Keluarga

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Aplikasi PeduliLindungi

Yang Perlu Kamu Tahu Tentang Aplikasi PeduliLindungi

Vaksinasi Covid-19 telah marak dilaksanakan dan salah satu bukti sudah divaksin adalah memiliki kartu vaksin yang dapat dilihat di aplikasi pedulilindungi. Bahkan tak hanya itu, aplikasi pedulilindungi juga berfungsi untuk beberapa hal lainnya. Apa sebenarnya aplikasi pedulilindungi itu?

Aplikasi PeduliLindungi


Aplikasi pedulilindungi adalah aplikasi yang dibuat pemerintah dengan tujuan membantu pelacakan dalam menghentikan penyebaran COVID-19. Aplikasi ini memerlukan kerjasama masyarakat dalam memberikan datanya ketika bepergian. Hmm, mengapa begitu?

Ini karena Pemerintah memerlukan riwayat kontak seseorang dan apakah mungkin orang tersebut baru melakukan kontak dengan pasien COVID-19 atau tidak. Dalam aplikasi PeduliLindungi, kamu akan dimintai lokasi keberadaanmu dengan sistem GPS. 

Jika kamu sudah terdata, maka kamu dapat dengan mudah mengetahui lokasimu saat ini berada memiliki kerumunan atau tidak, serta terdapat berapa banyak penderita COVID-19 di sekitarnya. Manfaat-manfaat dari aplikasi PeduliLindungi juga dapat diakses melalui situs pedulilindungi.id. Tetapi tentu lebih mudah dengan aplikasinya, kan.

Layanan Aplikasi PeduliLindungi


Aplikasi PeduliLindungi untuk apa sih? Apakah harus mengunduhnya? Yap! Tentu aplikasi PeduliLindungi memiliki manfaat untukmu. Dengan semakin luasnya program vaksinasi oleh pemerintah, banyak pusat keramaian seperti mall, supermarket dan tempat wisata mulai menerapkan sertifikat vaksin sebagai syarat masuk.

Dalam sertifikat vaksin ada QR code yang dapat dipindai untuk menunjukkan datamu. Untuk memudahkan dan mempercepat proses pendataan, setiap lokasi keramaian telah dilengkapi alat pemindai QR code, sehingga kamu hanya perlu memiliki aplikasi PeduliLindungi saja dan melakukan pindai langsung dari sertifikatmu di dalam aplikasi. Oh ya, sertifikat vaksinmu dapat diakses melalui layanan “Paspor Digital” ya.

Selain sertifikat vaksin, kamu yang belum mendapatkan vaksin juga bisa mendaftar melalui aplikasi PeduliLindungi. Cukup dengan memasukkan nama dan NIK-mu, kamu dapat mendaftarkan dirimu pada program vaksin di kota dan pusat layanan kesehatan terdekat.

Ada juga layanan Teledokter, dimana kamu dapat berkonsultasi dengan Dokter jika mengalami gejala dan butuh mengkonsultasikan hal tersebut pada Dokter. Jika ada info penting dari Pemerintah terkait COVID-19 atau hal yang khusus ditujukan untukmu, aplikasi PeduliLindungi akan mengabarkannya melalui layanan “Info penting”. 

Sedangkan jika kamu melakukan perjalanan menggunakan transportasi umum seperti pesawat atau Kereta, ada “Diari Perjalanan” yang merekam jejak perjalanan bepergian.. Inilah yang nantinya digunakan sebagai data tracing jika kamu atau orang yang berkontak denganmu sebelumnya terpapar COVID-19.

Bagaimana Cara Mengakses Aplikasi PeduliLindungi?


Cara mengakses aplikasi PeduliLindungi cukup mudah. Begini caranya:

1.Download aplikasi PeduliLindungi melalui Play Store atau App Store;

2. Buka aplikasi setelah sukses terunduh;

3. Kamu akan diminta memasukkan email, kemudian nomor telepon;

4. Selanjutnya aplikasi akan mengirimkan kode OTP melalui nomor telepon aktif, dan kamu perlu memasukkannya ke kolom yang disediakan;

5. Jika sudah, maka aplikasi akan meminta persetujuan untuk melacak lokasi GPS-mu dan menghubungkannya dengan aplikasi Pedulilindungi;

6. Jika selesai, kamu akan melihat halaman “Home” pada aplikasi dengan pilihan layanan yang kamu perlukan; dan

7. Kamu tinggal memilih layanan yang akan digunakan.

Aplikasi PeduliLindungi Bermasalah? Benarkah?

Photo Source: Setjen.pu.go.id

Baru-baru ini ada beberapa permasalahan yang berkaitan dengan aplikasi Pedulilindungi. Beberapa pengguna melaporkan bahwa aplikasi pedulilindungi tidak bisa dibuka. Ada pula yang melaporkan bahwa muncul tulisan aplikasi pedulilindungi tidak ada koneksi internet, meski pengguna sedang menggunakan internet. 

Sebagai aplikasi yang baru dikembangkan saat pandemi berlangsung, wajar bila masih banyak hal yang perlu di-upgrade terkait aplikasi ini.

Terlalu banyak pengguna yang mengakses secara bersamaan merupakan salah satu faktor penyebab aplikasi PeduliLindungi bermasalah. Untuk masalah ini kamu bisa menunggu hingga server kembali normal. Selain itu, bisa juga aplikasi ini terkena bug. Sehingga kamu perlu melakukan reset data aplikasi. 

Jika masih belum berhasil, cek kembali data yang kamu masukkan, karena mungkin saja data yang dimasukkan kurang tepat.

Ada kalanya, masalah muncul dari operator. Operator yang mengalami masalah akan tampak aktif tapi tidak terhubung dengan internet pada ponselmu. Akibatnya, aplikasi PeduliLindungi tidak dapat diakses. Penyebab berikutnya mungkin saja karena kamu belum mengaktifkan Bluetooth-mu. Aplikasi ini memerlukan pengaktifan bluetooth dan Internet bersamaan.

Situs PeduliLindungi Palsu

Selain aplikasi, PeduliLindungi juga hadir dalam bentuk website, yaitu pedulilindungi.id. Sayangnya, baru-baru ini Kemenkominfo merilis kabar bahwa mereka menemukan website serupa yang rupanya palsu, yaitu pedulilindungia.com. Kemenkominfo telah memblokir situs tersebut dan meminta masyarakat lebih berhati-hati dalam mengakses situs dan memberikan data pribadi. Dengan tegas Kemenkominfo mengatakan bahwa situs palsu tersebut bukan digunakan untuk penanganan COVID-19.

Nah, kini kamu sudah mengetahui lebih jauh tentang aplikasi PeduliLindungi. Unduh segera untuk mensukseskan program pemerintah dalam menangani COVID-19, agar pandemi segera teratasi.

Editor: Dwi Ratih