Keluarga

Tips Memanjakan Diri untuk Ibu yang Super Sibuk di Rumah

Tips Memanjakan Diri untuk Ibu yang Super Sibuk di Rumah

Buibu, pernah nggak sih kamu sedikit iri pada teman yang bisa memanjakan diri dengan tenang, misalnya punya waktu untuk baca buku tanpa gangguan, masih sempat untuk workout atau yoga setiap pagi, bisa jalan-jalan berduaan dengan pasangannya, dan nggak pernah berhenti menggaungkan topik tentang pentingnya menjaga kesehatan mental di social media-nya? Hihi.. Ibumin pernah banget, nih..

Rasanya ingin banget bisa menjalani hari-hari seperti teman Ibumin tersebut. Tapi apa daya, sebagai Ibu dengan satu anak yang bekerja di rumah dan tanpa bantuan asisten rumah tangga, rasanya sulit mendapatkan waktu untuk memanjakan diri dengan tenang, tanpa ada si kecil yang ingin selalu menempel.

Tau sih, meluangkan waktu untuk memanjakan diri itu penting sekali untuk kesehatan mental, tapi pertanyaannya, kapan yaa kita bisa melakukan ini saat setiap hari kita merasa 24 jam tidak pernah cukup untuk mengerjakan ini itu?

Di tengah kesibukan mengurus rumah, merawat anak, dan menyelesaikan pekerjaan kantor, kapan kita bisa punya waktu dan energi untuk bisa workout, yoga, meditasi, atau lainnya? Di kehidupan nyata, perjuangan untuk bisa memanjakan diri memang sebegitu beratnya.

Tips Memanjakan Diri di Rumah

Ini mungkin akan terdengar klise, meski hanya beberapa menit saja, tapi memanjakan diri sendiri sangat penting dilakukan. Yuk Buibu kita cari waktu untuk memanjakan diri sebagai cara mengatasi stres di rumah. Ibumin punya beberapa tips memanjakan diri sendiri yang bisa dilakukan dalam waktu di bawah satu jam saja. Sebagian besar dari ide aktivitas ini masih memungkinkan untuk dilakukan kok. Pilih yang paling sesuai dengan kondisi dan preferensi Buibu yaa..

1. Do Nothing!

Ibumin paham sekali sibuknya menjadi seorang Ibu dan selalu produktif melakukan ini dan itu setiap saat. Nah, menurut Ibumin, salah satu cara memanjakan diri sendiri adalah dengan duduk santai di sofa atau teras, sambil bengong tipis-tipis, dan jangan melakukan apa-apa.

Ambil waktu sejenak untuk disconnect dari semua kesibukan Ibu. Tubuh dan pikiran Buibu pasti akan sangat berterima kasih pada Ibu saat kamu melakukan ini.

2. Tidur Siang


Siapa nih yang anaknya punya jadwal tidur siang teratur? Buat New Moms, tidur siang itu super penting karena kamu mungkin lebih banyak menghabiskan waktu untuk begadang. Jadi, saat si kecil menyusu dan kamu juga ikut tertidur, jangan pernah menyalahkan diri sendiri karena merasa tidak produktif ya Buibu. You deserve this!

Biarpun tidur siangnya hanya 15 menit, ini cukup untuk memulihkan tenaga dan energi kamu lagi.

3. Jalan-Jalan di Sekitar Rumah


Buibu pernah tidak merasa sumpek sekali menghabiskan seharian di rumah, khususnya selama pandemi ini? Sedikit udara segar dan paparan sinar matahari di luar rumah bisa meningkatkan mood dan sistem imun kamu lho.

Kalau tidak memungkinkan meninggalkan si kecil, yuk ambil gendongan atau stroller dan ajak si kecil keliling di sekitar rumah. Ambil waktu untuk mensyukuri udara segar yang kita hirup, hangatnya paparan sinar matahari di kulit kita, dan merdunya suara burung di pepohonan. Cara memanjakan diri sendiri ini memang sederhana, tapi cukup ampuh untuk jadi energy-booster kamu.

4. Telepon Teman atau Keluarga


Memanjakan diri memang bertujuan untuk membangun koneksi dengan diri sendiri, tapi jangan lupa juga untuk membangun koneksi dengan orang-orang terdekat ya.

Kapan nih terakhir kali kamu menelepon sahabat atau keluarga besar kamu dan mengobrol panjang lebar dengannya? Yuk, luangkan waktu untuk meneleponnya, mengobrol dengannya, atau sekedar bernostalgia mengenang hari-hari yang lalu. Ini bagus untuk jiwa kamu, lho.

5. Rawat Diri dengan Body Care di Rumah


Sebelum punya anak, salon mungkin menjadi tempat favorit kita untuk memanjakan diri. Tapi setelah punya anak, mana sempat? Bisa mandi dengan tenang sambil keramas saja sudah sangat bersyukur sekali hihi..

Biarpun sulit, jangan sampai kita kehilangan kenikmatan dalam merawat diri, khususnya kulit ya. Apalagi di masa pandemi ini kita menjalani protokol kesehatan yang ketat, di mana kita hampir selalu mencuci tangan setiap saat dan menggunakan hand sanitizer

Belum lagi karena terlalu banyak di rumah saja, bukan tidak mungkin frekuensi kita terpapar AC akan semakin sering. Kebiasaan ini semua membuat kulit jadi lebih cepat kering lho. Tak jarang mungkin ada Buibu yang juga mengalami rumah kemerahan atau merasakan gatal pada kulit akibat kebiasaan ini.

Nah, untuk menghindari ini, Ibumin biasanya memilih body care yang mengandung pelembab dengan bahan alami yang kaya nutrisi agar bisa memperbaiki tekstur dan lapisan pelindung kulit agar kelembaban kulit dapat kembali dan terjaga dengan sehat.

Beberapa bulan ini, Ibumin merasakan manfaat tersebut pada kulit Ibumin lewat body care Sukin. Ada empat rangkaian produk body care Sukin yang Ibumin pakai belakangan ini, yaitu body wash, body lotion, body scrub, dan hand wash.

Rasanya luar biasa banget saat memanjakan diri dengan body care dari Sukin. Wanginya yang menyegarkan, dan efek positif yang melembabkan kulit bikin Ibumin jadi lebih relax meski harus menjalani hari yang sibuk.

Pada penasaran nggak, apa saja sih kandungan dari rangkaian body care Sukin yang Ibumin pakai ini? Yuk simak info lebih lengkapnya yaa..

Memanjakan Diri dengan Body Care Sukin yang Menutrisi dan Melembabkan

Buat Buibu yang belum tau, Sukin dikenal sebagai brand natural no. 1 dari Australia lho. Berhubung banyak menggunakan bahan alami, produk Sukin ini sangat cocok digunakan oleh jenis kulit apapun, termasuk yang punya kulit sensitif.

Nah, biar kulit Buibu selalu sehat, contek yuk produk body care Sukin yang biasa Ibumin gunakan untuk menutrisi dan melembabkan kulit:

A. Body Wash


Cara menjaga kebersihan diri paling sederhana yang bisa dilakukan setiap hari adalah dengan mandi dua kali sehari. Nah, biar momen mandi makin menyenangkan, Buibu bisa menggunakan Sukin Botanical Body Wash.

Body wash ini tidak akan membuat kulit kita jadi lebih kering lho karena tidak ada kandungan sulfat di dalamnya. Ditambah lagi, ada kandungan lidah buaya di setiap variannya dan juga ada kandungan chamomile yang bikin kulit tetap lembut dan lembab. 

Ibumin sendiri menggunakan varian Botanical Body Wash Lime & Coconut. Aromanya manis dan segar seperti lemon. Setelah mandi pakai ini, kulit jadi ekstra lembab.

Selain varian ini, juga ada varian Botanical Body Wash Bergamot & Patchouli yang meninggalkan kesan tangy karena berasal dari ekstrak bunga dan buah. Ada juga Botanical Body Wash Ylang Ylang & Cedar yang cocok untuk pencinta aroma woody dan floral. Setiap varian dapat dibeli dengan harga Rp175.000 untuk ukuran 500 ml.

B. Body Lotion

Buibu pasti sudah tahu dong manfaat memakai body lotion secara teratur? Ya, kulit kita bisa kenyal dan halus jika menggunakan lotion dengan rutin. Nah, biasanya Ibumin selalu menggunakan lotion setiap setelah mandi nih karena kulit masih dalam keadaan lembab, sehingga saat dioleskan body lotion, kulit dapat menyerap bahan-bahan dalam lotion secara maksimal.

Sukin sendiri memiliki dua varian body lotion, yaitu Hydrating Body Lotion Bergamot and Patchouli dan Hydrating Body Lotion Lime and Coconut. Setaip varian ini mengandung cocoa butter, shea
 
butter, avocado oil, rosehip, vitamin E, aloe vera, nettle, horsetail dan burdock yang bermanfaat buat menenangkan kulit kering dan menjaga kondisi skin barrier.

Ibumin merasakan sendiri kelembutannya, setelah pemakaian pun, lotion ini tidak meninggalkan rasa lengket, dan wanginnya bikin relax. Buibu bisa mendapatkan lotion ini dengan harga Rp190.000 untuk ukuran 500 ml ya.

C. Hand Wash


Siapa nih yang kulitnya berubah menjadi kering dan mengelupas karena terlalu sering mencuci tangan? Ibumin juga merasakan kondisi ini lho sebelumnya. Untungnya, sejak menggunakan Cleansing Hand Wash Sukin, kondisi ini sudah tidak pernah terjadi lagi.

Setelah dicari tahu, ternyata ini karena hand wash Sukin tidak mengandung detergen sehingga lembut di kulit walaupun tidak menghasilkan banyak busa. Meski begitu, sabun ini tetap efektif membunuh kuman dan menghilangkan kotoran dengan efektif.

Ada dua varian nih yang Buibu bisa pilih, yaitu Lime & Coconut dan Bergamot & Patchouli. Harganya Rp.175.000 untuk ukuran 500 ml.

d. Body Scrub


Buat yang punya waktu lebih banyak untuk memanjakan diri di akhir pekan, Buibu bisa memanfaatkannya dengan scrubbing tubuh. Tak perlu ke salon, cukup gunakan saja Sukin Invigorating Body Scrub seperti Ibumin.

Body scrub ini terdiri dari bahan alami, seperti pumice, volcanic sand dan bamboo stem. Jangan khawatir dengan tekstur scrub-nya, cukup halus kok sehingga tidak melukai kulit dan pastinya biodegradable yang ramah lingkungan.

Aromanya pun menyenangkan, ada sentuhan White Tea & Jasmine yang lembut sekaligus mewah dalam waktu bersamaan. Kandungan ginkgo extract-nya juga terbukti dapat melembabkan kulit, dan ada juga kandungan goji & white tea extract yang kaya antioksidan dan bikin kulit makin glowing.

Buibu bisa mendapatkan ini seharga Rp175.000 untuk ukuran 200 ml.

Tidak sulit bukan untuk memanjakan diri dan mendapatkan kulit yang sehat dalam waktu yang bersamaan? Yuk dapatkan rangkaian body care Sukin ini di Sociolla, Lilla, Edit by Sociolla at Shopee, Tokopedia, Lazada, Watsons, Guardian, Ranch Market, Farmers Market serta toko kosmetik terdekat.

Selalu ingat yaa Buibu, you are important! Lakukan hal-hal kecil dan sederhana setiap hari untuk memanjakan diri. Yuk mulai hari ini untuk selalu memprioritaskan diri kamu.