Keluarga

Urutan Film Marvel Sesuai Timeline, Buat Kamu Yang Masih Bingung!

Urutan Film Marvel Sesuai Timeline, Buat Kamu Yang Masih Bingung!

Nggak diragukan lagi, Marvel Cinematic Universe (MCU) memiliki cerita yang sangat kompleks dan mengundang decak kagum penonton, termasuk para penggemarnya. 

Sayangnya film Marvel memiliki urutan dan alur cerita yang cenderung maju mundur.

Sehingga membuat para penggemar bingung menyusun urutan film Marvel sesuai dengan timelinenya. 

Meskipun para penggemar sudah mengikuti rangkaian film Marvel hingga bertahun-tahun lamanya, tapi nggak semua hafal soal urutan film Marvel yang alurnya tidak beraturan itu ya Bu.

Supaya nantinya nggak mengganggu konsentrasi kamu, jikalau suatu saat film Marvel selanjutnya bakalan dirilis. 

Untuk itu, yuk simak urutan film Marvel sesuai kronologi waktu cerita MCU.

Urutan film Marvel sesuai timeline


Photo source: Hotstar

1. Captain America The First Avenger (2011)

Kalau kamu penggemar Captain America, film ini harus banget kamu tonton. Berlatar tahun 1942 saat Perang Dunia II, Steve telah ditolak berkali-kali ketika hendak bergabung ke militer Amerika untuk ikut berperang.

Hingga ia dibantu Dr. Erskine menjadi bahan percobaan teknologi terbaru militer Amerika yang mampu mengubah gen dan ototnya hingga berhasil menjadi Captain America.

2. Captain Marvel (2019)

Nggak banyak yang tahu, ternyata Captain Marvel menempati posisi kedua urutan film Marvel setelah Captain America: The First Avenger lho! Berlatar tahun 1995, anggota militer Starforce bernama Carol Danvers, mengalami kecelakaan yang membuatnya meraih kekuatan super tanpa ia sadari.

Carol yang kehilangan ingatan, turun ke Bumi untuk mencari alien Skrull yang bisa berubah wujud. Saat itu pula ia bertemu Nick Fury yang membantunya mengungkap identitasnya yang asli.

3. Iron Man (2008)

Film pertama Iron Man ini menceritakan asal usul superhero Iron Man yang bernama asli Tony Stark dan ternyata merupakan seorang insinyur dan industriawan terkemuka yang menjadi direktur Stark Industries.

Saat diculik oleh sekelompok teroris, ia langsung membuat sebuah baju dengan peralatan seadanya, yang kini menjadi kostum Iron Man. Nggak hanya itu, Stark juga mengembangkan industri bernama Arc Reactor yang kemudian mengubahnya menjadi sosok Iron Man.

4. Iron Man 2 (2010)

Di sekuel Iron Man   selanjutnya, identitas asli Iron Man pun mulai terungkap, sehingga ia diminta pemerintah untuk menyerahkan baju armor-nya. Namun, Tony menolak memberikan teknologinya begitu saja. 

Di film Marvel ini, Nick Fury mengutus Natasha Romanoff (Black Widow) untuk mengawasi Tony terkait proyek Avengers.

5. The Incredible Hulk (2008)

Sosok Bruce Banner dalam The Incredible Hulk masih diperankan oleh Edward Norton dan sebelum digantikan oleh Mark Ruffalo di tahun 2012. 

The Incredible Hulk merupakan urutan film Marvel kedua yang mengisahkan kehidupan awal Bruce Banner yang menjadi bahan percobaan serum dengan sinar gamma yang membuatnya berubah wujud menjadi monster hijau raksasa yang disebut Hulk.

6. Thor (2011)


Photo source: Tirto.id

Ini merupakan film pertama Thor sebagai salah satu superhero Marvel. Thor yang merupakan putra pertama Odin, raja Asgard, dibuang ke Bumi karena ulahnya menimbulkan peperangan di tempat tinggalnya. Saudara laki-lakinya, Loki, berusaha mengambil kesempatan ini untuk merebut takhta menggantikan Thor.

7. The Avenger (2012)

The Avengers menampilkan seluruh anggota Avengers Phase 1 MCU mulai dari Iron Man, Hulk, Thor, Captain America, Black Widow, hingga Hawkeye. Dalam film ini, para Avengers akan melawan Loki karena ditugaskan Thanos mengambil Tesseract dari S.H.I.E.L.D. Pertempuran hebat pun tak terelakkan, apalagi Loki diberikan tongkat berisi Mind Stone.

8. Iron Man 3 (2013)

Iron Man 3 memiliki latar waktu enam tahun setelah The Avengers. Sebagai awal Phase 2 MCU, Tony Stark bertemu dengan musuh baru yang ingin balas dendam karena kampung halamannya terkena serangan dari Stark.

Pada akhirnya, ia memutuskan untuk membuang arc reactor miliknya dan menciptakan arc reactor baru yang lebih canggih.

9. Thor: The Dark World (2013)

Film Marvel ini mengisahkan kelanjutan perjuangan Thor menyelamatkan Asgard yang diserang oleh Malekith. Adanya peristiwa perebutan senjata dengan elemen Aether akan menjadi salah satu Infinity Stone yang membuat para Avengers berdecak kagum.

10. Captain America: The Winter Soldier (2014)

Urutan film Marvel selanjutnya adalah Captain America: The Winter Soldier yang mengisahkan pertarungan sengit The Avengers. Hal ini membuat Steve Rogers mengira Bucky telah tewas, namun ternyata ia berubah menjadi Winter Soldier.

Photo source: Republika

11. Guardians of The Galaxy (2014)

Marvel memperkenalkan superhero luar angkasa yang tergabung dalam Guardians of the Galaxy (GoT). Di dalam film ini, Peter Quill sebelumnya ada di Bumi, diculik oleh alien dan diberikan julukan Star-Lord.

Suatu hari ia mencuri salah satu Infinity Stones yang disebut Orb. Bersama Rocket, Groot, Gamora, dan Drax, mereka kemudian terpaksa harus menghadapi Thanos yang mengincar Orb.

12. Guardians of The Galaxy Vol 2 (2017)

Guardians of the Galaxy Vol. 2 menyajikan perjalanan para Guardian ke seluruh kosmos. Mereka menguak rahasia Peter Quill yang ternyata memiliki ayah seorang dewa, bernama Ego. Hal ini membuatnya menjadi setengah alien.

13. Avengers: Age of Ultron (2015)

Urutan film Marvel selanjutnya masih merupakan sekuel dari Avengers: Age of Ultron  yang menyuguhkan para superhero bersatu untuk melawan Ultron. Sayangnya Ultron berubah menjadi bencana bagi mereka karena memiliki rencana jahat untuk menghancurkan Bumi.

14. Ant-Man (2015)

Ant-Man mengisahkan asal-usul superhero Ant-Man sebelum bergabung bersama Avengers. Mulanya Dr. Hank Pym dan Agent Carter membuat kostum dengan teknologi yang dapat memperbesar dan memperkecil benda atau tubuh manusia, serta mengendalikan semut-semut.

15. Captain America: Civil War (2016)

Sebagai pembuka Phase 3 MCU, urutan film Marvel yang masih merupakan sekuel Captain America ini menyajikan perseteruan dua pihak yang masing-masing dipimpin Captain America dan Iron Man. Tony Stark setuju dengan undang-undang yang mengharuskan superhero mengungkapkan identitas, sebaliknya Steve Rogers sangat tidak menyetujui peraturan pemerintah tersebut.

Photo source: AXN Asia

16. Spiderman: Homecoming (2017)

Setelah peristiwa dalam Captain America: Civil War terjadi, Peter Parker kembali ke Queens. Di sana ia harus melawan penjahat dengan senjata teknologi alien yang bernama The Vultures. Dalam film ini Parker pun menyadari bahwa kostum Spiderman merupakan buatan Tony Stark.

17. Doctor Strange (2016)

Stephen Strange adalah seorang dokter bedah yang mengalami kecelakaan hingga tangannya tidak berfungsi karena terluka parah. Untuk memulihkan tangannya, ia pun berpetualang mencari obat sampai akhirnya bertemu dengan penyihir bernama The Ancient One. 

Ia kemudian diberikan sihir kuno dan diperlihatkan betapa kuatnya salah satu Infinity Stone, yaitu Time Stone.

18. Black Panther (2018)

Setelah peristiwa yang terjadi dalam Captain America: The Civil War, T'Challa kembali ke Wakanda dan dinobatkan sebagai raja setelah kematian ayahnya. Namun, ia harus berhadapan dengan Eric Killmonger, yang ingin menguasai dan merebut takhta Wakanda.

19. Thor: Ragnarok (2017)

Thor: Ragnarok adalah sekuel dari Thor yang merupakan urutan film Marvel selanjutnya. Dalam film ini, Thor harus mengalahkan Hulk dalam sebuah pertarungan gladiator untuk bisa menyelamatkan Asgard dari Hela dan tibanya Ragnarök.

20. Ant-Man and the Wasp (2018)

Ant-Man and the Wasp merupakan sekuel dari Ant-Man dan melanjutkan kisah setelah kejadian di Captain America: Civil War. Setelah berpihak pada Captain America, Scott Lang menjadi tahanan rumah, sehingga ia kesulitan menjalankan perannya sebagai ayah dan Ant-Man.

Photo source: Berita Terkini

21. Black Widow (2021)

Banyak yang bingung kenapa Natasha Romanoff kembali hidup setelah gugur dalam film Avenger: Endgame. Melalui film ini dijelaskan bahwa Black Widow memiliki latar waktu setelah Captain America: Civil War dan sebelum Avengers: Infinity War. 

Film ini menceritakan masa lalu Natasha Romanoff yang pernah menjadi mata-mata sebelum bergabung dengan Avengers.

22. Avengers: Infinity War (2018)

Avengers: Infinity War bercerita tentang Thanos yang turun langsung ke Bumi untuk menemukan semua Infinity Stones. Sangat disayangkan, Thanos berhasil mengumpulkan seluruh Infinity Stones dan melakukan 'The Blip' untuk memusnahkan separuh umat manusia.

23. Avengers: Endgame (2019)

Avengers: Endgame merupakan puncak dari fase 3 Marvel Cinematic Universe (MCU) dan kelanjutan dari Avengers: Infinity War.

Film ini mengambil latar setelah bencana menghilangnya setengah populasi manusia dengan akibat ulah Thanos dengan Infinity Stones.

Para Avengers memutuskan untuk memutar balik waktu menggunakan Quantum Realm Ant-Man yang memiliki kemampuan seperti mesin waktu. Yang menyedihkan, Avengers: Endgame menampilkan momen bersatunya seluruh Avengers untuk terakhir kalinya.

24. Spider-Man: Far From Home (2019)

Ini merupakan sekuel Spiderman selanjutnya yang mengisahkan Peter Parker tengah dalam perjalanan liburan musim panas di Eropa, namun Nick Furry mendadak meminta bantuannya untuk mengungkap serangan jahat dari The Elementals. 

Situasi ini membuatnya harus menghadapi ancaman baru yaitu Mysterio, sosok misterius yang tiba-tiba muncul.

25. Shang-Chi dan the Legend of the Ten Rings (2021)

Shang-Chi dan the Legend of the Ten Rings urutan film Marvel setelah Spider-Man: Far From Home namun sebenarnya hadir sebelum Spider-Man: No Way Home. Di film ini, Marvel memperkenalkan superhero terbarunya yang jago kungfu di Phase 4 MCU.

Kamu akan menyaksikan masa lalu Shang-Chi ketika berhubungan dengan jaringan organisasi misterius bernama Ten Rings, yang ternyata adalah pelaku penculikan Tony Stark di film Iron Man.

Nah, setelah mengetahui urutan film Marvel yang sesuai dengan timeline di atas nggak ada alasan lagi deh buat kamu yang bingung tiap kali film Marvel dirilis. Yuk ditonton kembali biar nggak ketinggalan adegan-adegan seru lainnya!

Editor: Dwi Ratih