Keluarga

Lagi Viral! Kenalan Dengan Aplikasi Threads & Plus Minusnya Sebelum Download

Lagi Viral! Kenalan Dengan Aplikasi Threads & Plus Minusnya Sebelum Download

Zaman yang semakin berkembang, juga membuat manusia mau tidak mau harus mengembangkan skill demi mengikuti kemajuan zaman. Dulu Ibumin hanya punya akun Friendster, kemudian iseng mencoba buat akun Facebook, Path, Twitter, Tiktok dan saat ini Instagram.

Yes! Instagram maupun Twitter yang menurut Ibumin sudah kaya akan informasi, ternyata masih terus mengembangkan aplikasinya, agar terus up to date mengikuti perkembangan zaman. Apalagi, baru-baru ini, Meta yang merupakan pengembang aplikasi Instagram kembali membuat aplikasi baru bernama Threads.

Kabarnya, aplikasi Threads adalah aplikasi yang mirip dengan Twitter. Threads memungkinkan pengguna untuk memposting video, foto maupun sekadar cuitan hingga 500 karakter, lho!

Tapi siapa sangka, aplikasi Threads juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Yuk, cari tahu dulu sebelum nantinya menggunakan aplikasi ini.

Apa itu aplikasi Threads? 


Photo source: Guiding Tech

Tahukah kamu? Jika mengutip dari Harpers Bazaar sejak dirilis sejak 6 Juli 2023 lalu, aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 30 ribu orang dalam 4 jam, lho! Sebut saja beberapa selebritas dunia layaknya Oprah, Kim Kardashian dan Sarah Jessica Parker juga sudah memiliki akun Threads.

Tapi, sebenarnya apa sih yang dimaksud aplikasi Threads dan bagaimana cara menggunakannya? Aplikasi Threads konon mirip dengan aplikasi Twitter, mulai dari unsur likes, comment, uploads dan share.

Threads sendiri konon merupakan aplikasi text-based buatan Meta. Nah, Meta sendiri sengaja merancang aplikasi ini yang nantinya bisa menjadi ruang tempat suatu komunitas berkumpul untuk mendiskusikan segala sesuatu, mulai dari topik yang sedang viral atau trend.

Kamu juga bisa follow dan terkoneksi terhubung dengan kreator favorit dan dan orang lain yang menyukai hal yang sama. Bahkan, kamu juga bisa membangun followers sendiri untuk membagikan ide, opini, dan kreativitas lainnya kepada semua orang.

Kelebihan dan kekurangan aplikasi Threads


Photo source: The Japan Times

Baik Twitter, Instagram maupun Threads tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Mengutip dari Variety aplikasi Threads juga punya kelebihan da kekurangan, diantaranya:

1. Kekurangan aplikasi Threads

  • Aplikasi Threads tidak bisa sembarang mengganti username, tapi selama tidak digunakan orang lain masih bisa diganti. Ketika melakukan sign up nama pengguna akan terdaftar sama dengan username Instagram
  • Threads menampilkan postingan dari orang yang tidak kamu follow. Meta mengaku masih mengkaji hal ini agar bisa dikembangkan jadi lebih baik
  • Tidak ada fitur direct message personal layaknya Instagram
  • Kita hanya bisa upload gambar dan video dari galeri handphone
  • Sejauh ini, Ibumin belum menemukan fitur hapus akun dalam aplikasi Threads
  • Threads masih belum tersedia di negara Uni Eropa karena, masih dalam proses perlengkapan dokumen sesuai dengan undang-undang yang berlaku di negara tersebut.

2. Kelebihan aplikasi Threads

  • Otomatis langsung terhubung dengan pengguna lain yang punya akun Threads dan Instagram
  • Threads bisa memungkinkan pengguna memfollow dan unfollow akun berbeda di Threads serta Instagram
  • Terdapat fitur private profile layaknya Instagram. Sehingga memungkinkan akun kami jadi lebih aman dan privasi.
  • Bisa memblokir pengguna lain yang dirasa cukup mengganggu. Biasanya, akun yang diblokir tak dapat melihat akun kamu di kedua aplikasi.

Beberapa fitur unggulan dari aplikasi Threads


Photo source: Android Authority

Walau merupakan aplikasi baru dan masih kontroversial, mengingat CEO Twitter yakni Ellon Musk berencana menggugat aplikasi buatan Mark Zuckerberg, namun aplikasi Threads memiliki banyak fitur menarik. Mengutip dari Detik berikut ini adalah fitur unggulan dari aplikasi Threads yang perlu kamu ketahui:

  • Fitur Tab Search

Threads juga memiliki fitur pencarian. Namun, fitur pencarian pada Threads hanya berfungsi untuk mencari akun pengguna saja. Nah, bedanya dengan Twitter, fitur ini nggak bisa mencari topik tertentu yang dianggap menarik.

  • Fitur Tab Home

Tab Home menampilkan postingan dari pengguna lain yang tergabung di Threads. Setiap postingan Threads yang muncul pada bagian feed dilengkapi dengan berapa fitur, mulai dari tombol likes, komentar, repost, dan fitur share.

Photo source: CNN

  • Tab New Threads

Pengguna bisa memposting satu atau rangkaian thread dengan maksimal 500 karakter. Sama seperti fitur Close Friend di Instagram, kamu juga bisa memilih sendiri siapa saja yang bisa melihat thread yang kamu posting.

  • Tab Activity

Pada fitur ini, terdapat 4 menu yang tersedia, yaitu All, Replies, Mentions dan Verified yang masing-masing fungsinya berbeda-beda. All, untuk melihat semua aktivitas dan notifikasi.

Replies dan Mentions, menampilkan notifikasi terkait komentar atau thread yang menandai pengguna. Sementara untuk Verified, akan menampilkan aktivitas dari akun terverifikasi yang kamu follow.

Jadi, menurut Ibumin kesimpulannya adalah aplikasi Threads ini kurang lebih punya fitur yang hampir mirip dengan Twitter. Sehingga, kamu bisa memilih sendiri apakah kira-kira aplikasi ini ke depannya lebih bermanfaat atau tidak. Semoga informasi ini bisa makin meyakinkan kamu dalam menggunakan media sosial yang beragam saat ini ya, Bu.