Keluarga

Mengenal Boneka Arwah Yang Digandrungi Artis Di Indonesia

Mengenal Boneka Arwah Yang Digandrungi Artis Di Indonesia

Boneka merupakan mainan yang identik dimainkan oleh anak perempuan. Ada berbagai macam jenis boneka di dunia, mulai dari berbentuk binatang, tokoh kartun hingga berbentuk seperti layaknya anak manusia.

Seperti yang baru-baru ini menjadi trend di kalangan artis Ibukota dengan koleksi boneka-bonekanya yang tak biasa. Boneka tersebut banyak disebut sebagai boneka arwah atau spirit doll yang dirawat selayaknya seorang bayi.

Sebut saja beberapa artis yang mengadopsi boneka arwah tersebut adalah Ivan Gunawan, Ruben Onsu, Furi Harun dan Celine Evangelista. 

Bahkan Ivan Gunawan sendiri sempat dianggap aneh dan memiliki gangguan psikologis karena mengadopsi dua boneka arwah yang ia beri nama Miracle Putra Gunawan dan Marvelous Putra Gunawan.

Tentu saja apa yang dilakukan Ivan Gunawan ini sontak langsung ramai dibicarakan oleh publik. Meskipun bagi sebagian orang boneka arwah dianggap menyeramkan, namun Ivan dan para artis tetap menganggap boneka arwah layaknya anak mereka sendiri.

Sehingga mereka pun memperlakukan bonekanya layaknya seorang bayi, mulai dari digantikan baju, diajak jalan-jalan hingga ada pula yang diberi makan dan minum susu. 

Lalu sebenarnya apa itu boneka arwah? Mengapa banyak orang yang mengoleksi boneka ini? Simak selengkapnya dalam ulasan berikut ya Bu.

Apa itu boneka arwah? 


Jika melansir kanal Youtube Sepulang Sekolah spirit doll atau boneka arwah ini pertama kali dikenalkan di negara Thailand yang akrab disebut dengan Luukthep. Luuk berarti anak sementara thep berarti Dewa.

Photo source: Suara Merdeka

Jadi jika diartikan secara harfiah, Luukthep berarti anak dari seorang Dewa. Boneka arwah Luukthep ini biasanya memang berbentuk boneka berbahan vinyl yang menyerupai anak manusia biasa dengan rambut yang bisa di tata sesuai selera sang pemiliknya.

Meskipun boneka arwah dari luar tampak seperti mainan biasa, namun sejatinya spirit doll ini merupakan sebuah benda takhayul yang dipercaya oleh orang. 

Di mana di dalam boneka ini sudah diisi dengan roh bayi yang sudah meninggal sebelum dilahirkan, yang dipercaya dapat membawa keberuntungan bagi mereka yang mengadopsinya.

Sebelum dikenal seperti sekarang, di Thailand sendiri Luukthep dahulu lebih dikenal dengan nama Kumanthong. Boneka menyerupai manusia, dengan ukuran lebih kecil yang dianggap sebagai jimat. 

Nah, Luukthep ini merupakan bentuk modern dari Kumanthong yang dipercaya oleh masyarakat Thailand dapat membawa keberuntungan.

Sejak kapan boneka arwah populer di Thailand?

Photo source: Culture Trip

Pada awalnya boneka arwah memang populer di kenalkan oleh negara Thailand pada tahun 2016 lalu oleh Mae Ning yang berprofesi sebagai penjual boneka, ahli ritual dan DJ radio lokal. Melansir The Culture Trip lewat saluran radio, Mae Ning mengklaim kalau boneka milikinya punya kekuatan super.

Tak lama setelah itu, para biksu Buddha dan peramal menggelar ritual untuk menempatkan roh keberuntungan ke dalam boneka plastik tersebut. 

Sejak saat itu, selebriti Thailand pun ikut-ikutan membawa Luukthep ke mana pun mereka pergi, bahkan bisa terlihat di restoran mewah, tempat spa dan kursi pesawat.

Untuk mengadopsi boneka arwah di Thailand ini jelas tidak bisa sembarangan ya Bu. Para orang tua calon Luukthep ini harus mengikuti berbagai ritual seperti pemberkatan agar boneka arwah yang mereka adopsi bisa diisi dengan arwah yang bisa membawa keberuntungan.

Bahkan, selain proses adopsi yang tidak mudah. Boneka arwah ini juga dijual dengan harga yang cukup mahal di Thailand. Yakni berkisar antara Rp 500 ribu hingga jutaan rupiah. 

Nggak hanya itu, boneka Luukthep di Thailand juga harus memiliki sertifikasi khusus agar tidak disalahgunakan.

Lalu kenapa banyak orang koleksi boneka arwah?


Photo source: Tirto.id

Meskipun fungsinya masih sangat misterius, namun boneka arwah yang dikoleksi para artis di Indonesia mulai bermunculan. Para artis tersebut pun tak malu lagi menunjukan boneka arwah yang mereka adopsi karena alasan sudah mulai menyayangi layaknya anak sendiri.

Para artis ini mengaku mengadopsi boneka arwah karena ingin membimbing, merawat dan mendoakan boneka arwah mereka agar lebih tenang. 

Tapi ada juga yang sengaja mengadopsi boneka arwah ini seperti yang dilakukan oleh Ivan Gunawan, dengan tujuan sebagai bagian dari kebahagiaannya.

Apalagi dua boneka yang dia adopsi diketahui sengaja dipesan di Rusia dengan wajah yang mirip dengan Ivan. 

Dengan memiliki boneka arwah, Ivan mengaku jadi bisa lebih belajar bagaimana cara mengurus anak manusia dan mencurahkan semua kasih sayang yang ia miliki pada dua bonekanya tersebut.

Sementara artis Celine Evaangelista sendiri meyakini bahwa spirit doll yang ia miliki tidak berisi arwah seperti yang dimiliki oleh selebritis tanah air lainnya. Mantan istri Stefan William ini mengaku tertarik mengoleksi spirit doll karena memang suka. 

Terlebih setelah melihat wajah-wajah spirit doll yang diberikan oleh Furi Harun sangat cantik layaknya anak manusia sungguhan.

Boneka arwah sekadar hobi atau gaya hidup?


Photo source: Detik Hot

Menurut psikolog Klinis Naomi Ernawati Lestari, dilansir dari kanal Youtube Inews boneka arwah ini merupakan fenomena yang sedang trendy di kalangan masyarakat Indonesia. Apalagi boneka ini seringkali dianggap layaknya anak sendiri.

Sehingga ada dorongan psikologis untuk memelihara, merawat dan menyayangi layaknya anak sendiri. Menurut Naomi, boneka arwah yang menjadi fenomena saat ini pun tidak harus berasal dari orang yang sedang merasa kesepian.

Sebab, kebutuhan untuk merawat dan memelihara ini merupakan naluri alami manusia. Tapi kalau seseorang sudah menganggap bahwa boneka arwah ini adalah makhluk hidup seperti manusia, bisa saja ini dikategorikan sebagai sebuah penyimpangan. 

Menurut Naomi, semua kembali lagi tergantung bagaimana seseorang memperlakukan boneka arwah yang mereka miliki.

Editor: Dwi Ratih