Keluarga

Yuk Koreksi Lagi, Ternyata Ini Urutan Pemakaian Skincare Yang Benar

Yuk Koreksi Lagi, Ternyata Ini Urutan Pemakaian Skincare Yang Benar

Skincare adalah bagian dari perawatan kulit wajah yang penting digunakan setiap hari. Nggak hanya membantu melembapkan kulit, skincare juga bisa mencegah dan melindungi kulit dari berbagai macam masalah seperti jerawat, kulit kering dan lain sebagainya.

Menggunakan skincare juga penting digunakan sejak masa remaja. Dimulai dari skincare dengan komposisi yang ringan terlebih dahulu. Lalu bertahap bisa disesuaikan dengan kondisi kulit.

Pemilihan skincare pun nggak boleh sembarangan ya Bu. Jangan asal dipilih berdasarkan rating saja, namun juga harus digunakan berdasarkan kebutuhan. Apalagi reaksi seseorang mengenai skincare yang digunakan juga berbeda-beda.

Nah, kebanyakan orang mungkin banyak yang belum tahu urutan pemakaian skincare yang benar. Padahal hal ini penting dilakukan agar skincare bisa bekerja dengan maksimal di dalam kulit kita.

Bahkan urutan pemakaian skincare yang benar saat pagi dan malam hari bisa berbeda lho! Yuk simak apa saja urutan pemakaian skincare yang benar berikut ini supaya kamu nggak salah menggunakan urutan skincare-mu lagi.

Urutan pemakaian skincare pagi yang benar


Bu, urutan pemakaian skincare yang benar di waktu pagi dan malam hari tentu berbeda ya. Biasanya urutan pemakaian skincare pagi harus mengandung bahan yang bisa melindungi kulit dari sinar UV dan polusi udara. Melansir Healthline berikut adalah urutan pemakaian skincare pagi yang benar:

Skincare dasar pagi

  • Cleanser: digunakan untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk saat malam hari;
  • Pelembap: digunakan untuk melembabkan kulit bisa dalam bentuk gel dan krim; dan
  • Tabir surya atau sunscreen: digunakan untuk melindungi kulit dari sengatan sinar matahari.

Urutan pemakaian skincare yang benar

1. Cuci muka dengan sabun

Membersihkan wajah dengan sabun cuci muka setelah bangun pagi bertujuan untuk menghilangkan minyak dan kotoran yang menumpuk semalaman saat kamu tidur. Setelah wajah sudah bersih, maka produk skincare lainnya dapat menempel dengan mudah di wajah kita.

2. Gunakan toner wajah

Penggunaan toner wajah berfungsi untuk membantu mengangkat sisa-sisa kotoran dan minyak berlebih yang mungkin masih saat mencuci muka. Penggunaan toner juga berfungsi membantu mengembalikan pH kulit yang hilang saat tahapan mencuci muka. 

3. Gunakan essence

Essence berfungsi untuk melembapkan dan membantu produk skincare selanjutnya agar dapat meresap lebih baik ke dalam kulit. Biasanya essence berbentuk cairan dan berbahan dasar air dengan konsentrasi bahan aktif tinggi.

Essence juga dapat membantu menenangkan dan menutrisi kulit, serta mencegah penuaan dini. Selain itu, essence juga biasanya mengandung hyaluronic acid, gliserin, dan vitamin C yang bisa mencerahkan kulit. Penggunaan essence juga nggak boleh terlalu banyak, cukup gunakan tipis-tipis secara merata ke seluruh wajah.

4. Gunakan serum wajah

Serum wajah jelas berbeda dengan essence ya Bu. Serum wajah sendiri merupakan cairan bertekstur ringan yang mengandung konsentrasi zat aktif lebih tinggi.

Dibandingkan dengan essence, biasanya serum dianggap lebih efektif meresap ke dalam kulit. Untuk menggunakan serum wajah, cukup tuangkan ke telapak tangan secukupnya, lalu oleskan serum tersebut ke seluruh permukaan wajah hingga leher secara merata.

Supaya serum bisa bekerja maksimal, seorang profesor dermatologi dari Harvard Medical School, Dr. Maryam M. Asgari mengatakan serum perlu dioleskan pada permukaan kulit yang sudah bersih agar bisa menyerap ke dalam kulit dengan lebih sempurna.

5. Gunakan pelembab wajah

Pelembab atau moisturizer berfungsi untuk melembapkan kulit wajah serta menghaluskannya. Kamu bisa memilih pelembap sesuai dengan jenis kulit.

Untuk cara penggunaannya, ambil pelembab dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran kacang polong ke telapak tangan. 

Oleskan pelembap pada area pipi terlebih dahulu, lalu oleskan ke atas menuju dahi dengan gerakan memijat. Jangan lupa ratakan ke seluruh wajah hingga leher ya Bu. Kamu juga bisa menggunakan eye cream jika dibutuhkan.

6. Gunakan tabir surya atau sunscreen

Urutan pemakaian skincare pagi yang benar selanjutnya adalah menggunakan tabir surya atau sunscreen. Sebaiknya penggunaan sunscreen tidak boleh dilewatkan ya Bu, sebab sunscreen dapat melindungi wajah dari paparan sinar UV meskipun kamu hanya berkegiatan di dalam ruangan seharian.

Oleskan tabir surya ke seluruh permukaan wajah sambil sedikit memijat wajah searah jarum jam. Gunakan tabir surya dengan minimal SPF 30.

Nah, setelah urutan ini kamu juga bisa langsung menggunakan berbagai make up dimulai dari foundation ya Bu.

Urutan pemakaian skincare malam yang benar


Saat malam hari, biasanya menjadi waktu yang tepat untuk menenangkan kulit sehingga urutan pemakaian skincare malam yang benar harus digunakan dengan tepat. Sebenarnya urutan pemakaian skincare malam nggak terlalu berbeda jauh dengan saat pagi hari. Namun urutan ini perlu diperhatikan dengan benar agar skincare dapat meresap sempurna.

Skincare dasar malam

  • Face cleanser: Face cleanser atau pembersih wajah berfungsi membersihkan sisa make up;
  • Toner pembersih: berfungsi membersihkan sisa kotoran yang tidak bisa terangkat jika hanya menggunakan cleanser;
  • Spot treatment: jika kamu memiliki jerawat, maka perlu menggunakan spot treatment agar bisa diobati secara efektif di malam hari dengan produk anti-inflamasi tersebut; dan
  • Krim malam atau sleep mask: dua jenis skincare ini dapat membantu melembabkan dan membantu proses regenerasi kulit saat malam hari.

Urutan pemakaian skincare yang benar

1. Cuci muka dengan sabun

Mencuci muka dengan sabun dapat membantu mengangkat kotoran yang tertinggal di wajah setelah seharian beraktifitas. Gunakan sabun yang cocok dengan kulitmu ya Bu.

2. Gunakan make up remover

Make up remover berfungsi untuk mengangkat sisa make up yang tertinggal di wajah. Make up remover juga berfungsi untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah dampak negatif dari produk make up yang tersisa.

Gunakan make up remover berbahan dasar minyak agar make up yang menempel lebih mudah terangkat. Namun, jika kamu memiliki kulit yang sensitif gunakan make up remover berbahan dasar air.

3. Gunakan milk cleanser

Nggak cukup dengan make up remover, kamu tetap perlu menggunakan milk cleanser untuk memastikan tidak ada sisa make up di wajah. Kamu bisa menggunakan kapas atau rose water untuk kembali menyegarkan wajah.

4. Gunakan toner

Sama seperti urutan skincare pagi, kamu bisa menggunakan toner wajah setelah menggunakan milk cleanser. Penggunaan toner juga berfungsi membantu mengembalikan pH kulit yang hilang saat tahapan mencuci muka. 

5. Gunakan essence

Sebelum menggunakan krim malam, agar lebih mudah meresap ada baiknya gunakan essence terlebih dahulu ya Bu. Penggunaan essence juga dapat melembabkan kulit sehingga skincare bisa meresap dengan sempurna nantinya.

6. Gunakan krim malam

Krim malam merupakan pengganti tabir surya seperti urutan pemakaian skincare pada pagu hari. Krim malam biasanya memiliki kandungan serta fungsi yang lebih khusus, yaitu melembapkan kulit, menyamarkan kerutan, atau memudarkan noda hitam di wajah.

Kamu juga bisa menggunakan sleeping mask setelahnya. Setelah menggunakan sleeping mask, kamu juga nggak perlu mencuci muka kembali.

Editor: Dwi Ratih