Kesehatan

Manfaat Pull Up Untuk Memperkuat Otot Tubuh Bagian Atas

Manfaat Pull Up Untuk Memperkuat Otot Tubuh Bagian Atas

Ibu, siapa bilang wanita nggak boleh melakukan olahraga pull up? 

Ternyata manfaat pull up bagi wanita punya banyak keuntungan lho! Selain bisa mengencangkan kekuatan otot tubuh bagian atas, terutama otot bagian tangan dan punggung manfaat pull up juga bisa membuat tubuh lebih sehat dan bugar.

Pull up juga bisa dilakukan bagi kamu yang sedang berusaha mengecilkan lengan ya Bu. 

Pull up sendiri merupakan olahraga yang bisa dilakukan dengan mengangkat dan menggantungkan tubuh pada tumpuan tertentu, mulai dari palang yang tinggi hingga ventilasi pintu rumah.

Olahraga pull up memang cukup digandrungi oleh para wanita yang tak sempat pergi ke tempat gym dan ingin lebih membentuk dan mengecilkan otot bagian atas tubuhnya. 

Meskipun bagi sebagian wanita pada awalnya agak sulit dilakukan, namun jika sudah terbiasa pull up akan menjadi salah satu olahraga yang murah dan menyenangkan bila dilakukan setiap hari.

Supaya nggak penasaran, yuk simak apa saja sih manfaat pull up setiap hari bagi wanita? 

Bisakah dilakukan jika pernah mengalami cedera pada tubuh bagian atas dalam ulasan berikut ini.

Olahraga pull up dan cara melakukannya


Jika melansir Healthline pull up salah satu olahraga yang melatih kekuatan tubuh bagian atas. Untuk melakukan pull up, kamu dapat memulainya dengan menggantungkan tangan ke tongkat yang bertumpu seperti ventilasi pintu atau palang yang tinggi.

Setelahnya lalukan gerakan naik turun hingga ujung dagu dengan menggantungkan tubuh pada tumpuan tersebut. Pull up memang seringkali dikaitkan dengan chin up.

Namun pull up dilakukan dengan cara mencengkeram tangan ke bagian dalam, sementara chin up ke arah sebaliknya. Salah satu manfaat pull up setiap hari ternyata dapat melatih otot bagian tubuh bagian atas sehingga menjadi lebih kencang.

Nggak perlu khawatir, ternyata pull up juga aman dilakukan oleh wanita ya Bu. Dengan catatan kamu tidak memiliki cedera sebelumnya, terutama pada lengan bagian atas. 

Agar lebih aman, kamu juga bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter yang menanganimu saat cedera sebelumnya.

Manfaat pull up setiap hari


Olahraga pull up fokus pada otot latissimus dorsi (lats) yang merupakan otot punggung besar di belakang lengan. 

Melansir Very Well Fit meski bagi sebagian orang pull up dianggap olahraga yang cukup berat dilakukan namun memiliki beragam manfaat jika dilakukan setiap hari.

Diantaranya adalah dapat melatih sebagian besar otot dada, punggung atas, dan bahu agar lebih kencang. Nggak hanya itu, otot perut juga akan terasa lebih kencang dan terbentuk, serta dapat melatih kekuatan tubuh bagian atas dan membantu kamu memperbaiki postur tubuh dalam kegiatan sehari-hari. 

Berikut adalah manfaat pull up lainnya yang bisa kamu coba di rumah:

1. Melatih kekuatan genggaman tangan

Manfaat pull up setiap hari ternyata juga dapat meningkatkan kekuatan genggaman lho Bu. Terutama bagi kamu yang gemar dengan olahraga berat layaknya angkat beban, panjat tebing, base ball, golf, atau tenis. 

Sementara itu, manfaat pull up untuk aktifitas sehari-hari adalah dapat memperkuat genggaman saat membuka stoples, mengangkat belanjaan atau menggendong si kecil.

2. Memperkuat otot tubuh bagian atas

Misalnya saja untuk memperkuat otot punggung, lengan dan bahu. Namun, pull up harus dilakukan secara teratur jika ingin otot di area-area tersebut lebih kuat.

Manfaat pull up selain dapat memperkuat otot bagian punggung sepanjang tulang belikat, ternyata juga bisa memperkuat otot trapezius, yakni otot yang terletak dari leher hingga kedua bahu dan juga otot tulang belakang. 

Dengan rutin melakukan gerakan pull up juga dapat mengurangi kemungkinan kamu mengalami sakit punggung yang muncul ketika lelah beraktifitas seharian.

3. Menjaga kesehatan fisik dan mental

Manfaat pull up lain yang perlu kamu ketahui selain dapat meningkatkan kesehatan fisik ternyata juga bisa bermanfaat bagi kesehatan mental secara keseluruhan. Sebab pull up dilakukan dengan melatih fokus pada pernapasan dan kekuatan lengan. 

Sehingga otomatis juga bisa mencegah gejala kecemasan, meningkatkan daya pikir, daya ingat, mengurangi risiko depresi, melatih fokus terhadap suatu hal dan membuat seseorang merasa lebih percaya diri.

4. Menjaga berat badan tetap ideal

Salah satu manfaat pull up bagi wanita yang sangat menggiurkan adalah dapat menjaga berat badan tetap ideal. Selain itu pull up juga bisa menurunkan berat badan berlebih yang seringkali dapat menurunkan kepercayaan diri seorang wanita.

Meskipun olahraga pull up tidak banyak membakar kalori tubuh, namun olahraga ini bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan memperpanjang proses pembakaran kalori lho Bu. Sehingga membuat kamu terhindar dari risiko obesitas.

5. Membuat tubuh terasa lebih bugar

Manfaat pull up setiap hari ternyata juga bisa membuat tubuh terasa lebih bugar. Sebab, gerakan yang dilakukan saat pull up dapat membantu mengurangi lemak di perut, mendukung kesehatan tulang dan meningkatkan kesehatan jantung.

6. Dapat menambah tinggi badan

Manfaat pull up untuk tinggi badan seseorang juga sangat nyata adanya. Sebab, melansir Fitness Purity meski pull up tidak bekerja secara langsung menambah tinggi badan namun, latihan ini bisa memperbaiki postur tubuh seseorang.

Hal ini dikarenakan pull up dilakukan dengan cara melibatkan otot-otot tubuh bagian atas dan memperkuat otot inti. Ketika otot inti menjadi kuat otomatis dapat membuat tubuh bagian atas menjadi lebih seimbang dalam menopang berat badan dan membuat tubuh lebih bisa berdiri sejajar dengan benar. 

Postur berdiri yang sejajar ini juga bisa menambah tinggi badan secara perlahan.

Melakukan pull up yang aman


Salah satu hal penting yang harus diperhatikan sebelum mendapatkan manfaat pull up adalah, pastikan kamu tidak memiliki cedera ya Bu. Terutama pada lengan atas dan tubuh bagian atas lain.

Apalagi pull up dilakukan dengan cara bertumpu pada lengan. Sehingga otomatis tempat bertumpu tersebut tidak boleh memiliki gangguan sama sekali agar bisa maksimal menopang berat tubuh. 

Nah, agar pull up bisa dilakukan dengan aman berikut adalah beberapa tips yang perlu diperhatikan:

  • Jangan memaksakan tubuh melakukan pull up saat pertama kali mencoba. Tujuannya agar tubuh, terutama lengan tidak kaget dan menimbulkan cedera otot. Sebaiknya jangan melakukan pull up lebih dari 5 kali. Ini menjadi tips utama mendapatkan manfaat pull up untuk tinggi badan yang penting diperhatikan.
  • Tingkatkan latihan bertahap. Untuk mendapatkan manfaat pull up untuk tinggi badan sebaiknya lakukan latihan bertahap lalu tingkatkan latihan 1 atau 2 kali setelah satu minggu.
  • Jangan paksakan dan ambil jeda bila dirasa sudah terasa lelah.
  • Tetap fokus dan jadikan pull up sebagai latihan dan rutinitas sehari-hari.

Agar manfaat pull up bisa didapatkan secara maksimal, ada baiknya penting untuk memperhatikan penjelasan dan tips yang sudah di sebutkan di atas ya Bu. 

Jangan lupa perbanyak minum air putih dan konsumsi makanan yang bergizi agar lebih kuat menopang berat badan saat melakukan pull up ya Bu.

Editor: Dwi Ratih