Kesehatan Dibaca 382 kali

Mencari Dokter Keluarga yang Baik

Share info ini yuk ke teman-teman
Atalya
Mencari Dokter Keluarga yang Baik
Kriteria apa saja yang menjadikan seorang dokter sebagai individu ideal berkaitan dengan masalah kesehatan Anda? Jika Anda belum punya banyak ide untuk menjawabnya sepertinya Anda tidak sendirian.

Seorang ahli bedah George LeMaitre, yang juga merupakan penulis How to Choose a Good Doctor, mengungkapkan bahwa sebagian besar orang menghabiskan lebih banyak waktu untuk berbelanja keperluan rumah tangga daripada memilih seorang dokter.

Tapi saat Anda berusaha untuk hamil, sedang hamil, atau merawat bayi yang masih kecil, masalah ini baru akan muncul ke permukaan. Bagaimana Anda mengukur kualitas dan pengalaman seorang dokter? Dan bagaimana mengenali dokter yang baik saat Anda bertemu dengannya?

Setelah berkonsultasi dengan para ahli, kami merangkum daftar 7 hal kunci yang harus dicari pada diri dokter yang baik untuk Anda dan keluarga:

Memiliki reputasi yang baik

Dokter Anda harus benar-benar direkomendasikan, tidak hanya oleh teman-teman baik Anda. Kebanyakan orang memilih dokter berdasarkan cerita dari mulut ke mulut. Itu tak jadi masalah, tapi cobalah untuk menghitung rasio jumlah orang yang merekomendasikannya sehingga Anda memiliki pilihan dan dasar perbandingan.

Saat pindah ke sebuah tempat baru, coba tanyakan kepada setiap orang nama dokter mereka, lihat nama mana yang paling sering disebutkan. Untuk dokter spesialis, lebih baik Anda menanyakannya pada dokter Anda atau dokter lain yang Anda kenal untuk mendapatkan rekomendasi.

Memiliki pengetahuan dan kemampuan untuk membaginya

Dokter yang baik tidak hanya merespon masalah kesehatan yang mendesak, tapi juga mempertimbangkan gambaran yang lebih besar dari kesehatan pasien secara keseluruhan, dan bagaimana menjaga serta meningkatkannya. Untuk melakukan ini, dokter perlu mengetahui penelitian medis teraktual.

Hanya mengetahui saja tidaklah cukup, dokter yang baik harus mampu dan mau mengkomunikasikan ilmu pengatahuan yang ia miliki dalam bahasa yang Anda pahami, bukan dengan menggunakan istilah-istilah kedokteran yang rumit.

Dokter Anda harus mampu memberikan informasi yang luas, termasuk membagi tips tentang nutrisi, langkah pencegahan untuk menjaga keluarga tetap sehat, dan update tentang kemajuan kedokteran terkini. Dokter Anda harus memastikan Anda mengerti bagaimana kehamilan yang sehat itu, begitu juga saran praktis mengenali tanda persalinan, dan gejala kehamilan yang menjadi pertanda masalah tertentu.

Jika Anda baru menjadi orangtua, dokter bayi Anda akan menjadi kunci sumber informasi dalam hal menyusui, memberikan susu formula, memperkenalkan makanan padat, vaksin, pertumbuhan dan perkembangan bayi, dan banyak lagi. Mendidik orangtua juga tugas penting seorang dokter anak.  Orangtua tidak selamanya memahami pertanyaan yang mereka ajukan, jadi diperlukan “anticipatory guidance,” yakni dokter menawarkan informasi terlebih dulu tentang masalah kesehatan dan perkembangan yang mungkin terjadi.

Memiliki perilaku peduli, tulus, dan berempati

Sangat penting untuk menemukan dokter yang bisa membuat Anda nyaman dan percaya padanya. Untuk dokter anak, buah hati Anda juga perlu merasa leluasa saat bersamanya. Awalnya, rasa peduli dan empati terlihat kurang penting dibanding kemampuan profesional. Tapi dokter yang tulus dan peduli tentang kesehatan Anda dan anak akan lebih memperhatikan gejala yang timbul dan terus mencari tahu bila pengobatan tertentu tidak berhasil. Ada yang mengatakan, bila Anda mencari dokter yang baik, mulailah dengan mencari manusia yang peduli pada orang lain.

Perilaku hangat dan perhatian juga bisa membuat perbedaan besar saat Anda berada dalam situasi yang menantang, seperti saat Anda melahirkan atau jika anak Anda sakit. Dokter anak Anda harus memiliki kumpulan teknik untuk menenangkan bayi, menyela batita yang sangat aktif bergerak, atau menghibur anak usia sekolah yang cemas dan gugup.

Dokter anak dan dokter keluarga yang baik tahu bagaimana membuat nyaman dan menentramkan hati anak dengan terlibat secara emosional dengan mereka. Dokter ini juga mampu menjelaskan prosedur kesehatan yang dilakukan dengan cara yang bisa dipahami anak.

Penelitian menunjukkan bahwa jika Bunda memiliki dokter berkepribadian hangat dan mudah dihubungi, tidak hanya membuat Anda puas sebagai pasien, tapi ada lagi keuntungan penting lainnya. Saat pasien percaya pada dokternya, mereka berusaha untuk mentaati rencana pengobatan dan saran yang diberikan dokternya.

Memiliki sikap terbuka dan responsif

Dokter yang baik mau mendengarkan dan meluangkan waktu untuk menjawab pertanyaan dan masalah Anda. Bukan hanya sekedar didengarkan, tapi Anda juga ingin sang dokter menjadi ahli diagnosa penyakit yang baik.

Untuk bisa melakukannya, tentu ia perlu menjadi pendengar yang baik dari apa yang Anda keluhkan. Ini merupakan kunci untuk menemukan dokter yang responsif terhadap keinginan Anda berkaitan dengan perawatan kesehatan Anda. Jika Anda sedang hamil, berarti Anda harus mencari dokter atau bidan yang akan membantu Anda memperoleh pengalaman melahirkan yang Anda inginkan.

Bila Anda sedang mencari dokter anak yang tepat, ketahui dulu apakah dokter mau berbagi atau setidaknya menghargai cara pandang Anda tentang menyusui, pola tidur, vaksin dan imunisasi, serta masalah lainnya.

Seorang ibu bercerita, dokter anaknya sangat kaku menanggapi keluhannya tentang pola tidur si kecil, hingga ia merasa tidak lagi nyaman untuk membahasnya. Pendapatnya sangat bertolak belakang dan pemikiran yang sempit tentang hal tersebut membuat sang ibu mempertanyakan saran yang pernah dokternya berikan. Akhirnya ia memutuskan untuk datang ke dokter lain.

Menghargai waktu pasien

Saat mempertimbangkan dokter untuk bayi Anda, tanyakan berapa lama rata-rata, pasien harus menunggu saat mereka datang untuk berkonsultasi. Dokter yang menghargai waktu Anda, bukan berarti Anda tak pernah harus menunggu. Ini maksudnya, meski pada hari tersibuk, seorang staf dokter tidak akan menolak telepon dari Bunda, dan mereka juga akan menginformasikan Anda tentang berapa lama Anda harus menunggu untuk bertemu sang dokter.

Mudah ditemui dan dihubungi

Dokter yang baik memiliki jam kerja yang jelas dan teratur, juga mempunyai panduan yang konsisten untuk memberikan saran medis dan bantuan di malam hari, bahkan akhir pekan. Dokter Anda, atau dokter penggantinya, juga harus membalas telepon Anda dengan segera.

Saat memilih dokter untuk bayi Anda, cari tahu apakah mudah untuk membuat dan mengubah janji bertemu dengannya, karena beraktifitas bersama bayi bisa membuat banyak hal tidak terprediksi. Pastikan juga Anda memahami kebijakan berkaitan dengan pembatalan janji. Ada institusi kesehatan yang mengenakan denda pada pasien jika membatalkan janji untuk berkonsultasi.

Bila Anda memilih dokter atau bidan untuk kelahiran bayi, cari tahu bagaimana ia menangani persalinan dan kelahiran, apakah Anda akan dialihkan ke orang lain, dimana Anda akan melahirkan, dan apa yang akan dilakukan jika terjadi kondisi gawat darurat.

Memiliki ijazah dan sertifikat kedokteran

Bahkan dokter terburuk bisa memiliki sertifikat dan ijazah kedokteran, jadi jangan hanya menggunakan ini sebagai dasar pilihan Anda. Dokter bisa saja seorang yang paling pintar dari sekolah kedokteran berprestasi terburuk, atau orang terbodoh dari sekolah paling bagus. Pada kenyataannya, ada banyak sekali dokter bagus yang lulus dari sekolah kedokteran yang tidak terkenal.

(Isma)