Keluarga

Rekomendasi RSIA Di Jakarta Dengan Fasilitas Paling Lengkap!

Rekomendasi RSIA Di Jakarta Dengan Fasilitas Paling Lengkap!

Saat Ibu maupun si kecil sakit banyak orang tua yang lebih memilih berobat ke rumah sakit Ibu dan anak atau RSIA ketimbang rumah sakit umum. 

Yup, bagi Ibu dan si kecil RSIA bagaikan rumah sendiri yang memiliki fasilitas cukup nyaman dan bisa melayani segala macam masalah kesehatan maupun konsultasi seperti program kehamilan, melahirkan, hingga kesehatan Ibu dan buah hatinya.

Pelayanan kesehatan di RSIA mungkin memang terbatas dan hanya fokus pada kesehatan Ibu dan anak saja. 

Tapi justru karena keterbatasannya inilah para orang tua lebih menyukainya, karena tak banyak pasien yang antri mengular layaknya rumah sakit umum.

Rekomendasi RSIA di Jakarta

Buat kamu yang sedang mencari RSIA di Jakarta dengan fasilitas lengkap dan pelayanannya ramah, yuk simak rekomendasi RSIA di Jakarta berikut ini.

1. RSIA Bunda Menteng


Photo source: Alodokter

RSIA Bunda Group pada awalnya hanyalah klinik praktek pribadi Dr. Rizal Sini Sp.OG. Kemudian pada tahun 1970-1972, dokter Rizal mendirikan Rumah Bersalin Bunda bersama rekan juniornya.

Beberapa tahun kemudian berkembang menjadi RS Bunda Group yang merupakan RSIA di Jakarta yang memiliki beberapa poliklinik dan fokus pada masalah kesehatan Ibu dan anak. 

Poliklinik di rumah sakit ini diantaranya adalah klinik kebidanan dan kandungan, anak, alergi anak, umum, tumbuh kembang, penyakit dalam, dan laktasi.

Alamat: Jl. Teuku Cik Ditiro No.28, RT.9/RW.2, Menteng, Jakarta Pusat.

Website: https://www.bunda.co.id/web/rsiabundajakarta

2. RSIA Awal Bros Evasari

Photo source: Konsula

Rekomendasi RSIA di Jakarta yang satu ini menyediakan layanan khusus kesehatan Ibu dan anak seperti layanan USG 3 dan 4 dimensi, inseminasi, serta pemeriksaan jantung (elektrokardiogram). Mereka juga memiliki fasilitas penunjang seperti ruangan ICU, NICU dan PICU.

RSIA Awal Bros Evasari juga punya salah satu keunggulan yakni memiliki ruang rawat inap anak dan perawatan bersalin yang sangat nyaman. Membuat para pasien merasa benar-benar berada di rumah sendiri.

Alamat: Jalan Rawamangun No. 47, Pramuka, Jakarta Pusat

Website: https://awalbros.com/branch/evasari/

3. RSIA Tambak


Photo source: Facebook

Jika rumah Ibu berada di wilayah Manggarai dan sekitarnya, RSIA Tambak bisa menjadi salah satu pilihan rekomendasi RSIA di Jakarta ya Bu. Sejak berdiri 2003, RSIA di Jakarta ini telah terakreditasi oleh Komisi Akreditasi Kementerian Kesehatan RI.

Nggak hanya itu, RSIA Tambak juga punya fasilitas ruang rawat inap yang sangat nyaman dengan pelayanan yang ramah. Nggak hanya itu, rumah sakit ini juga menerapkan program IMD (Inisiasi Menyusu Dini) yaitu langsung menyusukan bayi segera setelah persalinan.

Sebab, ternyata tak banyak lho RSIA yang menerapkan program ini. Terlebih jika melahirkan si kecil secara operasi caesar. RSIA Tambak juga memiliki klinik laktasi. 

Selain itu, mereka juga memiliki klinik hypnobirthing dan klinik psikologi yang dapat membantu memperlancar persalinan para Ibu nantinya.

Alamat: Jl Tambak no 18, Menteng, Jakarta Pusat.

Website: https://www.rsiatambak.com/

4. RSIA Kemang Medical Care


Photo source: Kumparan

Rekomendasi RSIA di Jakrta selanjutnya adalah RSIA Kemang Medical Care atau KMC yang terletak di kawasang Ampera, Kemang Jakarta Selatan. RSIA KMC memiliki pasien setia yakni Ibu dan anak yang punya tujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik yang didedikasikan secara eksklusif kepada wanita dan anak.

Rumah sakit ini juga punya fasilitas dan layanan yang sangat baik dengan didukung oleh tenaga kesehatan yang profesional dan ramah. RSIA KMC juga memiliki ruang perawatan yang berkualitas, sehingga membuat pasien merasa nyaman ketika rawat inap di rumah sakit ini.

Alamat: Jl. Ampera Raya No.34, RT.2/RW.9, Ragunan, Kec. Ps. Minggu, Jakarta Selatan

Website: https://www.kemangmedicalcare.com/

5. RSIA Asih

Photo source: Goalkes

Terletak di kawasan Panglima Polim, Jakarta Selatan RSIA Asih menjadi salah satu rekomendasi RSIA di Jakarta yang menjadi favorit para orang tua. 

Rumah sakit ini menyediakan layanan poliklinik berupa klinik kebidanan dan kandungan, klinik anak, klinik gizi,  parents education clinic, klinik fertilitas, serta klinik fetomaternal.

Mereka juga memiliki ruang NICU. Sebagai penunjang, RSIA ini didukung oleh tim tenaga kesehatan seperti dokter dan perawat yang profesional di bidangnya.

Alamat: Jalan Panglima Polim 1 No. 34, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Website: https://rsiaasih.co.id/

6. RS Brawijaya 


Photo source: Avitalia Health

RSIA Brawijaya merupakan salah satu RSIA di Jakarta yang memiliki fasilitas lengkap dan cukup nyaman bagi Ibu dan anak. Rumah sakit ini juga punya dua cabang yakni Brawijaya Antasari dan Brawijaya Saharjo.

Meski begitu, keduanya tetap menyediakan layanan paripurna paling lengkap dalam kesehatan kandungan dan kebidanan, kesehatan wanita, serta perawatan anak dengan menekankan pada kualitas dan keselamatan pasien melalui manajemen modern dan independen. 

Fasilitasnya pun cukup memadai dengan adanya Intensive Care Unit (ICU, NICU, dan PICU), ruang menyusui, laboratorium, farmasi, kafe hingga toko yang menyediakan perlengkapan bayi.

Nggak heran banyak sekali orang tua yang memilih rumah sakit ini untuk merawat kesehatan Ibu dan anak. Sebab, dokter-dokter di rumah sakit ini pun juga sangat ramah dan semakin menambah nilai plus dari para pasiennya.

Alamat: Jl. Taman Brawijaya No.1, RT.3/RW.3, Cipete Utara, Kec. Kby. Baru, Jakarta Selatan

Website: https://www.brawijayahospital.com/

7. RSAB Harapan Kita


Photo source: Antara News 

RSAB Harapan Kita telah lama dikenal sebagai rumah sakit rujukan Birth Defects Integrated Center (BIDIC) atau layanan kelainan bawaan lahir dalam satu atap yang komprehensif dan terintegrasi. Sebab, RSAB Harapan Kita memiliki beragam fasilitas penunjang khususnya bagi anak dengan kelainan bawaan lahir.

Rumah sakit ini juga memiliki fasilitas ruangan Intensive Care Unit (ICU, NICU, dan PICU) yang cukup lengkap. Tak heran RSAB Harapan Kita menjadi salah satu rekomendasi RSIA di Jakarta yang paling banyak dikunjungi oleh pasiennya.

Selain sebagai rujukan kelainan bawaan lahir, rumah sakit yang memiliki visi ingin menjadi terdepan dalam pelayanan kesehatan perempuan, perinatal dan anak juga memiliki layanan utama yakni Klinik Bayi Tabung Melati yang sudah berdiri sejak tahun 1987.

Alamat: Jalan Letjen S. Parman Kav. 87, Slipi, Jakarta Barat.

Website: https://www.rsabhk.co.id/

8. RSIA Bunda Aliyah


Photo source: Halodoc

RSIA Bunda Aliyah adalah salah satu rumah sakit khusus Ibu dan anak tipe B yang sudah berdiri sejak tahun 2004 dan pertama kali mulai mengadakan kegiatan pelayanan kesehatan sejak tanggal 16 Januari 2008. 

Rumah sakit ini juga memiliki fasilitas NICU, rawat inap Ibu dan bayi serta klinik kebidanan dan perawatan pasca bersalin yang cukup lengkap.

Bahkan dokter-dokter kandungan dan dokter anak yang dimiliki rumah sakit ini juga menjadi favorit para Ibu lho! Jadi nggak heran deh kalau setiap harinya banyak sekali Ibu dan anaknya yang mengantri di poli.

Alamat: Jl. Pahlawan Revolusi No 100, RT 004/003. Pondok Bambu, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Website: https://www.bundaaliyah.com

9. RSIA Sam Marie Basra


Photo source: Halodoc

Rekomendasi RSIA di Jakarta selanjutnya adalah RSIA Sam Marie Basra yang masih ‘tetangga’ dengan RSIA Bunda Aliyah. Sebab, RSIA Sam Marie Basra juga terletak di sekitaran Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Rumah sakit ini memiliki klinik kehamilan dan persalinan, klinik umum, klinik kesehatan gigi dan klinik perawatan kulit. Layanan unggulan dari RSIA Sam Marie antara lain fertilitas/menoandropause, imunisasi leukosit suami serta program pilih jenis kelamin bayi.

Alamat: Jl. Jend. Basuki Rachmat No.31, RW.2, Pd. Bambu, Kec. Duren Sawit, Kota Jakarta Timur.

Website: https://www.sammariebasra-hospital.com/

10. RSIA Grand Family


Photo source: Family Hospitals

RSIA Grand Family merupakan rekomendasi RSIA di Jakarta yang terakhir dan cukup menjadi rumah sakit favorit para orang tua nih Bu. Nah, telah beroperasi selama lebih dari 10 tahun hingga saat ini RSIA Grand Family berhasil menjadi pilihan utama penyedia layanan kesehatan Ibu dan anak di wilayah Jakarta Utara dan sekitarnya lho!

RSIA Grand Family menyediakan layanan kesehatan Ibu dan anak yang cukup lengkap, mulai dari dari layanan kebidanan & kandungan dan kesehatan anak umum hingga layanan sub spesialis seperti paru dan pernapasan, pencernaan anak dan juga unit tumbuh kembang yang dilengkapi dengan area bermain anak (playground).

Alamat: Komplek Elang Laut Boulevard, Jl. Pantai Indah Selatan 1 No.1, RT.3/RW.3, Kamal Muara, Kec. Penjaringan, Jakarta Utara

Website: https://www.rsiagrandfamily.com/

Editor: Dwi Ratih