Keluarga

Simbolkan Kedukaan Mendalam, Kata-Kata Untuk Ibu Yang Sudah Meninggal

Simbolkan Kedukaan Mendalam, Kata-Kata Untuk Ibu Yang Sudah Meninggal

Parents pasti setuju bahwa, kehilangan seorang Ibu merupakan sebuah kedukaan yang sangat mendalam bagi seorang anak. Tanpa Ibu, rasanya dunia ini sangatlah hampa dan kosong.

Hampir seluruh hidup kita, sangat bergantung pada kehadiran seorang Ibu. Disaat kehilangan ini, ungkapan maupun kata-kata untuk Ibu yang sudah meninggal rasanya kurang cukup untuk bisa mewakilkan perasaan kita.

Ada jutaan rasa cinta, kerinduan, dan penghargaan sulit kita ungkapkan bagi Ibu yang sudah tiada. Tapi, sebenarnya nggak ada salahnya untuk membuat kata-kata untuk Ibu yang sudah meninggal sebagai ungkapan cinta kita ya Bu.

Terutama buat Parents yang sulit sekali mengungkapkan intuisi alias perasaannya selama ini, mengenai sosok sang Ibu. Nah, berbagai ungkapan dan kata-kata untuk Ibu yang sudah meninggal berikut ini mungkin juga bisa mewakilkan.

Kata-kata untuk Ibu yang sudah meninggal Islami

  1. Ya Allah, berikanlah ampunan dan rahmat kepada Ibuku yang telah meninggal. Semoga dia mendapatkan kedamaian dan kebahagiaan di sisi-Mu.
  2. Aku tahu sekarang kau berada di tempat kebahagiaan yang kekal, bersatu kembali dengan orang-orang yang kau cintai, dan selamanya dalam rahmat Allah.
  3. Ibu, walau kini engkau tiada di sampingku, kenanganmu akan selalu hidup dalam hati. Doaku selalu untukmu, semoga kau bahagia di akhirat.
  4. Kehilangan Ibu adalah ujian berat, tetapi aku yakin Allah telah menyambutmu dengan kasih sayang-Nya. Semoga aku bisa menjadi anak yang lebih baik untuk memuliakan namamu, Bu.
  5. Semoga Allah memberikan rahmat dan kedamaian pada jiwamu yang suci, Bu.
  6. Ibu, terima kasih atas segala cinta, doa, dan pengorbananmu. Semoga Allah mengangkat derajatmu di surga dan memberikanmu kenikmatan yang tak terhingga.
  7. Ibu, kehadiranmu tetap melekat dalam hati dan doaku. Semoga kau bahagia di sisi-Nya.
  8. Kehilanganmu adalah ujian hidup yang paling berat, tapi cintamu tetap ada dalam hatiku.
  9. Ibu, meski kita berpisah di dunia ini, aku yakin kita akan bersatu kembali di surga. Semoga Allah merahmatimu dan menjaga dirimu dengan sebaik-baiknya.
  10. Cinta dan doamu terus membimbingku, meski kini kau berada di tempat yang lebih baik, Ibu tercinta.

Kata-kata untuk Ibu yang sudah meninggal bahasa Sunda


  1. Ngiring béla sungkawa, mugi sing tabah mayunan ieu cocobi ti Gusti Nu Maha Suci. (Turut bela sungkawa, semoga selalu tabah dengan cobaan yang diberikan Allah SWT)
  2. Ngiring belasungkawa, mudah mudahan anjeuna, ditampi di tempat nu mulya di sisi Alloh SWT, dibebaskeun dari siksa kubur, dihapunteun dosa-dosana, ditampi amal, iman, islamna… dimasukkeun ke dalam surgana Alloh SWT. aamiin. (Turut belasungkawa, mudah-mudahan beliau diterima tempat yang mulia di sisi Allah SWT dibebaskan dari siksa kubur, dihapuskan dosa-dosanya diterima amal, iman islamnya dimasukkan ke dalam surganya Allah SWT. aamiin)
  3. Mugia iman Islam almarhum tiasa ngabantosan anjeunna lebet surga sareng dibéré kakuatan ka jalma-jalma anu ditinggalkeun. (Semoga iman Islam almarhum mampu menolongnya untuk masuk surga dan diberikan ketabahan untuk orang yang ditinggalkannya).
  4. Innalillahi, duka nu mendakan hati, semoga rohna disakujanten di alam akhirat. (Innalillahi, kesedihan yang menghancurkan hati, semoga rohnya diterima di akhirat).
  5. Patepang ka Tuhan, henteu aya duka anu leuwih ti kasakit anu bisa dialamankeun. (Kami menyerahkan pada Tuhan, tidak ada duka yang lebih dalam dari rasa sakit yang bisa dirasakan)
  6. Ngiring prihatin. Anjeunna jalma bageur. Insya Allah ditempatkeun dina tempat nu pangasaena. (Turut prihatin. Dia orang baik. Insyaallah ditempatkan di tempat yang terbaik)
  7. 7. Ngiring prihatin, muga-muga kaluwarga tumarima jeung kuat. (Turut berduka, semoga keluarga sabar dan kuat).

Kata-kata untuk hari Ibu yang sudah meninggal


  1. Ibuku tersayang, aku merindukanmu. Maut yang memisahkan kita memupuk rindu di hatiku. Selamat Hari Ibu.
  2. Setiap kali aku merindukanmu, aku juga ingat betapa beruntungnya aku karena kamu ada dalam hidupku. Selamat Hari Ibu, aku rindu.
  3. Setiap hari aku terus memikirkanmu sejak kepergianmu, Ibu. Selamat Hari Ibu.
  4. Bu, aku tahu Ibu sedang mengikuti dan mendengarkan dari surga. Aku berharap suatu saat dapat membuat Ibu bangga. Selamat Hari Ibu untukmu, Bu.
  5. Terkadang aku hanya berharap Ibu ada di sini sehingga aku dapat memberi tahu Ibu betapa aku membutuhkan Ibu dan betapa sulitnya setiap hari tanpamu. Selamat Hari Ibu untukmu.
  6. Walaupun ibuku telah meninggalkan dunia, kasih sayangnya masih selalu membimbing saya dan meski saya tidak bisa melihatnya, dia selalu ada di sisi saya. Selamat Hari Ibu.
  7. Selamat Hari Ibu. Aku sangat rindu, kuharapkan kehadiranmu di sini.
  8. Ibu, aku masih ingat kenangan-kenangan manis bersamamu di masa kecil. Di Hari Ibu ini, aku ingin kau tahu betapa ku merindukanmu.
  9. Ibu tersayang, dalam hidup, kami sangat mencintaimu, dalam kematian, kami masih mencintaimu. Selamat Hari Ibu.
  10. Selamat Hari Ibu untuk Ibuku yang melihatku dari surga. Aku selalu merindukanmu.

Kata-kata untuk Ibu yang sudah meninggal bahasa Inggris

  1. To my mother in heaven, thank you for always loving me and guiding me. Even though you are no longer here with me I can still feel your love guiding me. You are always in my heart. I love you and miss you dearly.
  2. I have an angel watching over me. She is my mom.
  3. A great soul serves everyone all the time. A great soul never dies. It brings us together again and again.
  4. One day we will remember how lucky we were to have known their love, with wonder, not grief.
  5. Mom, you are the most beautiful memory I kept locked inside my heart.
  6. There is something about losing a mother that is permanent and inexpressible- a wound that will never quite heal.
  7. My mother is a never ending song in my heart of comfort, happiness and being. I may sometimes forget the words but I always remember the tune.
  8. There are no goodbyes for us. Wherever you are, you will always be in my heart.
  9. What we have once enjoyed deeply we can never lose. All that we love deeply becomes part of us.
  10. Mother, you left us beautiful memories, your love is still our guide, although we cannot see you, you're always at our side.