Kesehatan

7 Rekomendasi Vitamin C untuk Ibu Menyusui

7 Rekomendasi Vitamin C untuk Ibu Menyusui

Untuk menjaga kesehatan, asupan vitamin C untuk Ibu menyusui harus dipastikan cukup. Menyusui adalah salah satu masa penting dalam proses tumbuh kembang bayi. ASI sangat penting karena berperan untuk menjaga kesehatan, perkembangan tubuh, hingga perkembangan otak si kecil.

Oleh karena itu, Ibu menyusui bisa mengkonsumsi suplemen vitamin C untuk Ibu menyusui jika Ibu merasa asupan harian dari makanan masih dibawah rata-rata. Namun, Ibu juga harus pastikan bahwa vitamin C yang Ibu konsumsi bukan sembarangan.

Pastikan suplemen vitamin C untuk ibu menyusui berasal dari merk yang memiliki rekam jejak kredibel. Lantas, apa saja merk vitamin C untuk ibu menyusui? Simak daftarnya disini!

1. Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold

7-rekomendasi-vitamin-c-untuk-ibu-menyusui-1

Ini adalah varian Blackmores vitamin C untuk Ibu menyusui. Siapa yang tidak tahu Blackmores?

Suplemen Blackmores Pregnancy & Breastfeeding Gold ini adalah salah satu yang paling populer di kalangan ibu hamil dan menyusui.

Setiap kapsul Blackmores vitamin C untuk ibu menyusui mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh Ibu menyusui dan hamil seperti vitamin B1, B2, B6, E, D3, C dan omega 3.

Tidak cuma vitamin, Blackmores vitamin C untuk ibu menyusui juga mengandung zat lain seperti kalsium, fosfor, magnesium, potassium, hingga zat besi.

Ibu bisa mengkonsumsi Blackmores Pregnancy & Breastfeeding sebanyak 2 tablet setelah makan.

Harga: Rp 400.000-450.000

2. Folamil Genio

7-rekomendasi-vitamin-c-untuk-ibu-menyusui-2

Folamil Genio adalah salah satu suplemen vitamin C untuk ibu menyusui yang cukup populer karena sering diresepkan oleh dokter Obgyn saat Ibu hamil. Suplemen ini biasanya diminum oleh Ibu hamil, namun bisa dikonsumsi juga oleh Ibu menyusui karena mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Folamil Genio mengandung folic acid, vitamin B1, vitamin B2, betakaroten, nikotinamid, kalsium, vitamin B6, vitamin D, kalsium, biotin, dan masih banyak lagi.

Ibu dapat mengkonsumsi Folamil Genio sebanyak 1 kali perhari setelah makan.

Harga: Rp 123.000

3. Enervon C

7-rekomendasi-vitamin-c-untuk-ibu-menyusui-3

Meski Enervon C identik dengan vitamin C yang dikonsumsi secara umum, ternyata Enervon C juga tergolong merk vitamin C untuk ibu menyusui yang populer karena harganya yang terjangkau. 

Vitamin C atau ascorbic acid memiliki beragam manfaat bagi Ibu menyusui seperti meningkatkan produksi ASI, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga menguatkan gigi dan tulang. Mengkonsumsi vitamin C juga dapat mengurangi risiko mastitis atau infeksi atau infeksi pada saluran ASI. 

Tidak hanya vitamin C saja, Enervon C juga mengandung vitamin B yang dapat meningkatkan kekebalan tubuh Ibu menyusui.

Harga: Rp 50.000 untuk kemasan 30 tablet

4. Holisticare Ester C

7-rekomendasi-vitamin-c-untuk-ibu-menyusui-4

Holisticare Ester C populer dikonsumsi oleh masyarakat umum. Namun, produk ini juga termasuk merk vitamin C untuk ibu menyusui yang populer karena harganya yang cenderung terjangkau.

Ibu hamil dan menyusui membutuhkan dosis vitamin C rata-rata lebih tinggi ketimbang orang normal. JIka biasanya perempuan dewasa dalam kondisi tidak hamil atau menyusui membutuhkan minimal 90 miligram vitamin C, maka Ibu hamil dan menyusui membutuhkan minimal 120 miligram vitamin C tiap harinya. Oleh karena itu, Ibu hamil dan menyusui bisa menambah asupan vitamin C dengan mengkonsumsi suplemen vitamin C untuk ibu menyusui.

Kadar vitamin C dair Holisticare Ester C tidak asam, bahkan cenderung normal. Tingkat keasamannya (pH) hanya sekitar 6-7 sehingga tidak menimbulkan gangguan pada saluran pencernaan.

Harga: Rp 50.000-60.000

5. Vitacimin

7-rekomendasi-vitamin-c-untuk-ibu-menyusui-5

Vitacimin adalah produk yang cukup dikenal di Indonesia. Harganya juga terjangkau dan mengandung 500 mg vitamin C yang dapat memenuhi kebutuhan vitamin C Ibu menyusui.

Karena bentuknya tablet hisap isi 2, Vitacimin mudah didapat dan praktis dibawa. Produk ini mengandung banyak varian rasa mulai dari jeruk, blueberry, lemon, dan tropical fruit punch. 

Harga: Rp 3.000 per tablet

6. Redoxon

7-rekomendasi-vitamin-c-untuk-ibu-menyusui-6

Redoxon adalah vitamin C dalam bentuk tablet efervesen, artinya Ibu tinggal melarutkan 1 tablet Redoxon ke dalam segelas air. Redoxon mengandung 1000 mg vitamin C. Karena kandungan vitamin C dari Redoxon sangat tinggi, Ibu hamil dan menyusui diharapkan hanya sesekali saja mengkonsumsinya.

Redoxon juga mengandung zinc yang bisa menguatkan sistem kekebalan tubuh Ibu sehingga tidak rentan terkena penyakit.

Harga: Rp 42.000

7. Herbs of Gold Breastfeeding Support

7-rekomendasi-vitamin-c-untuk-ibu-menyusui-7

Produk ini adalah merk vitamin C untuk ibu menyusui lainnya yang merupakan produk impor.

Salah satu faktor banyak atau sedikitnya produksi ASI adalah asupan cairan ke dalam tubuh. Ibu bisa mengkonsumsi suplemen vitamin C ini sebanyak 1 tablet dua kali sehari.       

Herbs of Gold Breastfeeding Support memiliki kandungan tumbuhan herbal bernama Blessed Thistle dan Fenugreek sebagai bahan utama yang sudah dikenal baik dalam meningkatkan produksi ASI.

Harga: Rp 300.000-350.000

Bolehkah suntik vitamin C untuk Ibu menyusui?

Ibu harus berkonsultasi dengan dokter jika ingin suntik vitamin C untuk ibu  menyusui. Menerima asupan vitamin C yang melebihi kebutuhan harian ternyata tidak berbahaya bagi bayi. Tubuh Ibu mengontrol dengan baik jumlah vitamin C yang keluar melalui ASI.

Namun, asupan vitamin C berlebihan berdampak buruk bagi tubuh Ibu karena membuat kerja ginjal lebih berat. Vitamin C yang berlebihan dikeluarkan melalui ginjal dan dapat mempengaruhi pH urin Ibu. Ibu harus bijak saat ingin memutuskna suntik vitamin C untuk ibu menyusui

Itulah 7 rekomendasi vitamin C untuk Ibu menyusui. Ibu menyusui direkomendasikan untuk memperbaiki pola makannya terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi suplemen vitamin C tambahan. 

Editor: Dwi Ratih