Keluarga

Nggak Kalah Seru! 7 Rekomendasi Film India Netflix Layak Tonton

Nggak Kalah Seru! 7 Rekomendasi Film India Netflix Layak Tonton

Siapa yang waktu kecil pernah nonton film India berjudul Kuch Kuch Hota Hai? Wah, jaman itu film tersebut sangat digandrungi oleh banyak orang ya Bu. Film tersebut juga menjadi bukti bahwa industri film Bollywood nggak kalah bagus dengan film Hollywood.

Film India juga banyak menawarkan berbagai cerita-cerita menarik yang layak tonton. Bahkan, sudah masuk di berbagai aplikasi seperti Viu dan Netflix.

Film India juga punya alur cerita yang cukup berbeda dengan film buatan negara lainnya. Biasanya kisah yang ditawarkan juga cukup menyentuh dan nggak melulu menampilkan aneka lagu-lagu beserta tarian.

Rekomendasi film India Netflix

Nah, menemani waktu me time kamu nggak ada salahnya lho untuk mencoba nonton aneka film India. Lalu, apa saja sih rekomendasi film India Netflix yang wajib ditonton, yuk simak ulasannya berikut ini.

1. The White Tiger


Photo source: Netflix

Diperankan oleh Priyanka Chopra, Adarsh Gourav, Rajkummar Rao film India Netflix yang satu ini berkisah mengangkat soal kemiskinan yang masih menjadi salah satu isu yang dihadapi oleh negara India. Kemiskinan tersebut juga dialami oleh seorang pemuda bernama Balram Halwai (Adarsh Gourav) yang terjepit dalam isu ekonomi sekaligus masalah keluarga.

Ia terlahir sebagai anak dari kasta paling rendah di India. Sehingga sangat sulit mendapatkan pekerjaan. Padahal Balram punya mimpi yang sangat besar.

Ia nekat melamar pekerjaan sebagai supir di rumah konglomerat, tanpa diduga kesempatan bekerja tersebut diterima. Pada awalnya, pekerjaan yang dilakoninya memberi sedikit kelegaan untuk dirinya berupaya keluar dari rentetan masalah pribadi.

Namun, siapa yang menyangka insiden kecelakaan membuat hubungannya dengan majikan berubah hingga berujung pemecatan dan rencana pembunuhan. 

Berlatar tahun 2010, film karya sutradara Amerika keturunan Iran, Ramin Bahrani ini sebelumnya sukses menggarap film-film berbiaya rendah namun ciamik seperti Man Push Cart (2005) dan Goodbye Solo (2008). Sementara Adarsh Gourav sebelumnya bermain dalam film My Name is Khan (2010).

2. The Girl On The Train

Photo source: Dibalik Cerita

Rekomendasi film India Netflix selanjutnya berjudul The Girl on the Train yang diadaptasi dari novel best seller berjudul sama karya Paula Hawkins. Film ini bercerita tentang Mira Kapoor (Parineeti Chopra) yang tinggal di London.

Ia merupakan seorang perempuan yang selalu melakukan perjalanan kereta api dengan melewati rute yang sama. Namun ia beru saja bercerai dari suaminya, Shekhar (Avinash Tiwary).

Dalam perjalanan tersebut, perempuan ini pun kerap menyaksikan pemandangan pasangan suami-istri di sebuah rumah yang berada di area sekitar rute kereta api. Namun, sebuah insiden terjadi hingga Mira dituduh sebagai pembunuh. Wah, kira-kira apa yang selanjutnya terjadi ya? 

Daripada penasaran lebih baik langsung nonton rekomendasi film India Netflix yang satu ini yuk Bu.

3. Tribhanga

Photo source: Dailysia

Tribhanga merupakan salah satu film India Netflix yang cukup berkualitas. Selain diperankan oleh aktris India kelas atas seperti Kajol, Tanvi Azmi dan Mithila, film ini juga di garap oleh sutradara kenamaan India yakni, Renuka Shahane.

Nggak lain, film ini juga mengangkat isu sosial yang kerap terjadi di negara tersebut. Berkisah tentang sosok ibu yang lebih memusatkan perhatiannya terhadap karier ketimbang anak-anaknya.

Dampaknya, kehidupan anak menjadi rentan dan terlihat kurang kasih sayang dan perhatian. Tapi siapa sangka anak-anak mereka justru tumbuh menjadi sosok yang positif.

Film yang rilis pada pertengahan Januari 2021 ini memasukkan isu kekerasan seksual, bunuh diri, serta normativitas di masyarakat soal bagaimana seharusnya perempuan bersikap. 

Film ini juga jadi tamparan keras bagi kita para orang tua yang kerap sibuk bekerja dan tanpa sadar sering mengabaikan si kecil nih Bu. Penasaran gimana kisah selanjutnya? Yuk langsung nonton filmnya.

4. Skater Girl

Photo source: Netflix

Rekomendasi film India Netflix selanjutnya adalah Skater Girl yang mengisahkan seorang gadis remaja dari Rajasthan bernama Prerna (Rachel Saanchita Gupta) yang gemar bermain skateboard. 

Namun, akibat tradisi dan budaya dari orang tuanya, Prerna hanya bisa bermain skateboard secara diam-diam agar tidak memperoleh sanksi sosial.

Sebab, sebagai gadis desa orang tua Prerna tahu bahwa ujung-ujungnya ia tidak akan bisa mewujudkan cita-citanya untuk bermain skateboard karena harus siap dijodohkan di usia belasan. Yup, dijodohkan di usia belasan merupakan hal yang wajar bagi masyarakat India.

Tapi, Prerna punya cita-cita lain dan nggak ingin hidupnya berakhir di pernikahan belia. Namun sayangnya, Prerna tidak punya pilihan selain menuruti keinginan kedua orang tuanya. Lalu, akankah Prerna menuruti orangtuanya atau justru memilih konsekuensi terusir dari keluarga dengan menolak pernikahan itu? 

Daripada penasaran, lebih baik tonton langsung film India Netflix yang satu ini sekarang juga yuk Bu.

5. Serious Man

Photo source: IMDb

Serious Man merupakan film India Netflix bergenre komedi dan drama yang menyentuh hati. Film India Netflix yang satu ini mengisahkan perjuangan Ayyan Mani (Nawazuddin Siddiqui) yang merupakan Ayah sekaligus seorang pria dari kaum Dalit atau kaum tak berkasta di India yang punya cita-cita untuk mengubah takdir.

Tujuannya tak lain adalah agar anaknya yang bernama Adi (Aakshath Das) mampu meraih masa depan yang cerah melalui pendidikan. Namun, sayangnya, anak tersayangnya tidak cukup pintar untuk mewujudkan cita-cita sang Ayah.

Sehingga tak jarang, Ayyan Mani sering dianggap sebagai Ayah yang menjadikan anaknya sebagai ‘badut’ untuk mendapatkan sesuatu yang dia inginkan. Meski orang sekitar Ayyan tidak tahu tujuan mulianya agar keluarganya tidak dipandang sebelah mata dan mendapatkan kehidupan yang layak.

Meski dibalut dengan komedi, namun beberapa adegan juga tak jarang sering membuat penonton terharu dengan perjuangan keduanya. Jangan lupa siapkan tisu kalau Ibu hendak nonton film India Netflix yang satu ini ya!

6. Mimi

Photo source: Tribunnewswiki

Mimi merupakan remake dari film Mala Aai Vhhaychy yang rilis tahun 2010. Film ini berkisah tentang Mimi, perempuan yang punya bermimpi menjadi artis dan seringkali menari di depan tamu-tamu hotel.

Hingga suatu hari, ia bertemu dengan pasangan turis bernama John dan Summer yang didiagnosis tidak bisa memiliki keturunan. Lalu mereka menawarkan Mimi untuk jadi Ibu pengganti bagi pasangan tersebut.

Awalnya Mimi menganggap hal ini merupakan tawaran ‘gila’, hingga akhirnya ia tergiur dengan nominal uang yang ditawarkan keduanya. Konflik terjadi ketika proses inseminasi berhasil dilakukan, namun dokter mengatakan bahwa anak yang dikandung Mimi kemungkinan akan lahir cacat fisik.

Akankah pasangan ini mau menerima anak yang dikandung Mimi? Atau mungkin justru meminta Mimi untuk menggugurkan kandungannya? Dari ada penasaran lebih baik langsung nonton langsung aja ya Bu. Eits, jangan lupa siapkan tissue juga ya!

7. Pagglait


Photo source: IMDb

Rekomendasi film India Netflix yang terakhir berjudul Pagglait yang mengisahkan perempuan bernama Sandhya (Sanya Malhotra) yang baru saja menikah. Namun lima bulan setelah pernikahan ia menjadi janda karena suaminya meninggal.

Kehilangan itu membuatnya mencari lagi jati dirinya kembali. Sayang budaya patriarki yang masih melekat di India membuatnya terkekang. Sehingga membuatnya menjadi muak dan hendak keluar dari lingkaran tersebut meski keluarga banyak yang melarang.

Vibes dari film ini secara keseluruhan siap membawa penonton pada kisah yang penuh emosional, menginspirasi dan menghibur, serta arti penting berjuang bangkit dari berduka atas kematian suami. Film India Netflix ini sudah rilis sejak Maret 2021 lalu dan siap jadi salah satu film Bollywood paling direkomendasikan tahun ini.

Editor: Dwi Ratih