Kesehatan

Ini Lho Cara Agar Perjalanan Mudik Anda Sekeluarga Nyaman

Ini Lho Cara Agar Perjalanan Mudik Anda Sekeluarga Nyaman

Tradisi mudik memang lekat dengan masyarakat Indonesia. Banyak pilihan transportasi untuk pulang ke kampung halaman. Kenyamanan jadi salah-satu pertimbangan saat memilih moda transportasi tertentu. Meski begitu, Anda tetap bisa menikmati perjalanan tak peduli jenis transportasi yang Anda pilih, kok. Berikut ini Ibupedia berbagi tipsnya.

Mengemudi Selama Mudik

Mengemudikan kendaraan seorang diri bisa melelahkan. Kalau Keluarga Anda berencana mudik dengan mobil dan hanya ada Ayah yang bisa menyetir, pastikan Anda sekeluarga tahu tips berikut ini agar makin nyaman saat mudik dengan membawa mobil sendiri.

  1. Posisi Duduk Yang Benar

    Bila merasa rileks di belakang kemudi, Anda bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk menyetir. Stres fisik akan jauh berkurang bila posisi duduk disesuaikan sehingga Anda tidak perlu merenggangkan kaki untuk mencapai pedal atau mengulurkan leher untuk melihat keluar jendela.

    Untuk rasa nyaman maksimal, pusatkan diri di tengah tempat duduk. Pinggir depan kursi tidak boleh menyentuh belakang lutut karena bisa membatasi sirkulasi. Bila posisi duduk sudah benar, Anda tidak perlu menjulurkan kaki untuk mencapai pedal gas atau rem. Kencangkan sabuk pengaman melewati pinggang dan dada dengan tepat. Jangan pakai sabuk di belakang punggung karena tidak mencegah cedera bila terjadi kecelakaan.

  2. Kebersihan Kendaraan

    Bila kaleng kosong bekas minuman bertebaran di lantai mobil atau alas kaki Anda menginjak bungkus makanan ketika mencoba menekan pedal gas, ini tidak hanya menyebabkan stres tapi juga beresiko untuk keamanan diri dan orang lain di jalan.

    Buang sampah dan singkirkan yang tidak Anda butuhkan. Lanjutkan dengan membersihkan karpet mobil dan memvakumnya. Anda tentu tidak ingin duduk di kursi yang kotor dan ada bulu hewan peliharaan di atasnya, kan Bunda.?

    Hilangkan bau hewan peliharaan atau aroma makanan dengan menggunakan pembersih kain atau karpet dan lanjutkan dengan pembersih udara. Jangan gunakan pembersih udara berharga murah karena hanya menyamarkan bau. Pembersih udara yang efektif biasanya berupa wadah semprot atau aerosol.

  3. Atasi Suara Bising

    Suara bising dari dalam kendaraan bisa meningkatkan tekanan darah Anda. Menyalakan radio hanya menyamarkan suara bising dan Anda merasa cemas kalau-kalau ada sesuatu yang serius yang menyebabkan suara bising ini. Suara bising bisa menandakan kendaraan Anda butuh penanganan. Suara bising bisa berasal dari paku yang menempel pada salah-satu ban. Bila tidak menemukan sumber suara bising, Anda perlu memeriksakan mobil ke mekanik.

Mudik Nyaman Dengan Bus

Bukan hal yang tidak mungkin menikmati perjalanan mudik dengan menggunakan bus. Berikut tips untuk membuat Anda nyaman mudik dengan perjalanan bus yang panjang.

  1. Persediaan Makanan

    Bila perjalanan mudik cukup jauh, ada baiknya Anda mempersiapkan cemilan dan minuman, terutama bila Anda memutuskan untuk tidak berpuasa atau perjalanan dilakukan di jam berbuka. Bus memang biasanya berhenti di tempat makan, tapi mungkin pilihan makanan tidak sesuai keinginan atau harganya lebih mahal. Makan makanan siap saji selama 24 jam akan membuat Anda lebih lelah saat tiba di tempat tujuan. Siapkan makanan sehat atau bawa buah sebagai cemilan. Jangan lupa air putih, karena Anda perlu menghindari dehidrasi.

  2. Bawa Media Hiburan Sendiri

    Ada baiknya Anda duduk rileks dan menikmati perjalanan. Tapi setelah beberapa jam Anda membutuhkan banyak jenis hiburan untuk dinikmati. Anda bisa bermain game di handphone atau membaca novel. Bawa juga iPod dan bebarapa majalah, bila bosan dengan yang satu Anda bisa berganti ke hiburan lain.

    Mulailah dengan membaca buku. Kadang bus tidak memiliki pencahayaan yang baik dan ketika malam jadi terlalu gelap untuk membaca. Selain itu, perjalanan yang semakin jauh membuat Anda semakin lelah dan kurang bisa fokus membaca. Anda bisa beralih ke hiburan yang lebih ringan seperti menonton film dari laptop.

  3. Tidur

    Tidur di dalam bus jadi aktivitas yang sulit dilakukan karena tidak akan senyaman tidur di tempat tidur. Tapi ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mendapat tidur lebih baik:

    • Kenakan pakaian yang nyaman. Hindari pakaian yang terlalu ketat. Pakaian yang longgar lebih memungkinkan sirkulasi udara.

    • Bawa sweater. Menjelang malam, AC di dalam bus jadi sangat dingin. Anda juga bisa gunakan sweater atau jaket sebagai bantal.

    • Penutup telinga atau headphone bisa membantu mengurangi suara bising dari luar dan membuat Anda lebih rileks.

    • Ngobrol dengan teman atau orang lain yang dekat dengan tempat duduk Anda. Kadang menyenangkan bercengkerama dengan orang lain. Anda juga bisa kenal lebih dekat dengan orang lain.

Mudik Dengan Pesawat Terbang

  1. Sebelum terbang

    • Pesan tempat duduk yang nyaman. Bahkan dalam kelas penerbangan dan harga yang sama, beberapa tempat duduk lebih baik dibanding yang lain. Pilih tempat duduk lorong untuk ruang kaki lebih nyaman atau tempat duduk di sisi jendela bila Anda ingin tidur selama perjalanan. Hindari tempat duduk di dekat toilet, karena penumpang akan sering mondar-mandir ke toilet dan membentur tempat duduk Anda. Selain itu, suara dan lampu ketika pintu toilet dibuka akan mengganggu, khususnya bila Anda ingin tidur. Tapi jangan pernah pilih tempat duduk di dekat pintu keluar bila Anda membawa anak kecil atau bayi ya Bun.

    • Bila berencana untuk tidur, persiapkan dengan membawa bantal atau penopang kepala.

    • Bawa berbagai benda untuk menghibur Anda. Biasanya fasilitas musik atau film tidak begitu bagus, jadi bawa iPod, iPhone, iPad, atau CD player. Anda juga bisa membawa buku baru yang Anda sukai.

    • Membawa headphone sendiri. Biasanya tersedia headphone di pesawat tapi kualitasnya tidak begitu baik. Dengan membawa headphone sendiri Anda bisa menghindari suara bising dari mesin pesawat.

  2. Saat terbang

    • Tetap bergerak. Ini penting selama penerbangan jarak jauh untuk mencegah tubuh merasa sakit karena sirkulasi yang buruk. Beberapa maskapai memberi panduan olahraga di tempat duduk yang bisa Anda ikuti.

    • Pilih tempat duduk di bagian belakang pesawat untuk rute yang panjang bila Anda tidak keberatan dengan suara bising dari mesin pesawat. Pesawat seperti Boeing 747, memiliki area luas di belakang barisan kursi akhir yang bisa Anda gunakan untuk melakukan perenggangan.

    • Lindungi diri dari udara kering di pesawat. Udara di pesawat sangat kering dan bisa membuat Anda dehidrasi.

    • Gunakan tetes mata ketika mata terasa kering. Bia merasa sangat tidak nyaman, jangan ragu untuk memberi tahu kru kabin.

    • Gunakan lip balm untuk melindungi bibir dari kekeringan. Juga bawa lotion untuk tubuh bila kulit Anda mudah kering.

    • Jangan selalu melihat jam selama penerbangan. Penerbangan akan terasa lebih lama bila Anda terus memeriksa waktu. Juga hindari melihat peta penerbangan yang menunjukkan posisi pesawat.

    • Cari cara tidur yang nyaman. Bila membawa bantal, letakkan di meja di depan tempat duduk dan istirahatkan kepala. Bila duduk di dekat jendela, bersandar pada dinding atau jendela bisa lebih nyaman dibanding menyandarkan punggung. Sesuaikan tempat duduk sejauh mungkin untuk menyandarkan punggung lebih nyaman.

(Ismawati)