Keluarga

Yuk, Coba! 7 Cara Agar Pakaian Tidak Bau Apek

Yuk, Coba! 7 Cara Agar Pakaian Tidak Bau Apek

Pernahkah Ibu kebingungan tentang bagaimana ya cara agar pakaian tidak bau apek? Eits, nggak perlu khawatir, Bu. Ibupedia punya tips cara mengatasi bau apek pada baju, nih. Tetapi sebelum itu, kenali dulu penyebab baju menjadi bau apek.

Penyebab Baju Bau Apek

Baju yang berbau apek mengandung jamur. Jamur tumbuh di tempat gelap dan lembap. Baju yang berbau apek tidak hanya terjadi karena baju berada di dalam mesin cuci. Bisa juga, lho baju yang diletakkan di dalam lemari berbau apek ketika akan dipakai. Nah, hal ini berarti lemari dan mesin cuci menjadi sarang jamur. Berikut penyebab baju bau apek:

  1. Baju terlalu lama berada dalam mesin cuci dalam kondisi basah atau lembap. Bisa karena lupa mengeringkan setelah proses bilas, atau lupa mengeluarkan setelah proses pengeringan dengan mesin. Yup, meski sudah dikeringkan dengan mesin, baju belum kering sempurna. Masih butuh dijemur atau diangin-anginkan.
  2. Campuran deterjen dan air kurang tepat. Terlalu banyak air dan lebih sedikit deterjen akan membuat baju berbau apek. Hal ini terjadi karena kotoran tidak hilang sempurna sehingga masih menetap di baju dan meninggalkan bau apek.
  3. Baju terkontaminasi jamur di dalam mesin cuci. Pembersihan rutin mesin cuci diperlukan untuk menghindari hal-hal semacam ini. Jamur yang menempel di sela-sela bagian dalam mesin cuci membuat baju jadi bau apek saat sudah dijemur.
  4. Baju tidak kering sempurna. Biasanya dialami ketika musim hujan dengan intensitas hujan yang cukup rapat dalam satu hari. Sehingga membuat baju yang sedang dijemur jadi lebih lama kering dan menyimpan kelembapan di dalam serat.
  5. Lemari pakaian lembap dan berjamur. Lemari pakaian yang Ibu yakini menjadi tempat baju bersih pun bisa berkontribusi membuat bau apek. Jika lemari tidak tersikulasi dengan baik atau ada baju yang sudah sangat lama tidak dipakai, jamur sangat mungkin tumbuh dan membuat baju bau apek.
  6. Baju disetrika dalam keadaan tidak kering sempurna. 

Lalu, bagaimana jika sudah terlanjur bau apek? Adakah cara agar pakaian tidak bau apek?

Tips Cara Menghilangkan Bau Apek Pada Baju

Agar pakaian tidak bau apek, yuk coba cara-cara berikut ini!

1. Cuci dengan Baking Soda


Baking soda sebenarnya merupakan sodium bikarbonat. Dilansir dari Houselogic, senyawa ini berfungsi sebagai penetralisir. Ibu tentu mengetahui saat ini sudah banyak metode pembersihan ramah lingkungan menggunakan baking soda. Bau dan kotoran mengandung senyawa asam. Sedangkan sodium bikarbonat bersifat basa dan mampu menetralisir senyawa asam tersebut.

Agar pakaian tidak bau apek, gunakan campuran 1 cup baking soda dengan air panas dan gunakan untuk mencuci baju. Bisa dilakukan di mesin cuci maupun cuci manual dengan tangan. Tetapi jika mencuci menggunakan tangan, tunggu hingga air menjadi dingin lalu kucek seperti biasa. Proses ini tidak membutuhkan deterjen, ya. Jika setelah diperas atau dikeringkan masih tercium bau apek, proses ini dapat diulangi kembali.

2. Mencuci dengan Cuka


Tidak perlu menggunakan cuka apel, kok. Ibu bisa menggunakan cuka dapur pada umumnya yang dicampurkan dengan air panas. Bila dibandingkan dengan baking soda, cuka tidak sekuat baking soda dalam menghilangkan bau apek. Tetapi jika yang tersedia hanya cuka, Ibu masih bisa menggunakannya agar pakaian tidak bau apek.

Cara yang digunakan juga sama. Campurkan 1 cup cuka dengan air panas dan gunakan untuk mencuci baju yang apek. Campuran cuka dengan baking soda juga bisa Ibu pilih agar lebih ampuh menghilangkan bau apek.

3. Air lemon


Perasan lemon mampu menghilangkan bau tidak sedap di semua permukaan. Menghilangkan bau amis ikan, mencuci bersih daging ungags, bahkan mencuci talenan yang kotor bisa dengan air perasan lemon. Agar pakaian tidak bau apek, campurkan air lemon dengan air (bisa panas atau suhu ruang) dan gunakan untuk merendam. Perbandingannya bisa dikira-kira saja, kok. Nah, jika bau belum hilang, proses ini bisa diulangi kembali ya.

4. Kopi


Bubuk kopi dikenal sebagai bubuk penyerap bau tidak sedap. Mulai dari masalah jamur pada lemari penyimpanan bahan makanan, bau pada kotak plastik, bahkan bau yang ditinggalkan dari kotoran hewan. Agar pakaian tidak bau apek, selipkan kantung berisi bubuk kopi pada baju yang berbau apek. Bubuk kopi lebih cocok digunakan untuk baju yang apek dalam keadaan kering.

5. Hidrogen Peroksida


Hidrogen peroksida sedang digandrungi sebagai bubuk ajaib pembasmi kotoran dan jamur yang ramah lingkungan. Hampir semua permukaan aman dibersihkan dengan hidrogen peroksida. Biasanya hidrogen peroksida digunakan untuk mencuci baju berjamur atau bernoda yang susah dihilangkan. Nah, agar pakaian tidak bau apek, hidrogen peroksida juga bisa jadi solusi. Taburkan bubuk ini pada setiap baju yang berbau apek, kemudian tuang air panas dan rendam semalaman.

Keesokan harinya saat akan mulai membilas baju, sebaiknya gunakan sarung tangan karet. Hal ini karena hidrogen peroksida dapat membuat kulit tangan kisut. Tetapi ada beberapa orang yang tidak mengalami masalah saat berkontak dengan bubuk ini. Meski demikian, bubuk ini tidak berbahaya kok. Bahkan terbilang ampuh membasmi noda, jamur, kerak dan bau. Jemur di bawah sinar matahari setelah dibilas.

 

Bila dirunut kembali, penggunaan air panas hampir selalu disebutkan pada cara-cara di atas. Ibu perlu meneliti kembali baju yang berbau apek apakah aman untuk dicuci dengan air panas? Bila tidak aman dan agar pakaian tidak bau apek, Ibu bisa menggunakan cara terakhir, yaitu:

6. Masukkan ke freezer


Bungkus baju yang berbau apek pada plastic ziplock, kemudian masukkan ke freezer dan diamkan semalaman. Suhu dingin akan menghentikan bakteri berkembang dan bau apek akan hilang. Angin-anginkan keesokan harinya.

7. Jemur di terik matahari


Menjemur pakaian agar tidak lagi berbau apek merupakan salah satu cara paling mudah. Terik matahari akan membunuh bakteri dan jamur serta menghilangkan bau apek. Agar pakaian tidak bau apek, cobalah menjemur dengan durasi yang cukup dan tidak terlalu lama. Karena terlalu lama juga akan membuat baju berbau.

Nah, bagaimana, Bu? Sudah tidak kebingungan lagi, kan? Yuk dicoba cara-cara terebut, ya.

Penulis: Mega Pratidina Putri
Editor: Dwi Ratih