Keluarga

Komunitas Ibu Punya Mimpi Meriahkan Hari Kartini dengan Festival Mimpi Ibu 2022

Komunitas Ibu Punya Mimpi Meriahkan Hari Kartini dengan Festival Mimpi Ibu 2022

Bagi para pengguna Instagram, komunitas Ibu Punya Mimpi tentu sudah tidak asing lagi, bukan? Nah, dalam memeriahkan peringatan Hari Kartini sekaligus untuk memberikan apresiasi kepada seluruh wanita Indonesia, komunitas Ibu punya Mimpi sukses menggelar Festival Mimpi Ibu (FEMPI 2022). 

Penyelenggaraan event ini bertujuan untuk mempromosikan kampanye #KarenaIbuBisa bagi para Ibu, agar bisa kembali berkarya dengan mimpi di profesi yang diminati.

Sebagai informasi, ini adalah tahun ketiga komunitas Ibu Punya Mimpi menyelenggarakan FEMPI secara virtual. Langkah ini diambil sebagai upaya memberikan akses yang lebih luas kepada seluruh Ibu yang berdomisili di berbagai kota di Indonesia maupun luar negeri. 

FEMPI Hari Kartini 2022 diselenggarakan pada 28 Maret hingga 22 April 2022 dengan jumlah peserta mencapai lebih dari 500 orang!

Antusiasme yang tinggi dari para Ibu ini tentu bukan tanpa alasan. Pasalnya, melalui event ini komunitas Ibu Punya Mimpi menyelenggarakan berbagai aktivitas menarik. 

Mulai dari talk show, online workshop, kompetisi dan pasar virtual. FEMPI 2022 juga menghadirkan ibu-ibu tangguh dan berprestasi sebagai narasumber untuk berbagi kisah inspirasi dan best practice mereka dalam mempersiapkan para Ibu untuk kembali meraih mimpi yang mungkin sempat tertunda.

Penasaran seperti apa keseruan FEMPI 2022 yang diselenggarakan oleh komunitas Ibu Punya Mimpi? Berikut adalah ringkasan acaranya bagi Ibu yang mungkin belum berkesempatan mengikuti event tersebut.


Workshop Mimpi Ibu

Online workshop yang diselenggarakan oleh komunitas Ibu Punya Mimpi menghadirkan dua narasumber yang profesional dan kompeten di bidangnya. Mereka adalah Jamilatus Saa'adiyah dan Bunga Ayu Dewi.  

Keduanya merupakan seorang Ibu sekaligus content creator sukses di Indonesia yang sukses bekerja sama dengan sederet selebritis maupun brand papan atas.

Bersama dengan narasumber pertama, yaitu Jamilatus Saadiyah, peserta diajak untuk “Menjadi Ibu Content Creator yang Orisinil” dengan cara memiliki niche yang spesifik dan memberikan konten yang sangat relevan ketika akan terjun sebagai seorang content creator.

Bercermin dari kesuksesan narasumber sebagai seorang Ibu, bidan profesional, sekaligus content creator, akun Instagram @jamilatus.sadiyah sukses meraih lebih dari 288 ribu pengikut. Melalui akun tersebut, beliau aktif membagikan konten seputar kehamilan, kelahiran dan parenting.

Sementara itu, online workshop yang kedua mengusung tema “Rahasia Bikin Konten Menarik Biar Unik”, dengan narasumber Bunga Ayu Dewi @bungaaayu dengan followers 43 ribu di Instagram. 

Ibu yang fokus memberikan tema seputar keluarga dan parenting melalui media sosial ini mengajarkan bagaimana profesi sebagai kreator konten dapat membuka peluang dan menghasilkan keuntungan bagi Ibu di era digital saat ini. Ia juga menjelaskan langkah pembuatan konten yang baik, strategi membuat konten menarik hingga dilirik oleh brand ternama.


Pasar Mimpi Ibu

Pasar Mimpi Ibu meski diselenggarakan virtual, namun beroperasi layaknya bazaar bagi bisnis Ibupreneur untuk mempromosikan produk atau jasanya. Komunitas Ibu Punya Mimpi memberi kesempatan para Ibupreneur untuk mempromosikan bisnisnya di website, live chat forum, video di acara seminar FEMPI, dan Instagram @festivalmimpiibu. 

Perlu diketahui, forum yang digunakan di Ruang Mimpi Ibu (rumii.ibupreneur.org) merupakan sebuah forum online dalam kanal IPM yang bisa diikuti oleh semua Ibu yang memiliki minat belajar, berbisnis dan saling berbagi pengalaman. 

Ada empat kategori pilihan yang didalam pasar mimpi ini diantaranya kategori (1) Baby and Mom World, (2) Food and Beverages, (3) Fashion and Body Care, dan (4) Service and Miscellaneous. 

Kategori terakhir berisi produk pelayanan dan aneka ragam yang dibutuhkan Ibu seperti kelas belajar personal and family financial and investment plan, brand lokal yang menjual handmade craft dan brand pilihan lainnya.


Bekal Mimpi Ibu

Animo para Ibu menyambut FEMPI 2022 semakin terasa mencapai puncaknya, terutama pada penyelenggaraan online talk show selama empat hari dengan narasumber yang sudah cukup populer di bidangnya masing-masing. Antara lain, Aristiwidya Bramantika, Founder Follow your Flow dan Fathya Artha Utami, psikolog sekaligus Co-founder Ibu Punya Mimpi. Ada pula Maureen Hitipeuw, Founder Single Moms Indonesia, serta Ayu Anggayasti, Account Director dari LinkedIn. 

Tak ketinggalan empat Ibu hebat yang berasal dari kalangan praktisi dan komunitas, diantaranya Gianti Amanda, Principal Early Childhood Education Tentang Anak; Yuanita Rohali, CFO PT Petromine Energy Trading; Grace Melia, Praktisi Therapeutic Play; dan Marisa Paramita, CEO dan Co Founder Ibu Punya Mimpi

Di hari terakhir talk show, Ibu Punya Mimpi juga memberikan kejutan tambahan bagi para Ibu yang berpartisipasi, yaitu dengan menghadirkan Asriana S. Septari atau biasa disapa Kak Tari selaku Digital Marketing Manager Flip. Ibu Tari bersama empat Ibu penerima beasiswa Ibu Raih Mimpi dari Ibu Punya Mimpi, berbagi pengalamannya dengan mengajarkan Ibu untuk “Cerdas Berinvestasi Pada Diri Sendiri” sebagai jalan ninja Ibu untuk comeback.


Kehadiran Komunitas Ibu Punya Mimpi mendukung para Ibu untuk meraih mimpinya. Salah satunya dilakukan dengan membangun platform digital (www.ibupunyamimpi.org) berupa website belajar yang mudah diakses oleh Ibu dari manapun. Tak hanya itu, komunitas ini juga menargetkan lebih dari 50.000 Ibu di Indonesia untuk belajar bisnis dan mengembangkan diri dalam menggapai mimpinya dengan turut merangkul para pemangku kepentingan untuk ikut terlibat aktif dalam perjalanan bersama memberdayakan para Ibu, untuk Indonesia dan dunia.