Keluarga

Perhatikan! Pertolongan Kesetrum Listrik Agar Anak Tak Lagi Jadi Korban

Perhatikan! Pertolongan Kesetrum Listrik Agar Anak Tak Lagi Jadi Korban

Teknologi listrik menjadi sebuah kebutuhan pokok yang perannya amat krusial bagi manusia. Sayangnya, meski sangat penting bagi kita namun listrik sering menjadi hal yang bisa mengancam nyawa seseorang.

Seperti yang baru-baru ini terjadi pada satu keluarga di kawasan Pulomas, Jakarta Timur. Satu keluarga dikabarkan meninggal akibat sengatan listrik yang belakangan diketahui berasal dari korsleting pemanas air atau water heater.

Kejadian ini tentu membuat kita harus lebih waspada dan rajin mengontrol arus listrik di rumah. Misalnya saja lebih peka ketika ada kabel listrik yang berantakan dan lain sebagainya.

Tujuannya agar tak ada korban yang jatuh akibat arus pendek listrik tersebut. Tapi bagaimana ya jika kita harus melakukan pertolongan kesetrum apabila hal ini terjadi pada si kecil?

Mau tidak mau pasti harus dihadapi ya Bu. Untuk itu, yuk perhatikan pertolongan pertama anak kesetrum listrik yang penting kamu lakukan!

Penyebab seseorang kesetrum listrik


Seseorang dikatakan tersengat arus listrik ketika ia memiliki kontak langsung dengan arus tegangan tinggi dan kemudian mengalir ke seluruh tubuhnya. Melansir Very Well Health ada banyak penyebab yang bisa membuat orang kesetrum listrik diantaranya adalah:

1. Sambaran petir

Ketika suatu objek tersambar petir maka besar kemungkinan objek tersebut punya daya listrik yang cukup tinggi. Sehingga menjadi salah satu target utama ketika petir hendak menyambar. Contohnya; tiang listrik, pohon yang tinggi dan lain sebagainya.

2. Stop kontak dengan kabel listrik

Kabel listrik yang jatuh ke lantai dengan posisi kabel-kabelnya yang tidak terawat dan terbuka dapat menyebabkan seseorang tersengat listrik. Sehingga ketika memiliki stop dengan kabel terbuka seperti ini sangat wajib menjadi perhatian. Apalagi yang justru sering menjadi korban adalah anak-anak.

3. Memasukkan jari atau benda ke dalam soket listrik

Masih memiliki soket listrik yang tertanam di tembok rumah? Tapi kamu sadar masih memiliki anak kecil yang suatu saat bisa saja memasukan jarinya ke dalam sana? Mulailah untuk menutup semua soket listrik yang kamu miliki di rumah, agar lebih aman untuk si kecil ya Bu.  

4. Adanya kabel atau peralatan listrik yang rusak

Peralatan listrik yang rusak seringkali dianggap sudah tak berfungsi dan tidak bisa mengaliri listrik kembali. Jelas hal ini salah besar ya Bu!

Sebab, meski kabel di dalam alat listrik tersebut sudah rusak namun masih ada kemungkinan untuk mengaliri listrik di kabel lain yang masih berfungsi. Sehingga jika memiliki alat yang rusak ada baiknya segera melakukan reparasi agar tidak menjadi penyebab seseorang kesetrum listrik.

Akibat seseorang kesetrum listrik


Nah, ketika seseorang sudah tersengat listrik maka otomatis akan ada efek yang sangat khas dari tubuhnya diantaranya adalah:

  • Terdapat luka bakar;
  • Tubuh kejang akibat masih adanya aliran listrik yang mungkin tersisa;
  • Mengalami kejang;
  • Sakit kepala atau pusing jika sengatannya ringan;
  • Kesemutan;
  • Pingsan atau hilang kesadaran;
  • Sulit melihat dan mendengar;
  • Mengalami kerusakan otot, saraf dan jaringan penting lainnya; dan
  • Detak jantung tidak beraturan atau bahkan bisa menyebabkan seseorang henti jantung hingga meninggal.

Meskipun sengatan listrik bisa dihindari dengan menjauhkan penyebabnya, namun masih ada saja orang yang kesetrum listrik tiap harinya. Sayangnya, korban kesetrum listrik yang dilaporkan paling sering adalah anak-anak.

Karena jika anak kesetrum listrik bisa menyebabkan hal yang fatal bagi tubuhnya hingga bisa mengancam nyawa, namun ada beberapa pertolongan kesetrum listrik yang bisa orang tua lakukan di rumah.

Pertolongan pertama anak kesetrum listrik


Kejadian anak kesetrum listrik yang terjadi di Pulomas diakibatkan oleh korsleting water heater atau pemanas air saat sang Ibu sedang memandikan bayinya. Namun nahas, sang baby sitter dan sang suami yang berusaha menolong malah ikut tersengat listrik juga.

Untuk itu, dalam melakukan pertolongan kesetrum listrik pada anak harus sangat berhati-hati. Sebab, aliran listrik ibarat seperti api yang mudah sekali menyambar benda lain termasuk tubuh seseorang. Melansir Better Health berikut adalah pertolongan kesetrum listrik yang bisa kamu lakukan di rumah:

  • Periksa lingkungan sekitar. Pastikan tidak ada orang lain disekitarmu yang berpotensi ikut tersengat listrik;
  • Matikan daya listrik utama di rumah;
  • Gunakan alas kaki atau sendal karet untuk menghindari kemungkinan adanya sisa aliran listrik di area tersebut;
  • Jangan sentuh orang yang tersengat listrik sampai daya listrik utama sudah benar-benar dimatikan;
  • Kamar mandi dan lingkungan basah sangat mudah menghantarkan listrik, untuk itu pertolongan kesetrum selanjutnya adalah pastikan lokasi tersebut tidak basah;
  • Hubungi petugas listrik untuk memutuskan seluruh pasokan listrik di suatu daerah, komplek perumahan atau perkampungan tempat tinggalmu; dan
  • Jika pasokan listrik belum bisa dimatikan seluruhnya, cobalah untuk perlahan menyentuh korban namun tidak dengan tangan kosong ya Bu! Kamu bisa menggunakan sesuatu yang kering dan tidak menghantarkan listrik seperti; gagang sapu berbahan kayu. Pindahkan korban ke tempat yang lebih aman agar aliran listrik berhenti menyengat tubuhnya.

Pertolongan ketika ada luka bakar


Luka bakar merupakan ciri khas utama ketika seseorang ataupun anak kesetrum listrik. Jika terdapat luka bakar pada korban, maka pertolongan kesetrum yang bisa kamu lakukan adalah sebagai berikut:

  • Pastikan orang tersebut dalam keadaan sadar, bicaralah dengan tenang dan yakinkan korban baik-baik saja;
  • Rawat luka bakar dengan air dingin yang mengalir selama 20 menit;
  • Tutupi luka bakar dengan perban yang tidak menempel pada kulit. Kamu juga bisa menggunakan cling wrap atau plastik wrap yang diaplikasikan secara longgar ke bagian yang terluka. Usahakan jangan mengaplikasikan terlalu erat agar bagian yang terluka tidak makin cedera dan membengkak;
  • Jangan mengoleskan salep atau minyak pada luka bakar; dan
  • Cobalah untuk tidak memindahkan siapa pun yang jatuh kesetrum dari ketinggian dengan luka bakar. Sebab mereka mungkin juga bisa mengalami cedera tulang belakang yang makin fatal apabila tubuhnya digerakan.

Pertolongan kesetrum ini sangat penting diperhatikan dengan baik ya Bu. Sebab aliran listrik ini sangat mudah sekali menyambar sesuatu yang dekat dengannya. Terutama pada benda yang dapat mengalirkan listrik seperti tiang besi, lingkungan basah, tubuh manusia ke manusia lain dan sebagainya.

Editor: Dwi Ratih