Kesehatan Dibaca 1,560 kali

Cold Sores, Berbahayakah Untuk Si Kecil?

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya
Cold Sores, Berbahayakah Untuk Si Kecil?
Cold sores adalah sejenis penyakit yang gejalanya hampir sama dengan sariawan. Cold sores sendiri biasa ditandai dengan adanya luka-luka seperti kawah yang terdapat disekitar bagian luar mulut. Ini berbeda dengan sariawan yang mana terdapat luka dibagian dalam mulut seperti lidah, gusi atau di area pipi bagian dalam.

Penyebab cold sores juga berbeda dengan sariawan. Cold sores disebabkan oleh virus herpes simplex type 1. Virus inilah yang bertanggung jawab atas terjadinya cold sores di area wajah atau bagian-bagian tubuh lainnya.

Cold sores terkadang sering ditemukan menyerang bayi. Sebenarnya hal tersebut sangat tidak biasa jika bayi terkena penyakit ini. Namun bila buah hati Anda termasuk salah satu bayi yang menderita penyakit tersebut, penyebab utama adanya penyakit ini biasanya karena ditularkan dari orang lain disekitar buah hati Anda. Maka hati-hatilah bila ada orang disekitar buah hati Anda yang memiliki cold sores, hindari kontak fisik dengan buah hati Anda karena cold sores termasuk penyakit yang menular.

Penyebaran cold sores biasanya terjadi lewat pemakaian bersama seperti minum dalam satu gelas yang sama, berbagi perlengkapan makan lainnya, bermain dengan mainan yang terdapat air liur si penderita, atau lewat mencium si kecil pun bisa menjadi perantara virus hinggap di tubuh buah hati Anda. Cold sores pun bisa didapat dari Anda para ibu ketika melahirkan. Jika pada waktu Anda melahirkan ternyata di area vagina Anda terdapat virus herpes simplex, besar kemungkinan buah hati Anda akan tertular dan menderita cold sores.

Si kecil yang terkena virus cold sores untuk yang pertama kali, biasaya mempunyai gejala seperti mengalami luka disekitar area mulut bagian luar, terkadang disertai dengan peradangan pada gusi dan mungkin juga dibarengi dengan demam, bengkak kelenjar getah bening serta radang tenggorokan.

Anda pun harus benar-benar harus jeli dengan keadaan si kecil karena terkadang gejala-gejala yang tersebut diatas sering tidak disadari bahkan para ibu baru menyadari buah hatinya terinfeksi cold sores pada saat cold sores yang diderita sudah cukup banyak menyebar. Cold sores pada buah hati Anda akan segera pulih dengan sendirinya dalam rentang waktu 7-10 hari.

Namun, biarpun gejala yang ditimbulkan oleh virus ini sudah menghilang, virus herpes simplex ini tetap ada dan hidup dalam tubuh buah hati Anda. Maka Anda tetap harus waspada dan tak boleh lengah karena pastilah sewaktu-waktu penyakit ini akan kembali kambuh dan muncul lagi.

Apakah cold sores berbahaya?

Cold sores sebenarnya tidak berbahaya, tetapi walau begitu cold sores tetaplah penyakit yang akan mengganggu jika tidak diobati. Anda pun harus tahu bahwa cold sores dapat menyebar ke semua area tubuh dan organ dalam buah hati Anda, jadi waspadalah selalu dan segeralah berkonsultasi dengan dokter Anda bila si kecil sudah menampakkan gejala cold sore agar penyakit ini tidak semakin menyebar kemana-mana.

Si kecil yang terinfeksi cold sores biasanya mereka yang baru menginjak usia 6 bulanan, dimana antibodi mereka memang tidak cukup kuat untuk menangkal virus ini.  Namun bila si kecil Anda yang baru menginjak usia 3 bulan atau kurang sudah terkena cold sores, bergegaslah menuju dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang tepat.

Mengingat cold sores dapat dengan mudah menyebar kesemua bagian tubuh atau organ buah hati Anda. Waspada pula agar cold sore tak menyebar ke area otak apalagi mata karena bisa menyebabkan kerusakan yang fatal dan parah hingga menyebabkan kebutaan.

Bagaimana cara meringankan gejala cold sores?

Cold sores sebenarnya merupakan tipe penyakit yang akan hilang dengan sendirinya. Namun untuk meringankan rasa sakit akibat cold sore Anda bisa menaruh sedikit es batu pada area luka agar terasa lebih dingin dan nyaman. Anda juga bisa memberi buah hati Anda sedikit obat pereda rasa nyeri seperti ibuprofen atau acetaminophen, jika memang cold sores tersebut terlihat sangat mengganggu si kecil.

Jika si kecil yang terkena cold sores masih berusia dibawah 3 bulan sangat disarankan agar Anda segera membawa buah hati Anda pada dokter agar si kecil mendapatkan penanganan yang lebih tepat dan terhindar dari segala macam hal-hal yang tidak diinginkan.

Untuk mencegah cold sores terjadi pada buah hati Anda, Anda harus lebih waspada terhadap siapa saja orang yang dekat dengan si kecil. Bila ada teman atau saudara yang memang menderita cold sores lebih baik Anda menghindari kontak antara si kecil dan orang tersebut, agar si kecil terhindar dari cold sores.

Jika memang kontak tidak bisa dihindari, mintalah orang tersebut untuk mengenakan masker agar cold sore tidak menular pada buah hati Anda. Hindari pula minum dengan gelas yang sama dengan penderita cold sores.

Jika si kecil sudah terinfeksi virus penyebab cold sores dan cold sores tersebut terlihat sering kambuh, Anda harus mulai mengurangi si kecil agar tidak terlalu terpapar sinar matahari. Sinar matahari diketahui bisa menjadi penyebab virus ini dapat muncul kembali. Penggunaan topi atau lip balm ketika si kecil diluar ruangan bisa sangat membantunya agar cold sores tidak muncul kembali.

(Wati)