Keluarga

Wajib Coba! 6 Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami Di Rumah

Wajib Coba! 6 Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami Di Rumah

Memasuki usia 30 tahun ke atas, menjadi hal yang wajar apabila Ibu mengalami beragam perubahan pada wajah. Mulai dari timbul kerutan tipis, hingga muncul flek hitam di area sekitar wajah.

Hal ini tentu saja dapat mengurangi kepercayaan dirimu ya Bu. Apalagi jika kamu masih harus bekerja dan bertemu dengan banyak orang di luar rumah.

Menutupi flek hitam yang muncul di wajah ternyata nggak segampang menutupi jerawat lho! Sebab, meskipun sudah menggunakan foundation yang cukup tebal terkadang flek hitam masih tetap susah untuk ditutupi.

Wah, kalau seperti ini gimana cara menghilangkan flek hitam di wajah ya Bu? Tenang, ternyata banyak bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan flek hitam di wajah yang bisa dilakukan di rumah lho!

Meskipun tidak bisa hilang secara instant, namun beberapa cara menghilangkan flek hitam di wajah yang satu ini mungkin bisa menjadi salah satu solusi yang tepat buat kamu ya Bu. Nah, berikut adalah cara menghilangkan flek hitam alami yang bisa kamu lakukan!

Apa itu flek hitam? 


Melansir Medical News Today flek hitam atau dark spots merupakan bintik gelap yang umumnya berada di sekitar wajah yang muncul akibat adanya hiperpigmentasi kulit. Hiperpigmentasi merupakan hal umum yang terjadi ketika kulit memproduksi terlalu banyak melanin.

Lalu apa sih yang jadi penyebab kulit mengalami hiperpigmentasi? Nah, ternyata ada banyak sekali penyebabnya ya Bu diantaranya adalah; akibat paparan sinar matahari, adanya jaringan parut berlebih dalam kulit wajah, faktor usia dan masih banyak lagi.

Flek hitam di wajah umumnya tidak berbahaya bagi seseorang. Namun akan sangat memengaruhi kepercayaan dirinya akibat warna hitam yang mengganggu penampilan.

Sehingga banyak orang rela melakukan berbagai cara agar bisa menghilangkan flek hitam di wajahnya. Misalnya saja dengan menggunakan krim wajah yang mengandung hydroquinone, asam kojic dan retinol.

Sayangnya nggak semua orang cocok dengan bahan-bahan tersebut ya Bu. Jika kamu adalah salah satu diantaranya, maka cara menghilangkan flek hitam alami mungkin bisa menjadi solusi.

Cara menghilangkan flek hitam di wajah yang membandel secara alami

Mengingat tidak semua orang cocok menggunakan kosmetik dengan berbahan kimia, mungkin kamu bisa mencoba cara menghilangkan flek hitam secara alami berikut ini ya Bu. Melansir Healthline berikut adalah beberapa bahan alami yang bisa jadi pilihan.

1. Cuka apel

Apple cider vinegar atau cuka apel mengandung asam acetic yang menurut penelitian dari National Library of Medicine dapat membantu mencerahkan kulit wajah akibat adanya flek hitam. Cara menggunakan cuka apel sebagai salah satu cara menghilangkan flek hitam di wajah adalah sebagai berikut: 

  • Campurkan cuka apel dan air dengan perbandingan yang sama dalam wadah;
  • Oleskan ke wajah yang terdapat titik flek hitam, biarkan sekitar 2-3 menit;
  • Bilas menggunakan air hangat; dan
  • Ulangi selama 2-3 kali sehari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Lidah buaya


Lidah buaya mengandung aloin, sejenis senyawa alami yang telah terbukti dapat mencerahkan kulit. Senyawa ini juga bisa bekerja secara efektif sebagai pengobatan hiperpigmentasi yang cukup diandalkan bagi mereka yang memiliki kulit sensitif. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Oleskan lidah buaya alami ke area flek hitam sebelum tidur malam hari;
  • Kemudian bilas menggunakan air hangat keesokan paginya; dan
  • Ulangi setiap hari sampai warna kulit wajahmu tampak membaik. 

3. Ekstrak teh hijau


Ekstrak teh hijau memiliki efek depigmentasi ketika dioleskan ke kulit. Bahkan teh hijau diklaim cukup efektif dalam mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam secara alami. Cara menggunakannya adalah sebagai berikut:

  • Rendam kantong teh hijau dalam air matang selama 3-5 menit;
  • Keluarkan kantong teh dari air dan biarkan dingin;
  • Gosokkan kantong teh hijau di atas flek hitam pada wajah; dan
  • Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, ulangi penggunaannya tiap 2 kali sehari.

4. Susu


Susu, buttermilk, dan olahan susu lain telah terbukti secara efektif dalam menghilangkan flek hitam di wajah. Hal ini karena susu mengandung asam laktat yang bisa jadi cara menghilangkan flek hitam secara alami. Berikut adalah caranya:

  • Rendam bola kapas dalam susu;
  • Gosokkan pada bagian kulit yang terdapat flek hitam selama 2 kali sehari; dan
  • Ulangi setiap hari sampai tampak perubahan pada kulitmu.

5. Pasta tomat


Menurut penelitian dari The British Journal of Dermatology menemukan bahwa pasta tomat kaya akan zat likopen yang ternyata dalam melindungi kulit terhadap flek hitam. Penggunaannya pun sangat mudah, yakni cukup dioleskan ke wajah seperti masker lalu bilas dengan air hangat.

6. Air teh hitam


Air teh hitam dapat menjadi cara menghilangkan flek hitam pada wajah yang cukup diandalkan oleh para wanita sejak jaman dahulu. Asalkan digunakan secara rutin, air teh hitam ternyata dapat membantu menghilangkan flek hitam yang membandel selama 1-4 minggu. 

Untuk mencoba perawatan ini berikut adalah bahan dan alat yang perlu kamu siapkan di rumah:

  • Tambahkan satu sendok makan daun teh hitam segar ke dalam secangkir air suling mendidih;
  • Rendam selama dua jam dan saring untuk menghilangkan daunnya;
  • Rendam bola kapas dalam air teh dan oleskan ke area yang terdapat flek hitam selama 2 kali sehari; dan
  • Ulangi setiap hari dan dapatkan hasilnya selama beberapa minggu ke depan.

Meskipun cara menghilangkan flek hitam secara alami ini cukup banyak dilakukan oleh oara wanita, namun pastikan kamu tidak memiliki kulit yang sensitif terhadap bahan-bahan yang terkandung dalam bahan alami tersebut ya Bu. 

Agar lebih pasti, konsultasikan hal ini ke dokter jika Ibu tetap ingin mencoba menghilangkan flek hitam secara alami di rumah.

Editor: Dwi Ratih