Keluarga

Lengkap! Ini Cara Merawat Furniture Sesuai dengan Materialnya

Lengkap! Ini Cara Merawat Furniture Sesuai dengan Materialnya

Semua orang mungkin bisa saja membeli furniture yang disukai, tetapi tidak banyak yang tahu cara merawat furniture agar lebih awet. 

Apakah kamu termasuk salah satunya? Jika iya, mungkin ini saat yang tepat untuk mempelajarinya. 

Ssstt, memiliki furniture yang tahan lama juga mengurangi risiko kerugian finansial karena harus memperbaiki atau bahkan membeli furniture yang baru.

Namun demikian, cara merawat furniture kayu tentu akan berbeda dengan cara merawat furniture warna putih. Begitu pula dengan material dan warna furniture lainnya. Artinya, perawatan furniture di rumah tidak bisa dilakukan dengan asal-asalan. 

Lantas, seperti apa cara merawat furniture yang tepat sesuai dengan materialnya? Simak penjelasan lengkapnya dan pastikan tidak ada informasi yang terlewatkan, ya!

1. Cara merawat furniture plastik

Kamu bisa menggunakan cairan pembersih untuk memastikan furniture bebas debu dan kotoran. Akan tetapi, cairan pembersih ini hanya boleh digunakan pada furniture berbahan dasar plastik. 

Untuk mengaplikasikannya, kamu bisa mengoleskan cairan pembersih ke permukaan furniture plastik dengan lap kain bersih. 

Hindari penggunaan sabut gosok stainless steel karena bisa meninggalkan bekas goresan di furniture plastik. Kemudian, keringkan furniture sebelum digunakan kembali.

2. Cara merawat furniture rotan

Dibandingkan dengan furniture berbahan lainnya, furniture rotan memiliki umur yang relatif lebih panjang. Akan tetapi, cara merawat furniture ini juga bukan perkara mudah. Untuk menghilangkan debu dan kotoran di permukaan, gunakan vacuum cleaner.  

Bersihkan dengan perlahan dan jangan ditekan agar permukaan furniture rotan tidak rusak. Sebagai alternatif lainnya, kamu bisa menggunakan sikat kecil berbulu halus untuk membersihkan furniture rotan.

3. Cara merawat furniture kayu

Sampai saat ini furniture kayu masih menjadi primadona bagi masyarakat Indonesia. Warna kecoklatan furniture kayu memberi kesan natural pada desain interior rumah. Lebih dari itu, furniture kayu juga dianggap kokoh dan tahan lama. 

Padahal jika tidak dirawat dengan baik, furniture kayu bisa cepat rusak. Berikut adalah cara merawat furniture kayu yang benar.

  1. Letakkan di tempat kering dan di dalam ruangan bersuhu normal;
  2. Gunakan kain kesat sebagai alas di setiap sudut kaki furniture kayu; dan
  3. Bersihkan furniture kayu secara rutin agar debu dan kotoran tidak menumpuk.

4. Cara merawat furniture besi

Ketika furniture besi di rumah berkarat, kondisi ini tentu akan mengganggu estetika desain interior rumahmu. Untuk itu, pastikan furniture berbahan besi dan stainless steel di rumah bebas karat dengan memanfaatkan larutan cuka. 

Dikutip dari Huffington Post, kandungan asam asetat dalam cuka bereaksi dengan karat serta membantunya larut. Di samping itu, kamu perlu memastikan furniture besi dan stainless steel ini selalu kering agar terbebas dari risiko karat.

5. Cara merawat furniture warna putih

Pemakaian furniture warna putih pada desain interior bisa memberi kesan elegan. Sayangnya, furniture warna putih seringkali dihindari karena dianggap cepat kotor. Tak heran jika banyak orang kesulitan mencari cara merawat furniture warna putih yang tepat. 

Dengan melakukan cara merawat furniture warna putih secara tepat, maka keindahan interior rumah juga terjamin. Inilah hal-hal yang bisa kamu lakukan sebagai cara merawat furniture warna putih.

  1. Pasang cover atau penutup berbahan kain atau plastik di atas permukaan furniture untuk mencegah debu dan kotoran menempel.
  2. Jauhkan furniture putih dari paparan sinar matahari secara langsung agar warna putih tidak menguning.
  3. Bersihkan furniture warna putih secara berkala, setidaknya satu kali dalam seminggu untuk memastikan kondisinya tetap bersih sempurna.

6. Cara merawat furniture berbahan kulit

Nah, kalau kamu memiliki furniture berbahan kulit di rumah perawatan yang dibutuhkan terbilang cukup mudah. Gunakan kain lap untuk mengelap debu dan kotoran di permukaan furniture. 

Jika terdapat noda tumpahan minyak atau mentega, segera bersihkan dengan kain kering hingga noda terserap sempurna. Jika belum berhasil, kamu bisa menggosok bagian yang kotor dengan alkohol. Kemudian keringkan permukaan furniture sebelum digunakan kembali.

7. Cara merawat furniture bahan suede

Selain kulit, beberapa furniture juga dibuat dengan bahan suede. Bahan yang satu ini biasa diaplikasikan untuk membuat sofa. Furniture bahan suede memberi kesan mewah pada desain interior rumah. 

Namun, jika tidak dirawat dengan benar, furniture suede bisa rusak. Untuk merawat furniture bahan suede lakukan langkah-langkah berikut:

  1. Jauhkan furniture suede dari segala bentuk cairan karena bisa menyisakan bercak pada permukaan furniture.
  2. Hindari meletakkan furniture suede di dekat jendela atau suhu panas agar permukaan furniture tetap mulus.
  3. Gunakan plastik pelindung untuk memastikan furniture suede tetap terjaga kebersihannya.

 

8. Cara merawat furniture bambu

Furniture bambu bisa menjadi alternatif untuk kamu yang menginginkan kesan natural pada desain interior, tetapi tidak memiliki budget yang besar. Umumnya, harga furniture bambu relatif lebih murah dibandingkan dengan furnitur kayu. 

Perawatan furniture dengan material bambu juga jauh lebih mudah daripada cara merawat furniture kayu. Kamu hanya perlu mengelap permukaan furniture bambu dengan kain lap kering secara rutin. 

Pastikan furniture bambu selalu dalam keadaan kering, sehingga tidak mudah lapuk. Untuk menjaga furniture bambu tetap mengkilap, kamu bisa mengoleskan sedikit minyak rami di permukaannya.

Itulah tadi panduan lengkap cara merawat furniture berdasarkan bahan materialnya. Selamat mencoba dan semoga bisa membantu furniture di rumahmu lebih awet dan tahan lama.

Editor: Dwi Ratih