Keluarga

Menabung Emas, Cara Milenial Untuk Lebih Cuan!

Menabung Emas, Cara Milenial Untuk Lebih Cuan!

Pada masa yang semakin berkembang, kaum milenial semakin melek dengan pentingnya menabung, utamanya menabung emas! Siapa yang menyangka, ternyata menabung emas memiliki profit yang menggiurkan dalam beberapa tahun.

Mengapa Memilih Emas?

Memiih emas untuk investasi dan tabungan terbilang bijak. Emas merupakan logam mulia yang nilainya stabil. Keberadaannya yang semakin langka membuat harga emas semakin tinggi. Selain itu, nilainya yang tidak tergerus inflasi dapat membuat investasi emas cocok dipilih untuk mendapatkan cuan lebih dalam beberapa tahun ke depan. Keuntungan menabung emas lainnya adalah bisa dicairkan kapan saja saat kamu membutuhkannya.

Ada dua pilihan dalam menabung emas, yaitu emas murni 24 karat atau emas dalam bentuk perhiasan. Orang jaman dulu lebih senang menabung emas dalam bentuk perhiasan. Selain karena saat itu emas murni 24 karat belum se-booming sekarang, emas dalam bentuk perhiasan bisa digunakan. kalung, gelang, cincin, menjadi pilihan untuk menginvestasikan harta sekaligus mengenakannya. Baik laki-laki maupun perempuan bisa memiliki emas dalam bentuk perhiasan dan mengenakannya sesuai selera. 

Sayangnya, emas dalam bentuk perhiasan bukanlah emas murni. Ada penambahan logam lain untuk memudahkan emas dibentuk menjadi beragam jenis perhiasan. Karena tidak sepenuhnya emas, maka nilainya juga tidak setinggi emas murni. Belum lagi jika ada kerusakan seperti bengkok atau putus, nilainya akan anjlok. Meski masih bisa cuan beberapa tahun ke depan, tetapi tidak lebih cuan dari emas murni lempengan atau batangan.

Di masa sekarang, orang mulai beralih ke emas murni 24 karat. Terlebih lagi karena saat ini sudah banyak produsen emas murni bersertifikat resmi yang mengeluarkan emas murni dalam bentuk lempengan sangat kecil mulai 0.01. Emas ini tidak akan rusak atau patah sehingga nilai jualnya akan mengikuti harga pasar di hari tersebut.

Cara Menabung Emas

Ada beberapa cara menabung emas murni 24 karat yang bisa kamu pilih, yaitu menabung emas ANTAM, menabung emas di pegadaian, dan menabung emas secara online lewat shopee.

1. Cara Menabung Emas ANTAM

Photo source: www.logammulia.com

ANTAM merupakan perusahaan resmi terbesar di Indonesia yang memproduksi emas dan nikel. Emas ANTAM berupa lempengan 0.5 gr sampai 1000 gr. Menabung emas dengan lempengan dari ANTAM ini relatif aman dan mudah. Hanya dengan menyetorkan uang, emas langsung bisa didapatkan. Harga emas ANTAM juga bisa dimaksimalkan saat dijual karena legalitasnya tidak perlu lagi diragukan.

Cara menabung emas ANTAM ada 3 cara:

  • Membeli melalui website resmi www.logammulia.com, kemudian mengambilnya di Butik Emas terdekat. Pengambilan emas tidak boleh diwakilkan, ya.
  • Datang langsung ke Butik Emas terdekat.
  • Membeli di toko emas yang menyediakan emas ANTAM.

2. Cara Menabung Emas di Pegadaian

Photo source: pegadaian.co.id

Menabung emas di pegadaian dianggap sebagai cara paling murah. Karena cukup dengan uang Rp 10.000-an saja, kamu sudah bisa menabung emas di pegadaian.Menabung emas di pegadain ini bukan dalam bentuk lempeng emas seperti ANTAM, melainkan dalam bentuk saldo rekening. Kamu akan memiliki buku rekening yang berisikan jumlah saldo emas kamu dalam gram. Caranya juga mudah, seperti saat menabung di bank. Untuk biaya pembuatan rekening ini sejumlah Rp 50.000 dan biaya administrasi tahunan nya Rp 30.000. Meski tergolong murah, membeli emas di pegadaian akan dikenakan biaya cetak jika kamu ingin mengeluarkan emas yang sudah kamu kumpulkan. Besaran biaya cetak ini juga perlu dipertimbangkan, lho.


3. Cara Menabung Emas di Shopee

Photo source: Shopee


Satu lagi cara menabung emas yang mudah, yaitu melalui marketplace shopee. Pada bagian "Pulsa, Tagihan dan Hiburan" pilihlah bagian "Keuangan" lalu klik "emas". Jika kamu sudah masuk ke bagian tersebut akan muncul jumlah emas yang ingin kamu beli. Pembelian bisa dilakukan dengan transfer bank atau metode pembayaran lain yang disediakan SHopee. Sama halnya dengan Pegadaian, bila ingin mencetak emas milikmu, kamu akan dikenakan biaya pencetakan.

4. Cara Menabung Emas MiniGold

Photo source: minigold.co.id

Cara menabung emas yang satu ini mirip seperti ANTAM. Hanya saja, emas yang disediakan lebih kecil, yaitu mulai dari 0.05 gram atau sekitar Rp 35.000-Rp 40.000. Pembeliannya tidak hanya bisa melalui website tapi bisa juga dilakukan melalui distributor resmi MiniGold. Emas produk MiniGold ini sudah bersertifikat dan dijamin keasliannya. Menariknya, emas MIniGold bisa ditukarkan dengan emas ANTAM jika jumlahnya sudah mencukupi tanpa perlu mencairkannya terlebih dahulu dalam bentuk uang. Nggak cuma untuk menabung emas, emas MiniGold juga bisa digunakan sebagai hadiah kepada orang lain.

Tips Menabung Emas

  1. Sesuaikan dengan kebutuhan. Menabung emas dapat disesuaikan dengan kebutuhan yang kamu inginkan. Dengan menyesuaikan kebutuhan, kamu dapat menghitung kapan akan segera mengambil cuan dari tabunganmu.
  2. Lakukan sekarang. Sebaiknya tidak menunggu harga emas turun atau naik. Karena harga emas dapat turun atau naik kapanpun. Jika menunggu terus, harga emas akan terlalu tinggi untuk kamu mulai membeli.
  3. Lakukan dengan konsisten. Tetapkan jumlah tertentu atau target yang kamu inginkan. Misalnnya jika ingin mengabil untung dari menabung emas dalam 5 tahun, kamu bisa mulai menabung 1 gram emas setiap bulan.
  4. Gunakan uang dingin. Untuk menabung emas, gunakan uang dingin yang bukanlah uang untuk kebutuhan mendesak atau kebutuhan harian. Dengan demikian kamu tidak akan tergoda menjualnya dalam waktu dekat saat kamu tidak punya uang.
  5. Perhatikan harga pasar. Jika membeli melalui distributor, kamu bisa mengamati harga setiap distributornya. Karena distributor ada yang mengambil keuntungan lebih banyak dari distributor lainnya. Dengan mempertimbangkan ini, kamu bisa berhemat lebih banyak.
  6. Siapkan sebagai dana darutat, tapi jangan seluruhnya. Investasikan dana daruratmu di sektor lainnya juga seperti reksadana atau saham.

Penulis: Mega Pratidina Putri
Editor: Dwi Ratih