Kesehatan

Kelola Uang Mudah Dengan Aplikasi Keuangan Rumah Tangga!

Kelola Uang Mudah Dengan  Aplikasi Keuangan Rumah Tangga!

Perkembangan teknologi yang semakin maju melahirkan berbagai jenis aplikasi yang membantu kehidupan manusia sehari-hari, salah satunya adalah aplikasi keuangan rumah tangga. Aplikasi keuangan rumah tangga menawarkan berbagai kemudahan dalam mengatur dan mengelola keuangan, baik dalam hal pemasukan maupun pengeluaran. 

Ibu jadi tidak perlu risau lagi kehilangan catatan aliran dana rumah tangga karena semua data akan tersimpan dalam ponsel. Yuk, simak rekomendasi aplikasi keuangan rumah tangga beserta kelebihannya di bawah ini!

Kelebihan Aplikasi Keuangan Rumah Tangga


Keuangan adalah salah satu hal krusial dalam rumah tangga yang perlu dipersiapkan dan dicatat secara matang. Biaya dan ragam kebutuhan hidup yang makin bertambah sering kali menyebabkan overwhelmed dan tak jarang malah berujung out of budgeting

Oleh karena itu, peran Ibu sebagai manajer keuangan dalam keluarga dapat dibantu dengan aplikasi keuangan rumah tangga ini, lho... Apa saja sih kelebihan aplikasi keuangan rumah tangga?

1. Dapat diakses secara mudah, efektif, dan efisien

Aplikasi keuangan rumah tangga dapat diakses dengan mudah melalui ponsel pintar. Ibu hanya perlu membuka aplikasi dan mencatat nominal pengeluarannya, kemudian aplikasi ini akan secara otomatis menghitung dan mengakumulasikan besaran nominal pemasukan dan pengeluaran. Ibu tidak perlu lagi mencatatnya dalam buku catatan yang memiliki risiko robek atau hilang. 

Aplikasi keuangan rumah tangga ini dapat diakses di mana saja dan kapan saja, sangat mudah dan menyenangkan, bukan?

2. Bantu Mengetahui Pengeluaran

Aplikasi keuangan rumah tangga dapat membantu mengetahui bagian kelompok kebutuhan mana yang memiliki pengeluaran terbesar sehingga Ibu dapat lebih berhati-hati dan berhemat. 

3. Membantu Menetapkan Target

Apabila Ibu dan keluarga memiliki keinginan jangka panjang, aplikasi keuangan rumah tangga ini dapat berguna sebagai pengingat dalam memenuhi target tersebut. Aplikasi ini dapat merekam akumulasi nominal uang yang telah disisihkan tiap harinya sehingga dapat mencapai target sesuai jangka waktu yang diinginkan.

4. Membantu Memprioritaskan Kebutuhan

Memprioritaskan pengeluaran akan membantu menyalurkan penghasilan ke arah yang benar dan mencapai tujuan tabungan yang telah ditetapkan.

5. Lebih Waspada Terhadap Aliran Dana 

Dilansir dari FamiSafe, mengetahui dan waspada terhadap aliran dana rumah tangga dapat membantu Ibu untuk mengetahui jika ada kesalahan pemotongan uang atau aktivitas pembelanjaan yang tidak dikenal. 

Rekomendasi Aplikasi Keuangan Rumah Tangga

1. Mint

Dilansir dari Family Money Adventure, aplikasi keuangan rumah tangga “MINT” telah memenangkan berbagai penghargaan aplikasi keuangan terbaik dari tahun ke tahun. Aplikasi ini juga telah terhubung ke ribuan institusi keuangan. 

Kelebihan dari aplikasi ini adalah tampilannya yang simple dan mudah dipahami, bahkan oleh pemula. Selain itu, aplikasi ini juga memungkinkan penggunanya untuk mengubah dan menyesuaikan anggaran dari laporan yang dibuat. 

Namun, aplikasi gratis ini memiliki cukup banyak iklan dan permasalahan sinkronisasi. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store bagi pengguna android dan Apple Store bagi pengguna iOS.

2. Money Lover

Aplikasi keuangan rumah tangga yang satu ini menawarkan berbagai fitur, seperti pencatat pemasukan dan pengeluaran dana, grafik keuangan, dapat terhubung pada akun rekening bank, membuat anggaran untuk mencapai target, membuat tabungan khusus berdasarkan tujuannya, mengelompokkan pemasukan dan pengeluaran sesuai kategorinya, serta laporan keuangannya dapat diunduh dalam formay CSV dan Excel. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store bagi pengguna android dan Apple Store bagi pengguna iOS.

3. You Need A Budget

Aplikasi ini dapat terhubung dengan rekening bank dan menampilakan pemasukan dan pengeluaran secara real-time dengan menampilkan status keuangan terbaru. Fitur lain yang ditwarkan adalah tampilan laporan dan grafik keuangan yang mudah dipahami, menetapkan dan melacak target keuangan, dapat diakses oleh Ibu dan pasangan secara bersamaan sehingga dapat sama-sama melihat dan mengecek informasi keuangan rumah tangga. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store bagi pengguna android dan Apple Store bagi pengguna iOS.

4. Keuangan Keluargaku

Aplikasi keuangan rumah tangga ini juga memungkinkan Ibu dan pasangan untuk mengaksesnya secara bersamaan. Beberapa kelebihan yang terdapat pada aplikasi “Keuangan Keluargaku”, antara lain tampilannya yang mudah digunakan, dapat mencatat aliran transaksi pemasukan dan pengeluaran dengan mudah, dapat mencatat tabungan untuk tujuan yang telah ditetapkan, dan pemberian notifikasi untuk setiap transaksi yang dilakukan. 

Namun, aplikasi ini menawarkan berbagai fitur tanpa batas secara gratis selama 7 hari pemakaian. Aplikasi ini tersedia di Play Store bagi pengguna android. 

5. Catatan Keuangan Harian

Aplikasi keuangan rumah tangga “Catatan Keuangan Harian” memiliki tampilan sederhana dan minimalis. Namun, tentu saja tetap menyediakan berbagai fitur penting di dalamnya. 

Aplikasi ini memungkinkan Ibu untuk mencatat pemasukan dan pengeluaran yang dikelompokkan sesuai kategorinya. Adapun fitur yang menyediakan laporan keuangan yang mencantumkan aliran dana tiap bulannya secara lengkap. 

Laporan keuangan tersebut dapat diunduh dalam format text, XLS, atau PDF. Aplikasi ini tersedia di Google Play Store bagi pengguna android dan Apple Store bagi pengguna iOS.

Itulah 5 rekomendasi aplikasi catatan keuangan rumah tangga yang dapat dicoba dan dipilih sesuai kebutuhan Ibu sekeluarga. Berdasarkan opsi aplikasi di atas, mana nih yang kira-kira paling menarik untuk diunduh?.

Editor: Aprilia