Kesehatan

11 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Alami dan Sangat Aman!

11 Cara Mengatasi Hidung Tersumbat yang Alami dan Sangat Aman!

Cara mengatasi hidung tersumbat dapat dilakukan dengan menggunakan obat-obatan yang dijual di apotek atau melalui pengobatan yang lebih alami tanpa menggunakan obat yang harus diminum. Saat orang dewasa mengalami hidung tersumbat, mereka akan lebih mudah mengatasinya daripada bayi maupun anak-anak. 

Hal ini sangat tidak nyaman karena hidung tersumbat seringnya juga disertai dengan sakit kepala sehingga aktivitas sehari-hari juga jadi terganggu.

Penyebab Hidung Tersumbat

Melansir dari laman WebMD, penyebab hidung tersumbat dan perasaan seperti sesak pada area pernafasan disebabkan karena selaput yang melapisi saluran hidung mengalami peradangan dan iritasi. 

Saluran pada hidung tersebut biasanya mulai memproduksi lendir yang cukup banyak untuk mengeluarkan apapun yang menyebabkan munculnya iritasi atau peradangan seperti allergen. 

Mengutip dari laman Healthline, penyebab hidung tersumbat lainnya juga dapat dikarenakan Ibu sedang mengalami sakit flu, pilek, masuk angin, alergi, hingga adanya peradangan pembuluh darah di sinus.


Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Tanpa Obat

Saat ini jaman sudah semakin modern, segala macam obat-obatan juga turut berkembang dengan lebih baik lagi. Namun, cara mengatasi hidung tersumbat tetap dapat dilakukan dengan cara yang lebih alami dulu sebelum memutuskan menggunakan obat-obatan. 

Melansir dari laman WebMD, berikut ini merupakan cara mengatasi hidung tersumbat dan cara menjaga supaya hidung tetap lembab:

1. Menggunakan Humidifier 


Humidifier merupakan alat untuk melembabkan udara yang tersedia dengan berbagai macam variasi, kegunaan, serta fitur canggihnya. Humidifier bekerja dengan cara yang cepat dan mudah yaitu mesin pada humidifier akan mengubah air menjadi uap yang perlahan akan mengisi udara pada ruangan tersebut sehingga kelembapannya akan meningkat. 

Dengan menghirup udara yang lembab dapat menenangkan jaringan yang teriritasi dan pembuluh darah yang kemungkinan mengalami pembengkakan di hidung atau sinus. 

Beberapa orang bahkan telah mengklaim bahwa penggunaan humidifier merupakan cara mengatasi hidung tersumbat yang cukup baik karena lendir yang tebal dapat berubah menjadi lebih cair sehingga mudah dikeluarkan. 

Humidifier juga hadir dengan tambahan oil beraroma terapi yang menyegarkan dan menenangkan. Ibu bisa memilih oil apa yang sedang dibutuhkan karena biasanya tersedia untuk berbagai keperluan seperti oil aromaterapi untuk batuk dan flu, untuk relaksasi, dan masih banyak lagi. 

Sedikit saran yang berguna, bila sering menggunakan humidifier, sebaiknya sirkulasi udara pada kamar juga cukup bagus supaya terhindar dari ruangan yang terlalu lembab. Biasanya untuk selalu membuka jendela sehingga udara dapat berganti menjadi lebih segar dan paru-paru menjadi lebih sehat. 

Penggunaan humidifier telah lama menjadi solusi bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur juga Bu, jadi saran yang satu ini perlu dicoba.

2. Mandi atau Menghirup Uap Air Hangat

Cara mengatasi hidung tersumbat berikutnya adalah hal yang sepele namun terkadang sedikit diabaikan karena beberapa orang yang mengalami hidung tersumbat justru menghindari mandi. 

Padahal faktanya, mandi dengan air hangat dan menghirup uap air hangat dapat digunakan sebagai cara agar tidur nyenyak saat hidung tersumbat. Setelah mandi, efek pada badan tak hanya segar, namun hidung tersumbat akan memudar. 

Pastikan suhu air yang digunakan tidak begitu panas atau suam-suam kuku saja.

3. Tetap Perhatikan Asupan Cairan pada Tubuh

Tetap menjaga asupan cairan pada tubuh merupakan cara mengatasi hidung tersumbat yang tidak boleh diabaikan. Minum air putih yang cukup dapat membantu mengencerkan lendir pada hidung penyebab hidung tersumbat. 

Pilihlah air minum yang hangat, Ibu bisa minum air putih hangat atau mengkombinasikan air hangat dengan madu atau lemon, bisa juga dengan ramuan air jahe yang diberi irisan sereh yang segar. Penyebab hidung tersumbat akan semakin memudar saat kita menjaga asupan cairan dan pola makan yang sehat.

4. Gunakan Nasal Spray


Cara mengatasi hidung tersumbat yang satu ini juga bukan merupakan obat minum karena hanya untuk pemakaian luar saja. Nasal spray atau semprotan saline hidung ini merupakan larutan air asin yang terbuat dari garam yang fungsinya selain untuk menghidrasi juga dapat melembabkan area hidung kita. 

Beberapa Nasal Spray ini sudah memiliki kandungan dekongestan di dalamnya, namun Ibu perlu berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu tentang Nasal Spray yang memiliki kandungan obat ini di dalamnya. 

Menggunakan nasal spray juga dapat menjadi solusi paling tepat tentang bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur. Setidaknya tidur Ibu akan lebih baik dari hari sebelum menggunakan Nasal Spray.

5. Atasi Sinus yang Sedang Terjadi

Penyebab hidung tersumbat salah satunya karena adanya peradangan pada sinus seseorang. Mengeringkan sinus pada hidung dapat menggunakan Neti Pot, yaitu wadah yang dirancang untuk mengeluarkan lendir  dan cairan dari saluran hidung. 

Selain itu dapat juga menggunakan nasal irrigator atau bulb syringe. Mengutip dari laman Healthline, The Food and Drug Administration (FDA) menyarankan untuk menggunakan air yang steril atau H2O yang telah direbus dan didinginkan untuk membuat larutan irigasi.

6. Gunakan Perangkat Gelombang Arus Mikro

Cara mengatasi hidung tersumbat yang satu ini bisa jadi agak sedikit lebih rumit dan langka karena menggunakan perangkat gelombang arus mikro. 

Cara kerja alat ini adalah perangkat ditaruh di area wajah dan akan memancarkan getaran tanpa rasa sakit sehingga memunculkan kelegaan setelah menggunakannya. Untuk lebih mendetail, Ibu bisa tanyakan langsung pada tenaga medis mengenai perangkat yang satu ini.

7. Memakai Handuk Hangat


Cara mengatasi hidung tersumbat yang terbilang cukup mudah yaitu dengan menggunakan handuk basah yang hangat, pastikan tidak terlalu basah sehingga tetap nyaman saat ditempelkan pada area muka atau hidung kita. 

Penggunaan handuk hangat ini merupakan salah satu cara agar tidur nyenyak saat hidung tersumbat karena saluran yang tersumbat akan perlahan terbuka dari luar dan perlahan-lahan melegakan.

8. Menggunakan Bantal Ekstra


Yang paling menyebalkan adalah memikirkan bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur karena bila hidung masih mampet maka kualitas tidur akan sangat berkurang. Tak heran bila ini menyerang bayi dan anak-anak seringnya mereka akan sangat rewel. 

Sama halnya untuk orang dewasa, tak hanya hidung mampet saja yang terasa, terkadang kepala menjadi pusing. 

Cara mengatasi hidung tersumbat supaya tidur lebih nyenyak adalah dengan menaruh bantal extra dan berbaringlah dengan kondisi kepala agak lebih tinggi karena ini akan membantu pernafasan menjadi lebih nyaman.

9. Hindari Kolam Mengandung Klorin

Penyebab hidung tersumbat salah satunya karena adanya infeksi atau peradangan di dalam hidung, oleh karenanya, bila harus melakukan olahraga renang, sebaiknya menghindari kolam yang mengandung klorin terlebih dahulu ya. 

Kandungan klorin yang mungkin ada pada kolam renang justru akan membuat saluran hidung makin iritasi.

10. Memakai Minyak Hangat

Pernahkan menggunakan minyak hangat atau balsam sebagai cara mengatasi hidung tersumbat? 

Cara ini ternyata cukup ampuh juga meredakan hidung tersumbat, selain itu dapat membuat pernafasan menjadi lebih lega. Ibu bisa memilih berbagai macam jenis minyak seperti minyak kayu putih, minyak sereh, balsam, dan masih banyak lagi. 

Selain melegakan, minyak dan balsam akan memberikan efek menenangkan dan juga hangat.

11. Memakai Nebulizer


Beberapa cara mengatasi hidung tersumbat dapat juga memanfaatkan nebulizer untuk membantu mencarikan lendir pada pernafasan mulai dari hidung hingga tenggorokan. Pemakaian nebulizer sendiri biasanya menggunakan tambahan obat hirup seperti Nacl, ventolin nebules, dan masih banyak lagi. 

Bila sama sekali belum pernah mencoba teknik ini, sangat diwajibkan untuk melakukan konsultasi pada dokter apakah penggunaan nebulizer diperlukan dan diperbolehkan. Penggunaan nebulizer juga dapat membantu bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat saat tidur


Cara Mengatasi Hidung Tersumbat dengan Obat

Bila cara mengatasi hidung tersumbat dengan cara yang lebih alami dan tanpa obat dirasa masih belum mampu meredakan penyebab hidung tersumbat, dan Ibu masih terus memikirkan cara agar tidur nyenyak saat hidung tersumbat, maka Ibu bisa menggunakan obat yang dapat membantu mengatasi hidung tersumbat. 

Biasanya obat-obat ini dapat dibeli bebas dipasaran, namun akan lebih baik bila berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter berikut ini beberapa contoh obat yang biasa digunakan:

1. Dekongestan

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan obat dekongestan dapat membantu juga mengurangi pembengkakan di saluran hidung terutama saat terjadi sinus pada saluran hidung Ibu. 

Dekongestan biasanya hadir dalam bentuk semprotan hidung seperti: naphazoline (Privine), oxymetazoline (Afrin, Dristan, Nostrilla, Vicks Sinus Nasal Spray), atau phenylephrine (Neo-Synephrine, Sinex, Rhinall). Dekongestan juga hadir dalam bentuk pil minum seperti: fenilefrin (Sudafed PE, dan lainnya) dan pseudoefedrin (Sudafed).

Penggunaan dekongestan sebagai cara mengatasi hidung tersumbat harus mengikuti petunjuk dan saran dokter. Sebaiknya hindari juga pemakaian dekongestan berupa pil minum yang waktunya sudah lebih dari seminggu, bahkan dekongestan yang terkandung pada nasal spray juga tidak boleh digunakan lebih dari 3 hari karena dikhawatirkan akan memperburuk kondisi hidung yang semakin tersumbat. 

Dekongestan juga dapat meningkatkan tekanan darah, oleh karenanya wajib bertanya terlebih dahulu kepada dokter.

2. Anthistamin

Cara mengatasi hidung tersumbat dengan obat lainnya adalah menggunakan Anthistamin. Ini boleh digunakan bila alergi terletak dibalik hidung tersumbat atau adanya sinus karena akan membantu melegakan keduanya. 

Anthistamin meski dijual bebas dipasaran namun tetap perlu konsultasi kepada dokter.

3. Steroid Nasal Spray

Semprotan hidung steroid dapat membantu mengatasi alergi hidung tersumbat dengan pengawasan dokter agar dosis dan lama penggunaan dapat terkontrol lebih baik dan tidak menimbulkan masalah baru pada kesehatan. Steroid Nasal Spray biasanya memiliki jangka kadaluarsa yang lebih panjang dan dapat digunakan kembali ketika alergi kambuh.

4. Menthol

Menthol merupakan salep obat yang mengandung sejumlah hal yang mampu membantu siapa saja yang terkena hidung mampet akan bernafas lebih lega serta lebih baik. Cara mengatasi hidung tersumbat menggunakan menthol dapat dilakukan dengan digosok pada area dada, hidung, atau bibir atas. 

Menthol dapat juga digunakan dengan cara meneteskan cairannya ke dalam wadah berisi air hangat kemudian bisa langsung dihirup untuk merasakan khasiatnya.

5. Obat Pereda Nyeri

Beberapa hidung tersumbat tidak menyebabkan sakit sama sekali, hanya perasaan tidak nyaman saja. Namun bila penyebab hidung tersumbat dikarenakan sinus sedang kambuh maka obat yang dapat digunakan adalah acetaminophen, ibuprofen, dan naproxen yang diresepkan sesuai petunjuk dokter. 

Obat tersebut tak hanya bagus sebagai pereda hidung tersumbat, namun juga untuk meringankan sakit sinus pada hidung yang cukup mengganggu.


Kalau penyakit hidung tersumbat dan sinus Ibu semakin lama semakin parah maka sangat disarankan untuk pergi ke dokter supaya mendapatkan perawatan dan obat yang tepat.

Editor: Atalya