Keluarga

Rileks Sejenak! Ketahui Manfaat Me Time Untuk Ibu

Rileks Sejenak! Ketahui Manfaat Me Time Untuk Ibu

Menjalankan aktifitas sehari-hari baik mengurus rumah tangga ataupun bekerja di kantor, tentu sangat menguras tenaga seorang Ibu. Meski hal ini merupakan risiko sebagai Ibu, tapi ada kalanya rasa lelah tersebut bisa dibayarkan sebentar dengan memberikan waktu me time untuk Ibu.

Belakangan ini, hal tersebutlah yang dilakukan oleh penyanyi Raisa Andriana di Bali hanya untuk sekadar melakukan me time untuk Ibu. 

Selama 48 jam atau 2 hari, istri dari Hamish Daud ini menghabiskan me timenya untuk melakukan segala hal yang dia inginkan tanpa anak dan juga sang suami.

Seperti sekadar mandi dengan waktu yang lebih lama, menonton drama Korea favorit hingga tertidur pulas dan menghabiskan waktu dengan menikmati pemandangan di sekitar penginapan di Bali. 

Raisa sendiri menyebut waktu me time untuk Ibu kali ini sebagai “mommy-moon”. Tentunya hal ini sengaja ia lakukan sebagai ‘reward’ untuk diri sendiri.

Yup, di balik Ibu yang tangguh dan tampak kuat namun Ibu tetaplah manusia biasa yang butuh waktu untuk memanjakan diri sendiri. Tujuannya agar pikirannya kembali lebih sehat dan kembali semangat menjalankan aktifitasnya.

Namun sayangnya, banyak juga yang justru melupakan me time untuk Ibu sebagai hal yang harus dilakukan agar Ibu tetap ‘waras’ dan punya waktu rileks. Alih-alih tak tega menitipkan si kecil pada suami atau orang tua, atau malah berpikir bahwa kamu adalah Ibu yang egois.

Padahal me time untuk Ibu punya beragam manfaat yang mungkin jarang disadari. Yuk simak apa saja manfaat me time untuk Ibu dan apa saja kegiatan me time sederhana yang bisa Ibu lakukan walau hanya sebentar dalam artikel berikut ini.

Kenapa Ibu juga butuh me time? 


Sebagai seorang Ibu, terkadang ada saja pikiran yang terbersit jika kita melakukan me time untuk Ibu ini menunjukkan bahwa kita merupakan seorang Ibu yang egois. Padahal sebenarnya nggak seperti itu ya Bu, kitalah yang harus mulai belajar untuk mengubah mindset tersebut.

Malansir Parenting First Cry me time untuk Ibu sangat penting, terutama bagi para Ibu baru. Sebab, ketika Ibu merasa bahagia dan moodnya baik maka anaknya pun otomatis akan ikut bahagia.

Jadi, nggak perlu merasa bersalah jika dalam satu hari nggak bisa hadir di sekat anak hanya untuk punya waktu me time ya Bu. Jangan sampai, rasa bersalah ini dapat membebani pikiranmu sehingga takut untuk meluangkan waktu me time.

Ingatlah bahwa menjadi seorang Ibu adalah pekerjaan penuh waktu, jadi nggak ada salahnya untuk beristirahat sesekali. Lalu apa hanya kamu saja yang merasa bersalah ketika harus meluangkan waktu me time untuk Ibu?

Tenang Bu, rasa bersalah ini wajar terjadi saat kamu hendak mengambil jeda sebentar dari aktivitas harianmu dan meninggalkan si kecil. Tapi kamu perlu ingat bahwa Ibu hanyalah manusia biasa yang tentu perlu menyeimbangkam pikiran antara pekerjaan rumah dan di kantor.

Dengan menyisihkan waktu me time untuk Ibu, maka kamu bisa memetik beragam manfaat seperti meningkatkan kepercayaan diri dalam peranmu sebagai seorang Ibu, lebih semangat menjalani aktivitas dan tidak mudah emosi pada anggota keluarga di rumah terutama pada si kecil di kala tantrum.

Apa saja manfaat me time untuk Ibu?


Supaya pikiran tetap jernih dan kembali semangat menjalankan aktifitas, me time untuk Ibu sangat penting dilakukan. Melansir Romper berikut adalah 5 manfaat me time untuk Ibu yang perlu kamu ketahui:

1. Membantu mengenal diri kita sendiri

Me time untuk Ibu adalah sebuah kesempatan untuk kembali mengenal diri kita sebelum menjadi seorang Ibu. Me time membuat kita lebih terkoneksi dengan diri sendiri setelah sebelumnya disibukan dengan aktifitas sehari-hari.

Terkadang saking sibuknya kita mengurus pekerjaan dan keluarga, kita lupa bahwa diri ini juga butuh ditanya bagaimana kabarnya, apa yang kamu inginkan, apa kegiatan favoritmu dan apa makanan yang ingin kamu makan tanpa diganggu oleh anak-anak. 

Dengan kembali mengenal diri, diharapkan nantinya kita pun jadi lebih bisa mengontrol emosi sehingga tak lagi meledak-ledak.

2. Membantu diri agar lebih peka dengan sekitar

Sejak menjadi Ibu, pasti kamu pun pernah merasa ‘ketinggalan jaman’ karena tak lagi bisa bergaul dengan bebas bersama teman-teman. Meluangkan waktu me time untuk Ibu bisa memberi kesempatan agar kamu lebih peka dan mengenal lingkungan sekitar. 

Dengan begitu kamu bisa dengan santai merencanakan hal yang ingin dilakukan bersama keluarga ke depannya.

3. Bisa mengelola emosi dengan lebih baik

Me time untuk Ibu dapat membuat kamu merasa lebih rileks dan fokus memanjakan diri. Pada saat ini, pikiran akan lebih jernih.

Selayaknya ketika emosi dan marah, kamu pun butuh waktu menenangkan sendiri selama beberapa menit untuk kembali menjernihkan pikiran dan mengelola emosi. Meluangkan waktu sejenak untuk meredakan perasaan membuat kita lebih mudah merenungkan situasinya.

Hal ini dapat membantu kita terhindar dari mengatakan atau melakukan sesuatu yang mungkin dapat kita sesali nanti. Selain itu, hal ini juga berguna agar diri kita bisa menjadi lebih baik ke depannya.

4. Membuat cintamu pada keluarga jadi lebih kuat

Terkadang, jarak bisa membuat cinta kita terasa lebih kuat. Tak heran, jika berpisah beberapa hari saja rasanya kita rindu pada orang tersebut.

Hal inilah yang terjadi pada saat me time untuk Ibu dilakukan. Meski hanya me time beberapa jam saja, kamu pasti merasa rindu pada si kecil di rumah. Nah, hal ini dapat membuat kamu lebih mencurahkan rasa cinta yang lebih besar pada si kecil nantinya.

5. Belajar menjadi lebih santai menghadapi masalah

Me time untuk Ibu dapat membuat jiwa raga terasa lebih rileks. Apalagi jika kamu bisa melakukan me time dengan pergi traveling sendirian layaknya yang dilakukan oleh Raisa.

Seolah-olah apapun masalah yang ada di siap kamu lalui dengan lebih santai dan menerima masalah tersebut dengan suka cita. Selain itu,  me time untuk Ibu dapat membuat kamu lebih menghargai semua hal yang terjadi dalam hidup.

Ide me time untuk Ibu


Me time untuk Ibu nggak perlu dilakukan secara mewah lho Bu. Kamu juga bisa melakukan me time singkat di rumah dan meminta suami atau pengasuh untuk menjaga si kecil terlebih dahulu selama beberapa jam. Melansir Family Education berikut adalah ide me time yang bisa kamu lakukan di rumah.

  • Olahraga santai ke luar rumah, kamu bisa bawa ‘oleh-oleh’ makanan atau mainan untuk yang tersayang di rumah;
  • Menonton film atau drama favorit saat si kecil tidur siang;
  • Mandi, luluran dan memanjakan diri lebih lama;
  • Mengajak sahabat hangout dan berkumpul di kafe;
  • Pergi ke salon untuk sekadar melakukan perawatan rambut;
  • Menghabiskan makanan favorit Ibu di kamar atau ruangan lain tanpa diganggu si kecil;
  • Menulis blog atau buku harian jika kamu gemar menulis;
  • Pergi ke mall dan membeli sebuah barang yang sudah lama kamu inginkan. Tentunya jangan sampai over budget ya Bu!; dan
  • Atau bahkan tidak melakukan hal apapun, yang penting tetap melakukan me time untuk Ibu walau sekadar tidur siang tanpa diganggu siapapun.

Jadi, gimana Bu? Sudahkah kamu merencanakan me time dalam waktu dekat?

Editor: Dwi Ratih