Keluarga

Manfaat Bacaan Ayat Kursi dan Artinya yang Tidak Diketahui

Manfaat Bacaan Ayat Kursi dan Artinya yang Tidak Diketahui

Umat Islam pasti tidak asing dengan bacaan ayat kursi dan artinya. Ayat kursi adalah ayat yang terletak dalam surat Al Baqarah ayat 255. Berikut bacaan ayat kursi dan terjemahannya:

اللَّهُ لَا إِلَهَ إِلَّا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الْأَرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلَّا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلَا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلَّا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ وَلَا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafa’at di sisi Allah tanpa izin-Nya? Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar

Pada bacaan ayat kursi dan terjemahannya, tahukah Ibu bahwa di dalam ayat kursi terpapar 3 macam tauhid, yakni tauhid rububiyah, tauhid uluhiyah, dan tauhid nama dan sifat Allah?

Dalam Tafsir Al-Qur’an Al-’Azhim, Ibnu Katsir menjelaskan bahwa bacaan ayat kursi dan artinya memiliki kedudukan yang agung. Dalam hadits shahih dari Rasulullah juga menyatakan bahwa bacaan ayat kursi dan terjemahannya adalah ayat teragung yang terdapat dalam Al Quran.

Waktu-waktu utama membaca ayat kursi

manfaat-bacaan-ayat-kursi-dan-artinya-yang-tidak-diketahui-1

1. Saat pagi dan petang

Bacaan ayat kursi lengkap dibacakan saat dzikir pagi dan petang. Seperti yang dinukil dari Muslim.or.id, berikut manfaat membaca bacaan ayat kursi dan artinya yang banyak tidak diketahui umat muslim. Rasulullah pernah bertanya kepada Ubay bin Ka’ab, “Ayat mana yang paling agung dalam Kitabullah? Ubay menjawab, “Ayat kursi.” Ini sesuai dengan hadis yang diriwayatkan oleh Muslim.

2. Sebelum tidur

Bacaan ayat kursi lengkap disarankan untuk dibaca sebelum tidur. Ini seperti yang dapat kita lihat dari pengaduan Abu Hurairah pada Rasulullah mengenai orang yang mengajarkan padanya bacaan ayat kursi dan artinya.

Abu Hurairah menjawab, “Wahai Rasulullah, ia mengaku bahwa ia mengajarkan suatu kalimat yang Allah beri manfaat padaku jika membacanya. Sehingga aku pun melepaskan dirinya.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bertanya, “Apa kalimat tersebut?” Abu Hurairah menjawab, “Ia mengatakan padaku, jika aku hendak pergi tidur di ranjang, hendaklah membaca bacaan ayat kursi hingga selesai yaitu bacaan ‘Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qoyyum’. Lalu ia mengatakan padaku bahwa Allah akan senantiasa menjagaku dan setan pun tidak akan mendekatimu hingga pagi hari. Dan para sahabat lebih semangat dalam melakukan kebaikan.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pun bersabda, “Adapun dia kala itu berkata benar, namun asalnya dia pendusta. Engkau tahu siapa yang bercakap denganmu sampai tiga malam itu, wahai Abu Hurairah?”, “Tidak”, jawab Abu Hurairah. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata, “Dia adalah setan.” (HR. Bukhari no. 2311)

3. Setelah salat lima waktu

manfaat-bacaan-ayat-kursi-dan-artinya-yang-tidak-diketahui-2

Kita disarankan untuk membaca bacaan ayat kursi dan artinya setiap selepas salat lima waktu. Rasulullah bersabda, “Barangsiapa yang membaca ayat kursi setelah selesai shalat, maka tidak ada yang menghalanginya masuk surga kecuali kematian” (HR. An-Nasa’i)

Manfaat membaca Ayat Kursi

manfaat-bacaan-ayat-kursi-dan-artinya-yang-tidak-diketahui-3

1. Ayat yang paling agung dalam Al Quran

Keutamaan pertama bacaan ayat kursi dan artinya adalah ayat yang paling agung dalam Al Quran. Ayat kursi digolongkan sebagai ayat yang paling agung karena di dalamnya terdapat nama Allah yang paling agung, yaitu Al Hayyu dan Al Qayyum, meski sebagian ulama masih berselisih manakah nama Allah yang paling agung.

Dari Ubay bin Ka’ab, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai Abul Mundzir, ayat apa dari kitab Allah yang ada bersamamu yang paling agung?” Aku menjawab, “Allahu laa ilaha illa huwal hayyul qayyum.” Lalu beliau memukul dadaku dan berkata, “Semoga engkau mudah memperoleh imu, wahai Abul Mundzir.” (HR. Muslim no. 810)

2. Keagungannya melebihi langit dan bumi

Rasulullah bersabda, “Tidaklah Allah menciptakan langit dan bumi melebihi agungnya ayat kursi (karena di dalam ayat tersebut telah mencakup Nama dan Sifat Allah)”

Sufyan Ats-Tsauri berkata, “Sebab ayat kursi merupakan (salah satu) kalamullah (perkataan Allah), sedangkan kalamullah itu lebih agung dari ciptaan Allah yang berupa langit dan bumi (HR. At-Tirmidzi)

3. Salah satu bacaan dzikir sebelum tidur

manfaat-bacaan-ayat-kursi-dan-artinya-yang-tidak-diketahui-4

Rasulullah bersabda, “Apabila engkau mendatangi tempat tidur (di malam hari), bacalah Ayat kursi, niscaya Allah akan senantiasa menjagamu dan setan tidak akan mendekatimu hingga waktu pagi” (HR. Al-Bukhari).

Oleh karena itu, jadikanlah bacaan ayat kursi dan artinya sebagai zikir rutin yang dibaca saat hendak tidur karena salah satu manfaat membaca bacaan ayat kursi dan artinya adalah menjaga tidur manusia agar tidak diganggu setan sampai pagi hari.

Selain itu, bacaan ayat kursi lengkap juga dibaca saat zikir pagi dan petang.

4. Salah satu sebab masuk surga

Seperti hadis yang diriwayatkan oleh An-Nasa’i, jika membaca bacaan ayat kursi dan artinya selepas salat lima waktu, maka ini akan menjadi salah satu sebab umat muslim untuk masuk surga.

Itulah manfaat bacaan ayat kursi dan artinya serta waktu-waktu utama membacanya. Semoga kita selalu mengamalkannya.

Editor: Dwi Ratih