Kesehatan Dibaca 2,011 kali

10 Tips Membersihkan Kamar Mandi dengan Maksimal

Share info ini yuk ke teman-teman
Stephanie
10 Tips Membersihkan Kamar Mandi dengan Maksimal

Membuat tata ruang agar kamar mandi terlihat ideal dan sehat memang nggak mudah. Tentunya, kita ingin memiliki kamar mandi yang lapang dan sedap dipandang, namun sayangnya, nggak semua orang berkesempatan punya kamar mandi bak di hotel. Untuk memaksimalkan luas kamar mandi yang terbatas, ada beberapa trik yang bisa Anda coba.

Maksimalkan kamar mandi Anda dengan meletakkan wastafel di sudut. Letakkan closet berseberangan dengan wastafel. Penggunaan laci di bawah wastafel, sebaiknya yang melengkung. Selain membuat tata ruang terlihat menarik, laci melengkung juga memberikan kesan sisa ruang. Jika Anda ingin membagi ruang antara yang basah dan kering, cukup dengan menggunakan shower curtain, karena penggunaan pintu kaca akan memakan tempat untuk bukaannya, bahkan dengan pintu kaca sliding sekalipun. Membuat rak atau lemari penyimpanan di dinding atau floating. Terakhir, ruangan yang didominasi warna putih dan menaruh cermin besar bisa membuat terasa lebih luas. 

Nah, selain membuat kamar mandi terlihat indah dan nyaman, ada hal lain yang semestinya diletakkan sebagai yang paling utama, yaitu membersihkan kamar mandi.

Namanya juga kamar mandi, ya, pastinya digunakan untuk membersihkan diri dari kotoran. Maka bisa dibayangkan, dong, seberapa kotornya area ini? Untuk menjaga kebersihannya, maka sebaiknya kebiasaan membersihkan kamar mandi dan seisinya dibersihkan setidaknya setiap satu minggu sekali.

  1. Cara Membersihkan Noda Pada Separator Kaca Kamar Mandi

    Noda di separator kaca nggak hanya bikin kamar mandi terlihat jorok, tapi juga membuatnya kelihatan jelek dan usang. Bercak-bercak di kaca ini disebabkan oleh penumpukan kadar mineral yang tinggi pada air. Supaya separator kaca di shower area selalu jernih seperti di hotel, maka harus sering dibersihkan dan dikeringkan. Jika dibiarkan lama menumpuk, pastinya noda tersebut bakal lebih susah untuk dihilangkan. 

    Ada beberapa cara untuk membersihkan noda pada kaca. Pertama adalah dengan bahan kimia. Cara penggunaan bahan kimia umumnya ditulis pada kemasan. Biasanya, dimulai dengan membasahi kaca, lalu menyemprotkan atau menaburkan bahan kimia, terakhir dibilas hingga bersih. 

    Cara lainnya yang bisa Anda coba untuk membersihkan kamar mandi, diunggah oleh seorang pengguna internet, yaitu dengan larutan cuka putih. Pertama, rendam kain di dalam cuka putih, kemudian gantung di kaca yang kotor, intinya adalah menempelkan cuka pada kaca selama beberapa waktu. Jika agak mengering, Anda bisa menyemprotkan cuka kembali dengan sprayer. Setelah setengah jam, angkat kain dan siram cuka hingga bersih. Balurkan pembersih pada kaca (pengguna tersebut mencampurkan sedikit air dengan bubuk pembersih sink cuci piring, yang aman untuk digunakan pada kaca), kemudian gosok dengan sabut berkualitas baik, bilas dan keringkan. Proses ini mesti diulang, tergantung seberapa tebal noda di kaca Anda. Jangan lupa, untuk selalu menggunakan sarung tangan dan masker selagi Anda memberihkan kamar mandi.

  2. Cara Membersihkan Bercak di Cermin Kamar Mandi

    Cermin kamar mandi, seringkali terkena percikan air, percikan sabun dan uap dari penggunaan water heater. Jika nggak rajin dibersihkan, maka akan timbul bercak-bercak pada cermin. Untuk sehari-hari, kaca bisa dibersihkan dengan pembersih khusus, namun untuk menghilangkan noda, Anda bisa menggunakan campuran air dan cuka dalam jumlah yang sama, kemudian keringkan dengan kaus bekas atau koran.

  3. Cara Membersihkan Bathtub

    Apalagi jika Anda senang berendam di dalamnya, maka jangan malas membersihkan membersihkan kamar mandi, khususnya di area bathtub, karena kotoran dan sisa-sisa sabun melekat di dalamnya. Artinya, kulit Anda yang menempel langsung pada permukaan bathtub, bisa tersentuh kotoran tersebut. Lumut pada bathtub juga bisa membahayakan anak-anak yang senang bermain di dalamnya. Bersihkan bathtub menggunakan cairan pembersih kamar mandi dan sikat dengan spons. Pastikan Anda membilasnya hingga benar-benar bersih, supaya cairan pembersih hilang dan aman digunakan kembali. 

  4. Cara Membersihkan Lubang Kepala Shower 

    Kenapa saat membersihkan kamar mandi, kepala shower mesti dibersihkan? Kamar mandi yang lembap menjadikan tempat yang ideal untuk berkembangnya bakteri, jamur dan lumut, nggak terkecuali di dalam lubang-lubang kepala shower Anda. Lubang-lubang ini menampung bakteri yang terkait dengan gangguan kesehatan paru-paru Anda. Untuk membersihkannya, rendam kepala shower di dalam plastik yang sudah diisi cuka putih. Untuk jumlah cuka putih, sesuaikan saja, yang penting kepala shower bisa terendam. Ikat plastik dan biarkan semalaman, kemudian bilas. 

  5. Cara Membersihkan Lantai Kamar Mandi Agar Tampak Baru

    Lantai kamar mandi yang kotor nggak cuma jadi sarang penyakit, tapi juga bisa berbahaya bagi penggunanya, apalagi jika dipakai oleh orangtua dan anak-anak. Lumut mudah sekali timbul di lantai kamar mandi dan membuat penggunanya berisiko jatuh. Lantai kamar mandi dibersihkan menggunakan cairan kimia dan disikat, namun jika lumut susah dibersihkan, Anda bisa mencoba menggunakan kain amplas saat membersihkan kamar mandi. Untuk mencegah lumut, Anda juga bisa memperbaiki ventilasi kamar mandi Anda.

  6. Cara Membersihkan Celah di Lantai

    Bagian semen pada lantai atau celah, juga mesti dibersihkan. Misalnya menggunakan pembersih kimia yang banyak dijual di pasaran. Semprot cairan pada seluruh bagian yang mesti dibersihkan dan diamkan beberapa waktu untuk membiarkan cairan pembersih bekerja, sikat dan bilas dengan air. Untuk tampilan yang lebih bersih, Anda juga bisa menggunakan cairan pemutih, tapi baiknya jangan digabung, ya, dan jangan lupa untuk menggunakan masker selama membersihkan kamar mandi dan buka pintu kamar mandi juga ya.

    Karena rapuh, celah-celan ubin ini juga disarankan untuk di seal ulang setiap enam bulan sekali. Hal ini baik untuk menghindari kelembapan di kamar mandi dan agar kotoran nggak meresap ke dalamnya.

  7. Tips Membersihkan Closet

    Betul, nggak ada hal yang paling menjijikkan dari pada closet yang kotor. Membersihkan kamar mandi, khususnya saat menghilangkan noda di closet juga nggak gampang. Jika Anda pindah ke rumah baru dan rumah tersebut sudah pernah ditempati sebelumnya, sebaiknya Anda mengganti closet-nya dengan yang baru. Namun, untuk kebersihan sehari-hari, Anda bisa coba menerapkan trik berikut.

    Gunakan cairan pembersih khusus closet. Pembersih ini ada yang dituang langsung ke closet, atau melalui air (flush). Diamkan beberapa waktu, kemudian sikat dan bilas hingga bersih. Jika closet Anda ada noda, Anda bisa mencoba menggunakan baking soda. Taburkan baking soda pada closet dan sela-selanya dan diamkan selama 15 menit. Kemudian siram dengan air hangat. Jika noda belum hilang, bisa coba digosok menggunakan sikat batu apung. Cara tersebut nggak hanya membuat closet kelihatan bersih tapi juga membunuh kuman dan bakteri yang melekat di sela-sela closet. 

    Untuk mencegah closet bernoda dan terlihat jorok, pastinya closet mesti rutin dibersihkan. Trik lainnya adalah menjaga closet dan area sekitarnya tetap kering. Betul, trik ini seperti yang biasa dilakukan oleh petugas di pusat perbelanjaan dan hotel. Keringkan air yang menetes di dudukan closet setiap kali habis dipakai dan bila perlu, menggunakan shower separator (bisa berupa kaca atau tirai plastik) agar area closet tetap kering.

    Tips menggunakan closet lainnya, jika Anda hendak mem-flush, maka sebaiknya tutup closet Anda. Flushing bisa menyebabkan air terpercik ke mana-mana dan membawa serta kuman dan kotoran di dalamnya. Nah, jika menggunakan toilet yang belum dibersihkan, maka jangan menyentuh tutup closet tersebut.

  8. Tips Membersihkan Wastafel

    Wastafel nyatanya nggak kalah kotor dibandingkan lantai dan closet, terutama pada saringannya. Sama seperti bagian dari kamar mandi lainnya, wastafel juga mesti dibersihkan dengan cairan kimia. Untuk bersih yang lebih maksimal, wastafel juga bisa dibersihkan dengan cuka putih atau baking soda, yang kemudian disiram dengan air panas. Tapi perlu diingat, untuk penggunaan baking soda, nggak boleh terlalu sering, karena bisa merusak pipa. 

  9. Tips Membersihkan Kran

    Jika Anda tahu benda apa saja yang paling kotor dan banyak kumannya, maka salah satu di antaranya adalah kran air. Kran disentuh sebelum Anda mencuci tangan atau dalam keadaan tangan masih kotor, maka nggak heran, kan, kalau kotoran dan kuman menumpuk di sana. Saat membersihkan kamar mandi, khususnya kran air, disarankan untuk rutin membersihkannya dengan tisu atau cairan desinfektan. Sekadar tips untuk Anda, jika Anda menggunakan toilet umum dan mencuci tangan di wastafel-nya, sebaiknya Anda menggunakan tisu untuk mematikan kran. Jadi, tangan Anda nggak kembali kotor dengan menyentuh kran.

  10. Gagang Pintu Kamar Mandi Mesti Dibersihkan

    Sama seperti kran air, gagang pintu juga merupakan salah satu benda yang paling kotor, karena paling banyak disentuh setiap harinya. Untuk mencegah kuman berpindah dari tangan pengguna ke pengguna lainnya, adalah bisa membersihkan kamar mandi bagian gagang pitnunya dengan tisu desinfektan dan rutin membersihkannya.

    Selain rutin dibersihkan, kamar mandi yang sehat juga tergantung dari seperti apa ventilasinya. Sirkulasi udara dan cahaya matahari yang buruk di kamar mandi, akan menimbulkan aroma tidak enak yang disebabkan oleh ruangan yang lembap. Untuk mengatasinya, maka pastikan Anda membuat saluran udara atau jendela, bisa juga menggunakan exhaust fan. Tidak lupa, Anda juga mesti menjaga kebersihan septic tank. septic tank disarankan untuk dipompa setidaknya tiga hingga lima tahun sekali, jadi bukan menunggu sampai penuh atau mampet, ya.

Nah, semoga trik-trik membersihkan kamar mandi yang kami berikan di atas bisa menjadikan kamar mandi Anda menjadi lebih sehat dan nyaman, ya.

(Stephanie / Dok.Freepik)