Keluarga

Komunitas Ibu Punya Mimpi, Bantu Wujudkan Cita-Cita Tiap Ibu

Komunitas Ibu Punya Mimpi, Bantu Wujudkan Cita-Cita Tiap Ibu

Semua wanita pasti setuju bahwa menjadi seorang Ibu adalah tugas paling mulia di dunia. Bahkan Tuhan pun telah menjamin pahala bagi tiap hal yang Ibu lakukan demi keluarganya.

Kesibukan seorang Ibu setiap hari terkadang membuat Ibu lupa akan identitas dirinya sebagai seorang individu. Sehingga Ibu seringkali melupakan segala mimpi yang menjadi cita-citanya dahulu.

Keinginan untuk kembali berkarier, meneruskan pendidikan atau sekadar mencoba hobi baru menjadi urung diwujudkan. Hal ini tak lain akibat adanya hambatan internal dan alih-alih perasaan Ibu yang tak sampai hati menelantarkan waktu untuk keluarganya.

Padahal tiap Ibu juga berhak memberdayakan diri layaknya wanita lain yang belum berumah tangga lho! Melihat fenomena ini platform belajar online sekaligus berbasis komunitas untuk Ibu bernama, Ibu Punya Mimpi (IPM) kembali mengadakan Festival Mimpi Ibu (FEMPI).

Festival ini akan diadakan sekaligus menyambut Hari Kartini yang rangkaian acaranya telah dilakukan sejak 28 Maret sampai 22 April mendatang. Seperti apa sih rangkaian acaranya? Berikut adalah ulasannya!

Sekilas tentang Ibu Punya Mimpi


Tiap wanita terutama yang sudah menjadi seorang Ibu terkadang butuh wadah sebagai bagian dari dukungan moril. Terutama bagi mereka yang masih memiliki keinginan terpendam untuk mewujudkan mimpinya.

Karenanya, sebagai platform belajar online dan komunitas untuk Ibu dalam menggapai mimpi, Ibu Punya Mimpi berusaha menjembatani. Ibu Punya Mimpi memiliki misi agar Ibu bisa menggapai keinginannya dan menjadi versi terbaik sebagai Ibupreneur.

Ibupreneur sendiri merupakan sebutan bagi para Ibu yang tengah berjuang meraih mimpi melalui berbagai profesi mulai dari Ibu rumah tangga, pekerja formal, pebisnis, akademisi, pekerja industri kreatif dan lain sebagainya. Ibu Punya Mimpi juga menjadi wadah bagi Ibu untuk belajar online dan membuka kesempatan untuk mencari peluang ekonomi lewat ekosistem pemberdayaan.

Sehingga nantinya Ibu diharapkan mampu memberdayakan diri dan membawa perubahan yang berarti bagi orang di sekitarnya. Hingga saat ini platform Ibu Punya Mimpi telah memiliki 3000 anggota yang berasal dari 1277 kota baik dalam maupun luar negeri.

Targetnya, Ibu Punya Mimpi bercita-cita untuk dapat merangkul lebih dari 20.000 Ibu di Indonesia untuk bisa belajar bisnis dan mengembangkan diri agar bisa meraih mimpi-mimpinya. Serta membawa pengaruh bagi seluruh Ibu di Indonesia maupun di dunia.

Rangkaian acara Festival Mimpi Ibu (FEMPI)


Festival Mimpi Ibu digelar dalam rangka menyambut Hari Kartini yang jatuh pada 21 April nanti. Acara ini rutin digelar sebagai wujud perayaan mimpi Ibu Indonesia yang rutin dirayakan dua kali dalam setahun.

Dengan mengusung tema sekaligus campaign #KarenaIbuBisa, CEO & Co-Founder Ibu Punya Mimpi, Marisa Paramita menyampaikan pesan untuk para Ibu Indonesia. Kurang lebih adalah, bahwa menjadi Ibu merupakan peran tambahan yang dialami oleh perempuan. Namun tak menjadikannya sebagai halangan agar Ibu bisa meraih mimpinya.

“Kami berharap seluruh Ibu dapat menyadari bahwa menjadi seorang Ibu bukanlah garis akhir, melainkan seorang Ibu, dalam konteks menjadi dirinya sendiri bisa berkarya di profesi yang sesuai dengan minatnya,” katanya.

Untuk memeriahkan acara FEMPI tahun ini, para penyelenggara akan menghadirkan para Ibu tangguh dan berprestasi sebagai narasumber yang memang ahli di bidangnya. Di antaranya adalah:

1. Mimpi Ibu


Mimpi Ibu adalah rangkaian online workshop yang menghadirkan Ibu inspiratif dan piawai dalam membuat content di media sosial. Pilihan kelasnya adalah sebagai berikut:

  • Kelas “Menjadi Ibu Content Creator Yang Orisinil” dengan narasumber: Jamilatus Saa’diyah
  • Kelas “Jadi Ibu Content Creator, Buka Banyak Peluang Di Era Digital” dengan narasumber: Bunga Ayu Dewi

Benefit:

Peserta workshop ini dapat mengikuti kompetisi Mimpi Ibu Ambassador yang memperebutkan kontrak kerja selama 6 bulan bersama Ibu Punya Mimpi

2. Pasar Mimpi Ibu


Pasar virtual bagi bisnis Ibupreneur untuk mempromosikan produk atau jasanya di website, forum dan Instagram Festival Mimpi Ibu. Tahun ini akan menambah fasilitas promosi melalui Live Chat via Ruang Mimpi Ibu (RUMII) yang merupakan forum dalam kanal IPM dan diikuti oleh semua Ibu yang punya minat belajar dan berbisnis.

3. Bekal Mimpi Ibu


Acara ini merupakan bagian dari webinar sekaligus puncak acara yang diisi oleh Ibu yang pakar di bidangnya sebagai narasumber yang menginspirasi. Webinar ini akan digelar tanggal 19 sampai 22 April dengan tema sebagai berikut:

  • Merayakan proses ‘comeback’ Ibu sebagai individu
  • Strategi Membuat Janji sama Diri Ibu untuk ‘comeback’
  • Ibu Bisa Jadi Apa Saja Yang Ibu Mau, #KarenaIbuBisa

Melalui FEMPI, diharapkan para Ibu menjadi lebih aware terhadap dirinya sendiri. Sehingga mereka tahu bagaimana cara untuk mewujudkan mimpinya tanpa keraguan.

Editor: Atalya