Keluarga

Libur Telah Tiba! Intip 7 Tips Liburan Aman Selama Pandemi

 Libur Telah Tiba! Intip 7 Tips Liburan Aman Selama Pandemi

Libur sekolah telah tiba, saatnya mengajak si kecil untuk berlibur bersama nih Bu. Tapi belakangan, kasus Covid-19 di Jakarta malah kembali meningkat.

Bikin liburan kali ini rasanya jadi nggak tenang ya? Walaupun si kecil sudah sangat menanti untuk pergi bersama dengan orang tuanya pada liburan tahun ini.

Sebagai orang tua tentu tak ingin mengecewakan harapan dan keinginan si kecil tersebut. Nah, Ibu nggak perlu khawatir karena meski pandemi belum berakhir kita tetap dapat pergi liburan bersama keluarga dengan aman kok.

Asalkan selama liburan harus tetap menerapkan protokol kesehatan dan menaati peraturan yang berlaku di tempat wisata yang dikunjungi. 

Lalu seperti apa sih tips liburan aman bersama keluarga di tengah pandemi seperti sekarang? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut yuk!

Tips liburan selama pandemi 

Sejak pandemi melanda dunia, tentu saja sangat mengubah berbagai hal yang ada. Termasuk dalam hal berlibur dan berkumpul bersama keluarga. Melansir Everyday Health berikut adalah beberapa tips liburan bersama keluarga yang aman dan bisa kamu terapkan:

1. Ketahui angka positive rate di daerah tempatmu berlibur


Meskipun kamu dan keluarga sudah mendapatkan vaksinasi Covid-19 lengkap, namun tak jadi penghalang untuk tetap mengetahui berapa angka positive rate di daerah yang hendak dikunjungi. Apalagi saat musim liburan, kamu tetap berisiko tinggi untuk terinfeksi virus ini.

Walau kemungkinan jika terinfeksi, tingkat keparahan penyakit cenderung ringan karena sudah melakukan vaksinasi. Akan tetapi tak ada salahnya untuk melakukan hal tersebut ya   Bu. Usahakan untuk memilih daerah tempat liburan dengan kasus yang rendah agar lebih aman.

2. Pastikan penginapan yang kamu tinggali menerapkan prokes ketat


Meskipun beberapa daerah di Indonesia masih banyak yang berzona hijau, namun tak menjadikan kita untuk lengah dalam menerapkan prokes ya Bu. Termasuk dalam hal memilih tempat penginapan yang tepat.

Usahakan agar memilih hotel ataupun villa yang semua karyawan sudah melakukan vaksinasi lengkap. Jangan lupa pastikan kamar tempat menginap selalu dibersihkan dengan baik.

Kamu juga bisa memilih penginapan dengan sirkulasi udara yang cukup baik dan banyak memiliki jendela. Agar lebih aman, pastikan pula seluruh fasilitas di tempat menginap selalu disterilisasi tiap kali ada pengunjung baru. Tips liburan yang satu ini belakangan sering diabaikan, mengingat mulai kendornya prokes oleh beberapa orang.

3. Lakukan testing mandiri sebelum berangkat 


Tips liburan aman selanjutnya adalah melakukan testing mandiri sebelum berangkat ke suatu tempat. Kita tentu tak ingin membawa virus baru ke daerah yang ternyata sudah zona hijau kan Bu?

Nah, alangkah lebih baik demi kenyamanan dan keamanan bersama sebelum liburan pastikan melakukan testing mandiri ke seluruh anggota keluarga yang ikut berlibur. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa kita semua sehat dan tidak membawa virus ke tempat lain. Sehingga dapat menikmati liburan dengan tenang.

4. Pilih destinasi wisata outdoor dibanding indoor

Tips liburan aman yang satu ini juga nggak boleh diabaikan ya Bu. Ada baiknya pilih tempat wisata outdoor ketimbang indoor agar sirkulasi udara tetap terjaga.

Yup! Tempat wisata outdoor dianggap lebih aman dibandingkan wisata indoor. Apalagi di Indonesia ada banyak sekali tempat wisata outdoor yang menawarkan berbagai macam wisata edukasi yang menarik buat si kecil.

Namun, jika terpaksa harus pergi ke tempat wisata indoor ada baiknya selalu kenakan masker ya Bu dan usahakan jangan makan ataupun minum selama berada di dalam ruangan tersebut.

5. Jangan paksakan masuk saat suasana ramai

 

Tempat wisata outdoor memang tengah digandrungi di masa pandemi seperti sekarang. Namun, tak jarang banyak orang masih mengabaikan soal keramaian tempat tersebut dan memaksa masuk dengan alasan itu merupakan ruangan terbuka.

Jangan salah ya Bu! Meski ruangan terbuka bukan berarti tidak bisa menularkan virus. Apalagi jika berdesak-desakan di dalamnya, sehingga alangkah lebih baik usahakan untuk tidak memaksakan masuk saat suasana di dalam sedang ramai. Akan tetapi tak perlu khawatir, beberapa tempat wisata terbuka sudah banyak yang membatasi pengunjung yang berada di dalam kok Bu.

6. Tetap waspada jika anggota keluarga belum semuanya melakukan vaksinasi lengkap


Nggak semua orang sudah melakukan vaksinasi lengkap, terutama bayi dan balita. Tips liburan selanjutnya adalah penting untuk selalu waspada dengan anggota keluarga yang belum melakukan vaksinasi lengkap.

Mengingat bayi dan balita termasuk salah satu kelompok rentan layaknya lansia. Usahakan untuk tidak lengah dalam menerapkan prokes termasuk lebih sering mencuci tangan, menjaga jarak aman dan menghindari bepergian ke tempat wisata dengan sirkulasi udara buruk.

Usahakan agar masker si kecil tidak dilepas kecuali pada saat makan ya Bu. Jangan lupa untuk selalu mandi dan membersihkan diri setelah bepergian, agar virus-virus yang berada di tempat wisata tidak ikut menempel di tubuh kita.

7. Jangan terlalu panik berlebihan, sebaiknya tetap nikmati liburanmu


Setelah melewatkan berbagai macam ujian dan berbagai jenis tes di sekolah, sudah saatnya si kecil diapresiasi dengan mengajaknya berlibur. Meski virus masih ada di mana-mana, Ibu tak perlu khawatir dan panik berlebihan ya!

Bagi kita semua, rasa bosan akibat pandemi ini membuat kita merasa ingin lebih menikmati liburan kali ini. Usahakan untuk tetap rileks dan nikmati liburan ini bersama keluarga. Satu hal yang paling penting, tetap terapkan tips liburan di atas agar liburan bersama keluarga lebih terasa berkesan dan aman ya Bu!

Tips liburan aman jika berkunjung ke tempat keluarga

Nah, selain pergi ke tempat wisata biasanya saat liburan sekolah berlangsung orang tua juga memanfaatkan momen ini untuk mengunjungi sanak saudara di luar daerah. Untuk itu melansir Kids Health berikut adalah tips liburan aman jika berkunjung ke rumah keluarga:

1. Usahakan untuk berkumpul di ruangan terbuka seperti teras rumah atau restoran.

2. Usahakan untuk tidak melepas masker jika berkumpul di dalam ruangan. Kecuali jika hendak makan atau minum.

3. Jaga jarak aman ketika hendak duduk.

4. Jaga agar kunjungan tetap singkat. Kalau perlu jangan ada sesi makan atau minum untuk mengurangi kemungkinan terinfeksi virus yang lebih besar

5. Usahakan untuk tetap tidak berjabat tangan demi mencegah penyebaran virus. Apalagi kamu dan keluarga adalah pendatang baru dari Ibukota dengan tingkat kasus Covid-19 yang sedang meningkat.

6. Tetap terapkan protokol kesehatan 5 M yang sudah dianjurkan oleh pemerintah.

Nah, agar liburan selama pandemi tetap aman dilakukan tips liburan yang disebutkan di atas harus dijalankan dengan baik ya Bu! Supaya liburan bersama keluarga kali ini tetap nyaman dan si kecilpun menjadi senang.

 

Editor: Atalya