Keluarga

Temukan 12 Ide Dekorasi 17 Agustus yang Otentik!

Temukan 12 Ide Dekorasi 17 Agustus yang Otentik!

Setiap memasuki bulan Agustus, masyarakat Indonesia umumnya berpikir mengenai dekorasi 17 Agustusan. Pasalnya, Setiap tanggal 17 Agustus kita merayakan hari kemerdekaan. Selebrasi 17 Agustus mulai dari dekorasi rumah, pakaian, hingga aneka lomba.

Dekorasi 17 Agustusan dilakukan tidak hanya untuk memeriahkan suasana, tetapi juga menjadi ajang perlombaan antar RT atau RW. Penilaian dekorasi perayaan dirgahayu RI biasanya dinilai berdasarkan kreativitas, keunikan, dan kekompakan.

Biasanya dekorasi 17 Agustus bernuansa merah putih. Tidak ada salahnya 17 Agustus tahun ini menjadi ajang Ibu menyalurkan kreativitas pada dekorasi 17 Agustusan. Dekorasi tersebut bisa berupa kerajinan tangan hingga hiasan 17 Agustus.

Temukan ide dekorasi dan kerajinan tangan 17 Agustus pada daftar di bawah ini!

1. Bendera merah putih

Rasanya perayaan 17 Agustus tidak lengkap jika tidak ada bendera merah putih sebagai hiasan 17 Agustus. Ibu bisa melakukan kerajinan tangan 17 Agustus dengan kertas merah putih yang direkat satu sama lain dan menaruhnya di pintu rumah, pagar, hingga kaca mobil. Bendera merah putih adalah dekorasi 17 Agustus yang paling umum.

2. Dekorasi stik bunga

Photo Source: Youtube DIYholic Indonesia

Dekorasi stik bunga dapat menjadi hiasan 17 Agustus yang unik lho!

Ibu dapat menggunakan bahan-bahan yang sederhana seperti kertas, cutter, dan stik balon. Kerajinan tangan 17 Agustus ini pasti membuat ruang tamu menjadi tampak manis sekaligus kental nuansa hari kemerdekaan.

3. Hiasan Honeycomb

Photo Source: Youtube Melijoe

Untuk menambah kesan unik, Ibu dapat membuat hiasan berbentuk honeycomb  sebagai dekorasi 17 Agustus. Kerajinan honeycomb ini nantinya dapat berupa hiasan seperti lampion. Jangan lupa untuk menggunakan kertas berwarna merah putih sebagai lambang bendera Indonesia.

4. Dekorasi gantungan bunga

Photo Source: Youtube Ragam Tutorial

Barang-barang yang disiapkan untuk membuat dekorasi gantungan bunga merah putih cukup sederhana. Cara menyiapkannya juga mudah. Ibu cukup siapkan beberapa kertas berwarna merah dan putih serta benang berwarna merah. Potong kertas menjadi persegi panjang kecil dengan masing-masing ukuran yang sama. Kemudian potongan kertas tersebut dibentuk menyerupai bunga.

Hiasan ini dapat digantung di pintu maupun pagar rumah. Dekorasi gantungan bunga merupakan salah satu ide dekorasi 17 Agustus.

5. Dekorasi ruangan nuansa merah putih

Photo source: Youtube umu amal decoration house

Agar semangat hari kemerdekaan semakin terasa, dekorasi ruangan nuansa merah putih adalah salah satu ide dekorasi 17 Agustus yang unik. Ibu bisa menghias ruang tamu dengan furnitur berwarna merah putih. Selain itu, Ibu juga dapat menggunakan kursi sofa, gorden, hingga vas bunga berwarna merah putih.

6. Payung merah putih

Photo source: CNN Indonesia

Dekorasi 17 Agustus yang bisa Ibu gunakan adalah payung merah putih. Biasanya, Ibu harus membeli dahulu desain payung ini. Hiasan payung merah putih cocok diletakkan di dekat gapura atau cukup digantungkan saja. Ini akan memperindah hiasan yang sudah dibuat dan unik jika dipakai sebagai properti foto.

7. Balon merah putih

Photo source: surprisingzz

Balon identik dengan properti yang digunakan saat merayakan ulang tahun seeseorang ataupun selebrasi acara lainnya. Ibu bisa menggunakan balon untuk merayakan hari kemerdekaan juga lho!

Dekorasi 17 Agustus ini cocok jika digunakan di dalam ruangan seperti sekolah dan kantor. Balon memang kerap memberikan kesan meriah pada berbagai acara.

Ibu bisa memilih balon berwarna merah dan putih yang membentuk seperti pelangi atau menempelkannya di dinding. Pilihlah balon berbahan lateks agar tidak cepat kempes atau gampang meletus.

8. Dekorasi 17 Agustus dari barang bekas

Photo source: Youtube Endah Rosriani

Jika Ibu masih memiliki barang-barang bekas yang sudah tidak terpakai di gudang, jangan buru-buru disingkirkan. Bisa jadi barang-barang tersebut Ibu gunakan untuk membuat hiasan 17 Agustus cantik. Dekorasi tersebut hanya membutuhkan 3 bahan utama, yakni gelas, plastik, sendok plastik, dan wadah puding plastik. Ibu bisa mewarnai bahan tersebut merah dan putih dan kemudian digabungkan menjadi satu. Hiasan ini dapat Ibu gantung sebagai hiasan tembok rumah.

9. Dekorasi 17 Agustus dari kantong plastik

Photo source: Youtube Endah Rosriani 

Ternyata kantong plastik kresek memiliki fungsi lain selain sebagai wadah membawa barang yang Ibu butuhkan. Kantong plastik bisa ibu jadikan dekorasi kerajinan tangan 17 Agustusan. Selain mendapatkan dekorasi unik, ini sebagai sarana Ibu untuk menjaga lingkungan dengan mengurangi sampah plastik.

10. Dekorasi 17 Agustus dengan kertas crepe

Photo source: Youtube Djegos

Agar dekorasi semakin meriah, Ibu dapat menghias dengan menggunakan kertas crepe berwarna merah putih yang dirangkai menjadi bentuk rantai. Dekorasi ini mudah dibuat dan bahannya sangat sederhana. Pernak pernik merah putih bisa dipasang di pinggir jalan untuk memberikan kesan unik nan meriah.

11. Origami burung merah putih

Origami adalah seni melipat kertas yang berasal dari Jepang. Bahan yang digunakan adalah hanya kertas origami berwarna merah yang biasanya berbentuk persegi. Ibu dapat membuat origami merah burung garuda sebagai simbol Indonesia atau bentuk lainnya sesuai dengan kreativitas dan imajinasi. Hiasan origami ini dapat digantung di jalan sebagai hiasan.

12. Menghias gapura

Photo source: jakmall

Tidak dapat dipungkiri, menghias gapura merah putih adalah dekorasi yang biasa dilakukan warga menyambut 17 Agustus tiap tahunnya. Bahan dekorasinya pun sangat sederhana. Triplek sebagai alas dirangkai agar terlihat indah. Ibu juga dapat menambahkan nampan bambu untuk menulis angka perayaan. Warna hiasan tentunya bertemakan merah dan putih sesuai dengan bendera Indonesia.

Itulah ide 12 dekorasi 17 Agustus yang otentik. Ibu berencana menyiapkan dekorasi apa?

Editor: Dwi Ratih