakan Oleh Keluarga Kaisar

Dulunya, kalender cina untuk menentukan jenis kelamin bayi sangat diandalkan dan sering digunakan oleh keluarga Kekaisaran Dinasti Qing. 

Hal ini dilakukan untuk bersiap-siap misalnya mereka akan memiliki anak laki-laki, maka seorang Ayah akan bekerja lebih giat lagi dan akan lebih rajin untuk dapat memberikan banyak uang yang digunakan untuk menghidupi keluarga dan bayi laki-laki tersebut karena dianggap kelak akan meneruskan garis keluarga. 

3. Fakta Sejarah Lainnya

Beberapa kisah lain mengungkapkan kalender cina untuk menentukan jenis kelamin bayi ditemukan oleh seorang istri telah disimpan lama di sebuah makam kerajaan kuno. Namun sejarah ditemukannya kalender cina untuk menentukan jenis kelamin bayi ini sebenarnya masih diragukan, sama halnya dengan hasil yang diberikan. 

4. Akurasinya Masih Diragukan

Semua masih terlihat samar dan masih jauh dari ilmu sains meskipun banyak calon Ibu mengatakan kalender cina kehamilan ini adalah salah satu tes non medis terbaik yang pernah ada. 

Mengutip dari laman Baby Center, para peneliti dari Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Michigan telah melakukan sejumlah penelitian untuk menguji metode kalender cina kehamilan dengan meninjau sebanyak 2,8 juta kelahiran di Swedia. 

Mereka menggunakan algoritma yang disesuaikan melalui situs web dengan mengetahui usia bulan dan bulan pembuahan setiap Ibu. Hasilnya, mereka menyimpulkan bahwa kalender cina untuk menentukan jenis kelamin bayi ini hanya memiliki akurasi 50% dan tidak lebih akurat seperti hasil melempar sebuah koin. 

Jadi bila Ibu memutuskan untuk menggunakan kalender cina kehamilan, maka jangan terpaku dengan hasilnya dan gunakanlah hanya untuk bersenang-senang ya Bu!

Cara Menghitung Kalender Cina


Masih penasaran dengan kalender cina kehamilan ini Bu? Kalender cina untuk menentukan jenis kelamin bayi ini terdiri dari dua bagan utama yaitu bagian horizontal merupakan bulan pembuahan dan bagian vertikalnya merupakan usia saat terjadi pembuahan. 

Untuk menentukan hasilnya cukup mudah karena kalender cina kehamilan ini sudah tersedia di berbagai website yang ada. 

Ibu tinggal memasukkan bulan pembuahan (bulan terjadinya kehamilan waktu pertama kali), kemudian diikuti dengan memasukkan usia Ibu saat terjadi pembuahan atau saat Ibu mengetahui dengan pasti tentang kehamilan Ibu, lalu kemudian klik pada bagian prediksi jenis kelamin bayi. 

Kalender cina kehamilan ini dihitung berdasarkan variabel dalam kalender lunar dan dalam hitungan detik Ibu dapat mengetahui prediksi jenis kelamin janin yang ada di dalam kandungan. 

Namun sekali lagi, ini bukan merupakan sebuah kepastian jadi sebaiknya Ibu tidak langsung terburu-buru memastikan nama bayi dengan gender tertentu saja atau langsung membeli kebutuhan bayi sesuai pernyataan yang dihasilkan oleh kalender cina kehamilan ya.

Cara Akurat Mengetahui Jenis Kelamin Bayi


Alih-alih menggunakan kalender cina kehamilan untuk mengetahui jenis kelamin bayi Ibu, ada baiknya Ibu menggunakan metode medis atau sejumlah metode lain yang lebih akurat seperti berikut ini, dilansir melalui laman Baby Center:

1. Menggunakan Tes Prenatal Noninvasif (NIPT)

Tes ini berbeda dengan tes menggunakan kalender cina kehamilan karena NIPT akan diambil melalui darah dan dapat diambil sejak usia kehamilan menapaki 10 minggu. 

NIPT ini merupakan pemeriksaan materi genetik yang asalnya dari plasenta janin yang tercampur dalam darah. Tes NIPT hanya dapat dilakukan oleh rumah sakit dan bisa digunakan juga untuk mengetahui kromosom pada janin apakah ada kelainan (down sindrom atau kelainan lainnya). 

Biasanya tes NIPT tak bisa dilakukan sembarangan, hal ini hanya dilakukan ketika hasil pemeriksaan USG ibu hamil ditemukan kelainan bawaan pada janin. 

2. Menggunakan USG Berbagai Dimensi

Melakukan USG atau ultrasonografi adalah hal yang paling dinantikan oleh kedua orang tua karena biasanya melalui pemeriksaan ini kita seolah dapat menyapa buah hati yang sedang asyik tumbuh sehat di dalam kandungan. 

Untuk mengetahui jenis kelamin bayi Ibu, dokter akan menyarankan USG pada usia pertengahan kehamilan atau dilakukan saat kehamilan menginjak usia 18 dan 22 minggu. Pemeriksaan USG ini terdiri dari banyak varian seperti USG 2D, USG 3D, hingga USG 4 D yang dapat lebih jelas melihat si kecil. 

Melalui pemeriksaan USG, jenis kelamin bayi akan jauh lebih akurat bila dibandingkan dengan cara menghitung kalender cina kehamilan. Pada beberapa rumah sakit tertentu juga telah menyediakan layanan USG gratis bagi Ibu hamil.

3. Tes Genetik Chorionic Villus Sampling (CVS) atau Amniosentesis

Sama halnya dengan Tes Prenatal Noninvasif (NIPT), tes kehamilan ini juga berbeda dengan cara menghitung kalender cina untuk mengetahui jenis kelamin janin. 

Tes Genetik Chorionic Villus Sampling (CVS) atau Amniosentesis dapat juga dilakukan untuk mengetahui kelainan genetik atau kelainan kromosom pada janin dalam kandungan. 

Tes CVS ini biasanya dilakukan antara 10 dan 13 minggu usia kehamilan, sementara itu tes Amniosentesis dapat dilakukan antara 16 dan 20 minggu. Hasil kedua tes ini akan keluar dalam kurun waktu 2 minggu ke depan dan hanya bisa dilakukan oleh tenaga medis di sebuah rumah sakit.

4. Ketika Memilih IVF

Saat Ibu dan suami menjalani proses In Vitro Fertilization atau IVF yang biasanya lebih dikenal dengan proses bayi tabung, maka Ibu dapat mengetahui jenis kelamin bayi bahkan sebelum proses transfer embrio. 

Namun bila embrio yang ditempatkan di dalam Rahim merupakan embrio dari dua jenis kelamin, maka untuk mengetahui pasti jenis kelamin janin akan lebih susah. 

Kalau tidak sabar menanti si kecil, penggunaan kalender cina untuk menentukan jenis kelamin bayi bisa digunakan untuk tujuan bersenang-senang ya Bu.

5. At Home Gender Kits

Alat yang satu ini kabarnya banyak dijual di pasar online dan mudah untuk didapatkan. Jika kalender cina untuk menentukan jenis kelamin bayi dapat dengan mudah diakses melalui banyak website, alat yang satu ini juga tampak mudah dibeli dan digunakan sendiri di rumah. 

Bila cara menghitung kalender cina hanya tinggal klik saja, maka alat untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang dapat dibeli online ini digunakan berdasarkan pengujian darah dan urin Ibu hamil. 

Namun meskipun begitu, tingkat akurasi tes yang satu ini sama dengan kalender cina kehamilan yang belum diketahui secara pasti kebenarannya.

Cara Lain Menebak Jenis Kelamin Bayi


Kalender cina kehamilan dianggap cara non medis yang cukup menyenangkan untuk mengetahui jenis kelamin bayi yang ada di dalam kandungan. 

Cara menghitung kalender cina yang cukup mudah juga sering digunakan sebagai media hiburan bagi sebagian Ibu yang sedang hamil dan tak sabar menanti kelahiran si kecil. 

Melansir dari berbagai sumber, masih banyak cara lain non medis yang biasanya digunakan hanya untuk menebak jenis kelamin bayi tanpa melalui USG, coba cara menyenangkan berikut ini:

1. Melihat dari Kondisi Perut

Kondisi perut Ibu saat hamil biasanya dapat dijadikan ajang menebak jenis kelamin bayi. Bila cara menghitung kalender cina cukup dengan mengunjungi website tertentu saja, namun cara yang satu ini cukup unik dan sering kali berkembang di masyarakat meskipun kadang kala hasilnya meleset. 

Konon kabarnya Ibu hamil dengan perut yang menonjol ke depan (mancung ke depan) akan memiliki anak dengan jenis kelamin laki-laki, sebaliknya jika Ibu hamil dengan perut lebar ke samping maka akan memiliki bayi perempuan.

2. Kondisi Kulit Wajah Ibu Hamil

Beberapa orang menyebutkan Ibu hamil dengan wajah kusam penuh jerawat atau terkesan tidak bersinar maka ia hamil anak laki-laki. Sementara itu ibu hamil dengan wajah bersinar, bersih, berseri-seri kemungkinan sedang mengandung anak perempuan. 

Tes yang satu ini tingkat akurasinya sama dengan cara menghitung kalender cina kehamilan, belum dapat dipastikan akurasinya dan masih menjadi ajang hiburan saja.

3. Kesehatan Rambut Saat Hamil

Ada yang mengatakan bila Ibu sedang mengandung bayi laki-laki maka kondisi rambut Ibu akan tampak lebat dan berkilau. Namun bila bayi yang dikandung perempuan, maka kondisi rambut Ibu seperti tipis dan juga kusam. 

Kalender cina untuk menentukan jenis kelamin bayi mungkin masih lebih jitu karena mempertimbangkan perhitungan dari masa pembuahan dan usia Ibu ya dibandingkan dengan hanya melihat kondisi kesehatan rambut Ibu hamil. Namun untuk bersenang-senang, kenapa tidak?

4. Melihat Bentuk Payudara Ibu Hamil


Melansir dari laman Alodokter, kabarnya dengan melihat bentuk payudara Ibu hamil, kita bisa tahu ia sedang mengandung anak laki-laki atau anak perempuan. 

Jika ibu hamil memiliki payudara kanan lebih besar daripada payudara kiri kemungkinan bayinya laki-laki, namun bila sebaliknya maka bayi yang akan dilahirkan berjenis kelamin perempuan.

5. Melalui Kebiasaan Ibu Hamil

Tes non medis yang satu ini cukup banyak beredar di masyarakat kita dan bahkan beberapa Ibu memiliki hasil yang akurat. Kabarnya bila Ibu hamil tidak suka merawat diri, cenderung malas, dan tampak kusam kabarnya sedang mengandung anak laki-laki. 

Tapi kalau ibu hamil suka bersolek, suka masak, dan tampil cantik maka dapat diduga bayi perempuanlah yang sedang dikandungnya. Apa benar demikian? Coba buktikan yuk!

6. Melihat Panjang Linea Nigra

Mengutip dari laman Alodokter, Linea Nigra merupakan garis hitam yang memanjang dan tampak di tengah-tengah perut Ibu hamil. Jika panjang garis hitam ini hanya sampai pusar, maka kemungkinan janin memiliki jenis kelamin perempuan. 

Namun bila linea nigra memanjang ke atas hingga melewati pusar, maka kemungkinan besar bayinya laki-laki.

7. Melalui Makanan Kesukaan

Makan atau minum sering kali menjadi ajang ngidam para Ibu hamil. Uniknya, melalui makanan kesukaan yang sering dikonsumsi sewaktu hamil kabarnya dapat menentukan jenis kelamin bayi yang sedang dikandung. 

Kalau Ibu hamil suka makanan daging-dagingan seperti ayam, bebek, sapi dan semacamnya, kemungkinan ia sedang hamil anak laki-laki. Tapi jika Ibu sangat menyukai buah dan sayur, kemungkinan bayi yang ada di kandungan berjenis kelamin perempuan.

Editor: Dwi Ratih