Keluarga

Siap Hadapi Sekolah Tatap Muka dengan Gerakan Senam 3M ABC

Siap Hadapi Sekolah Tatap Muka dengan Gerakan Senam 3M ABC

Selama masa pembelajaran di rumah, anak-anak cenderung banyak menghabiskan waktu di depan layar, tak heran jika orang tua kerap was-was akan kondisi kesehatan si Kecil yang kurang aktif bergerak.

Padahal, Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas tahun ajaran baru 2021/2022 sudah mulai dilakukan. Bahkan, jika kasus penularan Covid-19 semakin menurun, bisa jadi pembelajaran tatap muka akan berlangsung lebih sering.

Nah, tentunya orang tua tidak boleh lengah nih saat mempersiapkan si Kecil kembali ke sekolah. Selain menerapkan protokol kesehatan serta memberikan asupan nutrisi bergizi dan seimbang, si Kecil juga harus tetap bergerak aktif agar imunitasnya terjaga.  Tapi tentu mengajak anak beraktivitas bukan perkara mudah ya, Bu. Untungnya, kini ada cara menyenangkan agar si Kecil tertarik untuk melakukan gerakan fisik yang bisa ia lakukan bersama-sama dengan teman maupun keluarga.

Sakatonik ABC bersama Kemendikbudristek didukung oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO) membuat materi kampanye berupa video Gerakan Senam 3M ABC  (Asupan nutrisi, Bergerak aktif, dan Ceria) yang mudah diingat oleh anak-anak.

Kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi siswa-siswi Sekolah Dasar (SD) di seluruh Indonesia mengenai pentingnya penerapan protokol kesehatan 3M dan gaya hidup sehat ABC dengan memenuhi asupan nutrisi, pemberian multivitamin, serta bergerak aktif dan ceria untuk melawan virus Covid-19.

Dalam acara virtual pada Jumat (05/11/2021) bertajuk "Peluncuran Kampanye 3M ABC - Kampanye Edukatif dari Kemendikbud Ristek dan Sakatonik ABC", penyelenggara turut mengundang Ibu Dra. Sri Wahyuningsih, M.Pd selaku Direktur Sekolah Dasar di Kemendikbudristek.

Acara virtual yang berlangsung sekitar 2 jam ini berlangsung meriah dan dihadiri oleh ratusan anggota komunitas Ibupedia dan adik-adik pelajar Sekolah Dasar (SD) yang tampak bersemangat melakukan gerakan senam yang mudah diingat.

Menurut Ibu Sri Wahyuningsih selaku perwakilan Kemendikbudristek, Gerakan Senam 3M ABC yang berdurasi sekitar 12 menit ini bisa jadi sarana edukasi yang menyenangkan bagi anak dan sebaiknya diterapkan secara menyeluruh oleh siswa-siswi kelas 1-6 sebelum pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dan juga saat pembelajaran Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK)

Hal serupa juga dikemukakan oleh Ketua Umum Perhimpunan Dokter Spesialis Kedokteran Olahraga (PDSKO), Dr. Leny Pintowari, Sp.K.O yang mengusulkan agar anak-anak rutin bergerak setidaknya 60 menit setiap hari agar tetap bugar.

Manfaat Rutin Menerapkan Senam 3M ABC bagi Tumbuh Kembang si Kecil


Dengan bergerak aktif, proses perkembangan fisik, mental dan spiritual anak akan semakin optimal. Apalagi jika mengikuti anjuran untuk melakukan senam secara rutin minimal 10-12 minggu untuk mendapatkan beragam manfaat berikut:

  1. Menyehatkan jantung dan paru-paru
  2. Menguatkan otot dan tulang
  3. Jaga kelenturan tubuh
  4. Jaga perkembangan fisik dan mental
  5. Terhindar dari penyakit

Wah, 12 menit saja setiap hari bisa bantu jaga kesehatan si Kecil tetap prima ya, Bu? Apalagi jika dilakukan bersama teman-teman, tentunya si Kecil akan lebih bersemangat! Yuk, ajarkan anak Gerakan Senam 3M ABC dengan mengunduh gratis modul gerakan senam dan poster edukasi digital di kanal YouTube Direktorat Sekolah Dasar Kemendikbud Ristek RI dan YouTube Sakatonik ABC.

Program kampanye Gerakan Senam 3M ABC juga meliputi pendistribusian manual senam dan e-poster ke 149.000 SD di seluruh Indonesia, pelatihan kepada tenaga didik di bawah jejaring Kemendikbud Ristek, dan pemberian dukungan berupa multivitamin Sakatonik ABC kepada 100 Sekolah Dasar (SD) di Indonesia.

Direktur Kalbe Consumer Health, Feni Herawati mengatakan,  asupan nutrisi yang lengkap dan seimbang merupakan kunci tumbuh kembang optimal untuk anak-anak.

“Memenuhi kecukupan nutrisi dan pemberian multivitamin Sakatonik ABC setiap hari mampu menunjang perkembangan fisik dan kecerdasan anak, serta memperkuat daya tahan tubuhnya,” lanjut Ibu Feni.

Sakatonik ABC sudah dipercaya sejak lama sebagai multivitamin dengan kandungan vitamin A-E  yang disukai anak dalam bentuk gummy atau tablet. Bentuk tabletnya pun unik, berupa alfabet dan benda langit yang edukatif serta memiliki 4 varian rasa enak seperti anggur, jeruk, stroberi, dan tutti frutti. Lebih jelasnya, jangan lupa cek IG Sakatonik ABC untuk mendapatkan info produk serta promo menarik lainnya di e-commerce kesayangan Ibu.

Bagaimana? Sudah siap menghadapi sekolah tatap muka? Ayo, bekali si Kecil dengan nutrisi bergizi dan bantu jaga kesehatannya dengan mengikuti kampanye Gerakan Senam 3M ABC!

(Yusrina)